Bakmi Jawa Mbah Mo Khas Jogja yang Melegenda, Udah Cobain Belum?

Bakmi Jawa Mbah Mo Khas
Bakmi Jawa Mbah Mo Khas Jogja (Image: pesona.travel)

Hitput.com – Apakah kamu penggemar bakmi? Kalo iya, kamu perlu tahu informasi tentang bakmi Jawa Mbah Mo yang berada di Yogyakarta dan mempunyai penggemar setianya sendiri.

Bakmi Jawa  Mbah Mo memang telah lama dikenal, karena aromanya yang berbeda dan khas dibandingkan dengan mie Jawa lainnya.

Tidak heran jika lokasi Bakmi Jawa Mbah Mo selalu dipadati wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Bakmi Jawa Mbah Mo terletak di Desa Code, Bantul, berada di selatan Yogyakarta. Mbah Mo telah berjualan mie jawa sejak 1986. Kini, Ibu Ijah, anak tertua Mbah Mo, yang meneruskan warisan kuliner dari ayahnya.

Baca Juga: 4 Bahan Makanan Sehat Yang Bisa Kamu Buat Untuk Makan Malam Hanya Dengan 10 Menit

Meski Bakmi Jawa Mbah Mo begitu legendaris, namun tempatnya sangat sederhana. Hanya dengan menambahkan tenda dan kursi di area teras rumah, Bakmi Jawa Mbah Mo selalu  dipadati oleh para pembeli.

Bakmi Jawa Mbah Mo menawarkan tiga pilihan menu utama, yaitu Bakmi Goreng Jawa, Bakmi Nyemek (mie rebus dengan kuah/saus sedikit) dan Bakmi Jawa Matang. Sesuai namanya, Bakmi Goreng Jawa khas dengan tekstur kering dan menarwarkan sensasi keset, karena minyaknya sedikit digunakan.

Baca juga: Atung, Bakmi Yamin dan Surga yang Tersembunyi

Untuk Bakmi Rebus dengan kuah/saus kental. Campuran kaldu dengan telur bebek memberi rasa asin nan alami. Dibandingkan dengan bakmi Jawa lainnya, kuah dari Bakmi Rebus Mbah Mo kelihatan pucat karena tidak menggunakan kecap dan tomat. Bakmie disajikan dengan pelengkap seperti kubis, bawang goreng dan daun seledri.

Mbah Mo telah lama hanya menggunakan telur bebek dan ayam kampung sebagai pendamping bakminya ini. Resep ini benar-benar diikuti oleh Bu Ijah yang ingin tetap menjaga cita rasa awal. Inilah yang membedakan rasa bakmi Jawa Mbah Mo dengan bakmi Jawa lainnya.

Bakmi Jawa Mbah Mo juga dimasak di atas kompor arang. Di warung Mbah Mo, bakmi Jawa biasa “disandingkan” dengan Wedang Uwuh, yang disajikan hangat. Sangat cocok untuk pemburu kuliner pada malam hari.

Itulah informasi tentang Bakmi Jawa Mbah Mo yang mempunyai resep rahasia dan cita rasa yang khas dan unik, dengan berbagai cara masak yang berbeda dengan yang lainnya.

Semoga bermanfaat!

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply