Wisata Religi di Indonesia, Masjid dengan Bangunan Unik dan Megah

Wisata Religi di Indonesia
Masjid 99 Kubah, Makassar. image: instagram @cokdesmara

Hitput.com – Indonesia sebagai negara yang penduduknya mayoritas beragama islam. Tentu sangat banyak tempat-tempat wisata religi yang bernuansa islami. Memang sebagian tempat ini tujuan utamanya bukan dijadikan sebagai objek wisata.

Namun, karena ramainya orang-orang yang datang membuat tempat ini akhirnya dikenal sebagai tempat wisata religi. Ziarah Walisongo, pondok pesantren Tebu Ireng, pondok pesantren Gontor, Masjid Istiqlal, dan lainnya merupakan beberapa contoh tersebut.

Di bawah ini, saya akan mengulas beberapa tempat wisata religi di Indonesia yang cocok dikunjungi apalagi di bulan Ramadhan. Saya ingin memfokuskan pada masjid-masjid yang ikonik di beberapa kota di Indonesia. Masjid apa saja? Simak pembahasan berikut ini.

Masjid 99 Kubah (The 99 Domes Mosque)

Wisata Religi di Indonesia
Masjid 99 Kubah, Makassar. image: instagram @mfdhmlqis

Pertama, ada Masjid 99 kubah yang menjadi salah satu ikon terbaru di kota Makassar. Masjid yang didesain oleh Ridwan Kamil yang kini sedang menjabat sebagai gubernur Jawa Barat memiliki penampilan yang unik. Ya, apalagi jika bukan bentuk kubah yang berjumlah 99. Maksud dari jumlah kubah 99 adalah merujuk pada Asmaul Husna yang berjumlah 99.

Dari segi bangunan, masjid ini memang sudah berdiri megah di kota Makassar. Memiliki view yang sangat indah. Namun, dari segi proses pembangunan, belum selesai 100 persen. Dari penjadwalannya, bangunan masjid bisa rampung sepenuhnya di tahun 2022 nanti.

Baca Juga: Inilah 5 Makanan Khas Makassar Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Masjid Kubah Emas

Wisata Religi di Indonesia
Masjid Kubah Emas, Depok. image: instagram @jktshootandgram

Dari Makassar sekarang pindah ke Depok. Kalau masjid yang satu ini rasanya sudah tidak asing di telinga. Masjid yang memiliki gaya arsitektur ala-ala timur tengah ini memiliki sesuatu yang khas yakni kubah dari emas.

Bangunan yang megah, fasilitas di dalam dan di luar masjid yang terbilang sangat lengkap. Tak heran jika masjid kubah emas menjadi salah satu destinasi wisata religi di Indonesia terfavorit. Saya sendiri sudah pernah berkunjung ke sana satu kali. Jika ada kesempatan lagi, rasanya ingin sekali pergi ke masjid kubah emas untuk kedua kalinya.

Baca Juga: Kopi Nako Depok, Kedai Kopi Kekinian yang Instagramable

Masjid Ramlie Musofa

Wisata Religi di Indonesia
Masjid Ramlie Musofa, Jakarta. image: instagram @dhoniangga

Sekarang bergeser ke Jakarta. Ada tempat wisata religi bernama masjid Ramlie Musofa yang dikenal juga sebagai Taj Mahal Indonesia. Tak heran jika ada kemiripan dengan Taj Mahal. Karena bangunan masjid ini memadukan gaya arsitektur Indonesia, India, Arab dan Tionghoa.

Di dinding-dinding bangunan masjid Ramlie Musofa ini juga terdapat ukiran kaligrafi Al-qur’an. Dengan bangunan megah yang didominasi warna putih ditambah ukiran-ukiran kaligrafi tentu semakin menggambarkan kemegahannya.

Saya belum pernah mengunjungi masjid ini, kalau kamu bagaimana? Sudah pernah belum? Kalau sudah, bisa cerita sedikit di kolom komentar tentang pengalamannya.

Baca Juga: Berkah Ramadan di Horison Suites & Residences Rasuna Jakarta

Masjid Cheng Ho (Masjid Muhammad Cheng Hoo)

Wisata Religi di Indonesia
Masjid Muhammad Cheng Hoo, Surabaya. image: instagram @udehnans

Bangunan dari masjid ini terbilang sangat unik, karena berbeda dari masjid-masjid pada umumnya. Ya, karena masjid ini sangat kuat nuansa arsitektur khas Tionghoa nya.

Kemudian masjid ini diberikan nama masjid Cheng Ho sebagai bentuk penghormatan kepada Laksamana Cheng Ho. Ia berasal dari China dan memiliki pengaruh dalam menyebarkan agama islam di Indonesia.

Pada kisahnya Laksamana Cheng Ho singgah di negara-negara Asia Tenggara dan termasuk Indonesia. Ia berdagang sembari menyebarkan agama islam. Nah, untuk mengenang perjuangannya menyebarkan agama islam di Indonesia, akhirnya didirikanlah masjid Muhammad Cheng Hoo di Surabaya.

Itulah ulasan singkat mengenai tempat wisata religi di Indonesia yang cocok dikunjungi saat bulan Ramadhan. Kamu bisa mencoba merasakan suasana sholat Tarawih di masjid-masjid tersebut juga. Bagaimana? Apakah kamu sudah pernah mengunjungi semuanya?

Leave your vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here