10 Manfaat Vitamin K Untuk Tubuh, Salah Satunya Mencerdaskan Otak Loh!

Bahan Makan Mengandung Vitamin K
Bahan Makan Mengandung Vitamin K (image: ilmupengetahuanumum.com

Hitput.com – Manfaat Vitamin K, penting untuk diketahui bahwa setiap vitamin mempunyai manfaatnya sendiri untuk tubuh, tetapi mereka akan cenderung bekerja sama untuk melakukan proses penting dalam tubuhmu juga menyembuhkan berbagai gangguan tubuh. Ini lah 10 Manfaat Vitamin K, yang kamu wajib tahu.

1. Kesehatan Jantung

Vitamin K memainkan peran penting dalam mencegah kalsifikasi arteri. Supaya darah mengalir dengan baik, arteri harus rileks dan tidak mengeras.

Kalsifikasi atau akumulasi kalsium di dalam arteri dapat menjadi penyebab arteriosklerosis, yang secara langsung dapat berhubungan dengan serangan jantung dan penyumbatan dinding di sekitar jantung.

Vitamin K sebenarnya membantu dalam menghilangkan kalsium dari arteri. Vitamin K-2 sangat baik dalam melakukan proses tersebut. Bentuk vitamin ini diproduksi pada usus.

2. Menyehatkan Tulang

Vitamin K sering dianggap lebih efektif daripada kalsium untuk menjaga kesehatan struktur tulang dalam tubuh. Karena menawarkan penyerapan dan pemanfaatan kalsium yang memadai di seluruh tubuhmu.

Sebagian besar produk susu mengandung vitamin K dan kalsium, kombinasi yang menjaga tulang agar tetap sehat.

Baca juga : Bun, Ini Dia Makanan Pendukung Tumbuh Tinggi Anak yang Bisa Dicoba Di Rumah

3. Pelestarian Kepadatan Tulang

Manfaat vitamin K sangat penting buat kesehatan tulang secara keseluruhan dan memperlambat penurunan kepadatan tulang terkait pada usia.

Studi menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi vitamin K mempunyai risiko kehilangan kepadatan tulang hampir 25% lebih rendah daripada yang lain.

4. Siklus Menstruasi dan Perdarahan

Gejala PMS bisa terasa menyakitkan, seringkali merupakan akibat dari perdarahan yang berlebihan. Vitamin K mengatur hormon dalam tubuh dan mengurangi aliran darah buat meringankan hal tersebut. Ini juga dapat membantu untuk mengurangi dan menyembuhkan rasa sakit juga kram.

5. Pencegahan Kanker

Kanker merupakan penyakit yang mematikan dan pengobatannya jauh lebih menyakitkan daripada penyakit itu sendiri, yang terbaik adalah mengedepankan gaya hidup sehat dan meningkatkan asupan vitamin K. Vitamin tersebut telah diamati oleh para ilmuwan buat mengurangi peradangan dari penyebab kanker dan juga berkontribusi pada stabilisasi pasien kanker hati.

Hal ini akan memiliki efek pencegahan yang kuat pada usus besar, prostat dan gejala kanker kulit.

Kemampuannya dalam memperbaiki sel-sel yang rusak melampaui koagulasi, karena itu juga dapat membantu memperbaiki sel.

Baca juga : Manfaat Luar Biasa Minyak Zaitun Untuk Tubuh, Wajib Tau!

6. Peningkatan Fungsi Kognitif

Membran sel otak melakukan metabolisme sphingolipid, yang tergantung dengan protein dan hanya bekerja bersama vitamin K. Vitamin tersebut sangat penting untuk fungsi otak secara penuh, karena merupakan bagian dari molekul yang tersedia secara biologis pada bagian otak.

7. Kesehatan Gigi

Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak serta berperan penting untuk kesehatan gigi dan gusi, membantu dalam mineralisasi gigi serta tulang, yang sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi dan membantu menetralkan efek asam yang menyebabkan karies.

8. Mencegah Artritis dan Osteoporosis

Vitamin K mempunyai efek anti-inflamasi dan membantu dalam beberapa kasus dengan sirkulasi darah yang memadai. Vitamin K-2, bagian dari bakteri usus, membantu tubuh buat menjauh dari peradangan racun.

Bersama dengan sifat pengawet tulang vitamin K, sifat-sifat tersebut dapat melindungi sendi dari penyakit seperti radang sendi dan osteoporosis, terutama pada wanita yang mengalami menopause.

9. Sembuh Lebih Cepat

Sejak penemuannya, vitamin K telah menunjukkan khasiatnya untuk menyembuhkan luka dengan menginduksi efek koagulasi.

Ini karena Vitamin K menawarkan penyembuhan lebih cepat dengan cara menumpuk sel dan memperbaiki kulit.

Vitamin K hampir berfungsi untuk menyembuhkan luka dengan cepat. Pasien dengan kekurangan vitamin K dapat menunda penyembuhannya, dan bukan tidak mungkin juga dapat menyebabkan infeksi.

10. Pencegahan Pendarahan pada bayi

Bayi yang menderita pendarahan dapat disuntik dengan vitamin K. Bayi yang rentan terhadap asma dan kondisi pernapasan lainnya juga dapat terjadi karena dosis vitamin K yang turun.

Itulah 10 manfaat vitamin K yang di hadirkan untuk kesehatan tubuh. Informasi ini kami dapatkan dari eatwellz.com. Semoga dalam artikel ini bisa bermanfaat dan membantu untuk meyakinkan membuat pola hidup yang sehat.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here