Tips Mengatasi Serangan Panik yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri di Rumah

(Student Girl Panic - yanalya / Freepik)
(Student Girl Panic – yanalya / Freepik)

Hitput.com – Rasa panik bisa datang kapan saja tanpa kita ketahui. Serangan panik atau panick attack adalah suatu kecemasan yang tak terkendali dan terkadang berasumsi bahwa malapetaka akan datang, ditambah dengan gejala fisik yang terjadi secara mendadak, seperti sesak napas, mual, kejang otot, dan lain-lain.

Jantung orang yang mengalaminya akan berdebar tak karuan, bahkan tak jarang sampai tak bisa bernapas. Tak heran banyak orang yang membutuhkan bantuan khusus untuk menenangkan serangan panik mereka. Beberapa bahkan didiagnosis mengalami gangguan panik atau anxiety yang membuat mereka memerlukan bantuan profesional.

(Baca juga: 9 Cara Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu Dalam Kehidupan Sehari-hari)

Sementara yang lain, mungkin ada kejadian tertentu yang memicu rasa panik Anda. Apapun penyebabnya, beberapa strategi terapi perilaku berikut ini bisa membantu Anda mengusir serangan panik, melansir Women’s Health:

1. Trik es batu

Letakkan es batu di bawah mata, di atas tulang pipi selama 30 menit. Rasa dingin bisa mendistraksi pikiran Anda yang sedang panik.

Rasa dingin di area ini juga bisa memicu reflek sistem saraf parasimpatetik, memperlambat ritme napas dan detak jantung, sehingga bisa menimbulkan rasa tenang yang bisa mengatasi serangan panik.

2. Trik kertas

Tuliskan pikiran-pikiran negatif Anda di sehelai kertas, seperti “Aku tidak bisa melakukan apa-apa saat ini,” lalu tanya secara jujur pada diri sendiri apakah hal itu sesuai fakta.

Penelitian menunjukkan, pikiran kita terkadang terdistorsi sehingga bisa membuat kita merasa buruk. Riset menemukan, cara menulis ini bisa membantu Anda mengindentifikasi nosi yang salah sehingga Anda bisa berpikir secara lebih realistis.

3. Trik tangga

Duduklah dengan nyaman, pejamkan mata, dan tarik nafas panjang. Bayangkan secara detil Anda sedang menuruni tangga secara perlahan, mulai dari pencahayaan sampai ke rasa pegangan tangga sampai ke suara telapak kaki Anda menjejak setiap anak tangga.

Semakin jelas Anda bisa membayangkan diri dalam latihan ini, semakin kecil ruang yang tersisa untuk pikiran-pikiran yang bisa membuat panik.

Semoga Tips mengatasi serangan panik diatas bisa kamu lakukan ketika sedang di rumah dan menjadi terbiasa bila rasa tersebut datang menghampiri kamu.

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply