Tips Belajar Efektif Agar Lebih Mudah Memahami

Tips Belajar Efektif agar Lebih Mudah Memahami
Tips Belajar Efektif agar Lebih Mudah Memahami. image: pexels.com

Hitput.com – Sejak kecil sampai dewasa, kita diajarkan berbagai hal oleh orang-orang terdekat kita, termasuk mengenai bagaimana cara kita belajar. Tanpa kita sadari saat kita memperhatikan orang-orang melakukan suatu aktifitas, kita sedang mempelajari hal yang dilakukan orang tersebut.

Jadi belajar itu dapat kita temukan bukan hanya di bangku sekolah, tetapi dimanapun dan kapanpun kita dapat mempelajari sesuatu hal yang mungkin baru bagi diri kita. Maka belajar ialah suatu keharusan, yang tidak akan terlepas dari kehidupan manusia.

Meski belajar merupakan suatu keharusan, kita tidak dapat menyangkal jika dalam aktifitas belajar tersebut kadang kita temui beberapa masalah yang mungkin pernah atau bahkan sedang dialami oleh sebagian orang. Orang yang mengalami masalah dalam belajar tidak hanya dirasakan oleh kalangan tertentu saja, tetapi dapat dialami baik itu oleh anak SD, anak SMP atau anak SMA, bahkan anak kuliahan.

Ketika anda menempuh pendidikan bangku sekolah dulu atau mungkin bagi anda yang sekarang sedang berada di bangku sekolah, pernahkah anda berfikir mengenai

Baca Juga: Tips Supaya Anak Tidak Kecanduan Gadget Karena Belajar Daring
“bagaimana orang lain dapat belajar sesuatu dengan mudahnya, mengingat pelajaran dengan sangat mudah atau anda merasakan kesulitan saat belajar atau anda merasa materi yang disampaikan terlalu sulit atau materinya terlalu panjang sehingga sulit memahami”
Ilustrasi Orang Bertanya-Tanya
http://Pixabay.com

Jika kalian pernah berpikiran seperti di atas atau bahkan pernah mengalaminya.

Nah, mungkin kalian butuh cara-cara yang baru atau metode yang belum pernah kalian agar mendapat hasil belajar yang maksimal. Berikut akan saya sajikan beberapa tips mengenai belajar, silahkan disimak.

Belajar Bukanlah Hapalan, Tetapi Soal Memahami

Ketika belajar, bukan hanya menghapal materi, tetapi kita harus benar benar memahami materi tersebut, agar kita paham. Buatlah kalimat sendiri mengenai materi tersebut yang masih sesuai dengan pengertian aslinya, hal itu akan membuat ingatan kita lebih kuat terhadap materi tersebut dibandingkan dengan menghapal saja.

Baca Juga: Sekolah di Rumah, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Adakan Bimbingan Belajar Gratis

Menemukan Intisari dari yang setiap dipelajari

Buatlah kesimpulan setiap kali anda membaca sesuatu, jika anda membuat kesimpulan, maka itu akan mempermudah anda untuk memahami apa yang anda baca

Mencatat Hal-hal yang penting dan Menandainya

Ketika belajar atau membaca sesuatu cobalah untuk mencatat kembali hal-hal yang penting, agar anda dapat lebih fokus pada bagian-bagian tertentu. Untuk menguatkan ingatan, anda bisa menandai hal-hal penting tersebut menggunakan stabilo atau menggaris bawahinya dengan bolpoin.

Cobalah Visualisasikan apa yang sedang dipelajari

Agar mudah dalam memahami materi, cobalah untuk memvisualisasikannya, karena daya ingat akan lebih mudah menangkap sesuatu yang visual.

Belajar Mengenai Hal yang anda sukai

Mempelajari hal yang anda sukai akan lebih mudah dalam memahaminya. Jika anda mengalami kesulitan, maka cobalah untuk menyukai apa yang sedang pelajari. Jangan menghindarinya, karena itu akan membuat anda malas mempelajarinya.

Baca Juga: Belajar Microsoft Excel Langsung Mahir dari Pengajar Profesional!

Hilangkan rasa tertekan

Cobalah untuk menghilangkan rasa tertekan saat belajar. Carilah situasi hati yang tepat dan nyaman untuk belajar agar pikiran lebih mudah untuk menangkapnya.

Cobalah Simpan Gawai mu dan Fokus Belajar

Jika anda belajar tidak menggunakan gawai, maka simpanlah gawai anda, agar anda lebih fokus dalam belajar dan tidak teralihkan oleh notifikasi yang muncul di gawai.

Istirahatlah, jika tubuh memerlukan

Belajarlah secara perlahan, jangan terlalu memaksakan tubuh anda untuk terus menerus menerima materi, sedangkan tubuh anda tidak siap menerima. Beristirahatlah dan lanjutkan ketika tubuh dan pikiran anda sudah siap menerima lagi.

Baca Juga: Resep Racikan Infused Water Untuk Menemani Keseharianmu

Lakukan Pengulangan agar Semakin Kuat

Ketika mempelajari sesuatu, jangan hanya melakukan satu kali saja. Lakukanlah pengulangan hingga beberapa kali agar semakin yakin kita bisa melakukannya, seperti kata pepatah orang bisa karena terbiasa.

Itulah metode atau cara yang dapat kalian terapkan ketika kalian mengalami suatu permasalahan dalam mempelajari sesuatu. Mungkin cara-cara di atas, ada yang tidak sesuai dengan cara belajar yang diyakini oleh anda-anda sekalian, tetapi hal itu dapat menjadi alternatif ketika anda merasa kurang efektif terhadap cara belajar anda.

Tetap Semangat untuk Belajar. Jangan Pernah Bosan untuk Mempelajari Hal yang Baru. Sekian

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here