Kamu Penikmat Kopi? Sudah Coba 3 Varian Kopi Luwak Berikut Ini, Belum?

104
Kopi Luwak
Ilustrasi Gambar Kopi Luwak. Image: Hitput.com

Hitput.com – Kopi luwak merupakan salah satu produk unggulan asal Indonesia yang sudah mendunia. Bahkan, kopi luwak ini termasuk ke dalam jajaran makanan termahal di dunia, lho. Kalau kamu mengaku sebagai penikmat kopi sejati, tentunya kamu tak akan melewatkan 3 varian kopi luwak asal Indonesia berikut ini dong.

1. Kopi Luwak Bali Pulina

Bali Pulina merupakan satu dari beberapa agrowisata kopi di Bali yang menawarkan nikmatnya kopi khas Pulau Dewata, salah satunya yaitu kopi luwak yang konon memiliki rasa terenak di dunia.

Saat berkunjung ke sini, kamu akan didampingi oleh seorang pemandu. Pemandu ini akan menemani kamu untuk melihat proses pembuatan kopi luwak secara tradisional, mulai dari pembersihan biji kopi dari kotoran luwak, penjemuran biji kopi, hingga proses penumbukan biji kopi menggunakan lesung.

Puas berkeliling, kini kamu bisa menikmati 8 jenis teh dan kopi ala Bali Pulina yang disediakan secara gratis seperti lemon tea, vanila coffee, coconut coffee, dan cinamon tea. Untuk pengunjung yang ingin menikmati secangkir kopi luwak, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp50.000,-.

Baca juga: Menikmati Kopi Fresh Berkualitas Dari Kebun Sendiri, Kita Ke MM Cafe Saja

2. Kopi Luwak Cikole Bandung

Bergeser dari Bali, di Cikole Bandung juga ada pabrik kopi luwak yang cukup ternama. Bahkan harga kopi luwak di tempat ini bisa mencapai 3 juta rupiah per kilogramnya, lho. Lalu apa sih yang membuat kopi luwak produksi Cikole ini begitu mahal?

Menurut sang pemilik, mereka berani mematok harga tinggi karena kopi diproduksi dengan memperhatikan kesejahteraan luwak seperti pemberian obat cacing per bulan, vaksin rabies setahun sekali, dan makanan bergizi. Jadi, kopi yang dihasilkan pun lebih berkualitas.

Tak sekadar menikmati sedapnya kopi luwak, pabrik kopi luwak di Cikole ini akan mengajak kamu berkeliling untuk melihat proses pembuatan kopi luwak secara langsung.

Baca juga: Sarapan Pagi Dengan Secangkir Kopi

3. Kopi Luwak Liar Musi Rawas

Baru-baru ini, salah satu jenis kopi luwak asal Indonesia yakni kopi luwak liar Musi Rawas mendapatkan pujian dari ahli kopi Eropa, Sara Datuk karena rasanya yang begitu nikmat dan unik. Bila umumnya biji kopi diambil dari kotoran luwak yang diternak, kopi luwak dari kabupaten Musi Rawas ini justru diproduksi oleh luwak liar sehingga menghasilkan cita rasa berbeda dengan jumlah produksi yang terbatas. Nah, bagi kamu yang penasaran, kamu bisa membeli produk kopi luwak liar selangit ini melalui toko online dengan harga cukup terjangkau.

Itulah 3 varian kopi luwak asli Indonesia yang wajib kamu coba. Semoga 3 varian kopi luwak tersebut bisa menambah pengalaman minum kopi kamu, ya.

 

Leave your vote

10 points
Upvote Downvote

Leave a Reply