15 Tanaman Hias Untuk Meningkatkan Kualitas Udara Dalam Ruangan

1-air-quality-plants

Tahukah kamu, terdapat penelitian yang membuktikan bahwa tanaman dapat membantu udara didalam ruangan menjadi bersih? Penelitian ini sudah dilakukan oleh NASA dan kontraktor Associated Landscape of America mempelajari tanaman hias sebagai cara untuk memurnikan udara di dalam ruangan pada tahun 1980-an.

Ini dia beberapa tanaman hias yang bisa membantu menjernihkan udara di dalam ruangan rumah kamu seperti dikutip dari mnn.com Yuk, kita intip!

 

1. Aloe Vera (Lidah Buaya)

2-aloe_vera-lidah-buaya

Tanaman ini mudah tumbuh, matahari membantu penyinaran formalin dan benzena, yang dapat menjadi produk sampingan dari pembersih berbasis kimia, cat dan banyak lagi, bahkan bagus juga untuk rambut kamu. Aloe adalah pilihan yang cerdas untuk jendela dapur yang terbuka. Terdapat gel di dalam tanaman lidah buaya yang dapat membantu menyembuhkan luka dan luka bakar. Orang-orang telah menggunakan lidah buaya ini lebih dari 6.000 tahun saat itu dikenal sebagai “tanaman keabadian” pada jaman awal Mesir, menurut National Institutes of Health. Itu digunakan untuk kondisi kulit dan menyembuhkan luka, serta digunakan sebagai pencahar. Sekarang ini, lidah buaya biasanya digunakan secara topikal untuk sunburns, luka bakar, lecet dan kondisi kulit lainnya.

     2. Tanaman Laba-laba (Chlorophytum comosum)

3-spider-plant

Bahkan jika kamu cenderung mengabaikan tanaman hias, kamu pasti akan sulit membunuh tanaman tangguh ini. Dengan banyak dedaunan kaya dan bunga putih kecil, tanaman laba-laba mempunyai senyawa seperti benzena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena, pelarut yang digunakan dalam industri kulit, karet dan percetakan. Sebagai tambahan, tanaman ini juga dianggap sebagai houseplant yang aman jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah. Tanaman laba-laba juga mudah untuk tumbuh kembali, hanya memotong salah satu “laba-laba” dan tempatkan dalam pot. Tanaman laba-laba yang sangat mudah untuk tumbuh, tetapi berkembang dalam suhu rumah dingin dan lebih memilih tanah yang kering. Sinar matahari tidak langsung menyinari pun membuat mereka tetap tumbuh dengan baik.

     3. Gerbera daisy (Gerbera jamesonii)

4-gerbera-daisy-orange

Tanaman berbunga cerah ini efektif menghilangkan trichloroethylene . Ini juga baik untuk menyaring benzena. Tambahkan satu ke ruang cuci Anda atau kamar tidur dan berikan banyak cahaya. Gerbera (kadang-kadang disebut aster Gerber) seperti tanah yang dikeringkan, jadi pastikan pot memiliki lubang drainase. Pastikan tanaman mendapatkan setidaknya enam jam sinar matahari langsung setiap hari agar berwarna cerah mekar.

     4. Snake plant (Sansevieria trifasciata ‘Laurentii’)

5-potted-sansevieria

Tanaman ini adalah salah satu yang terbaik untuk menyaring formaldehida, yang umum dalam produk pembersih, kertas toilet, jaringan dan produk perawatan pribadi. Menempatkan satu tanaman ini di kamar mandi Anda itu akan berkembang meskipun dengan minim cahaya matahari dan kondisi lembab beruap sambil membantu menyaring polutan udara. Bisa juga mungkin ingin menempatkan beberapa tanaman tajam berdaun ini di kamar tidur. Menariknya, mereka akan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari, bisa memberikan dorongan oksigen sedikit saat Anda tidur.

(Baca juga: Tanaman Juga Memiliki Perasaan)

      5. Golden pothos (Scindapsus aures)

6-golden-pothos

Tanaman lain yang kuat untuk mengatasi formaldehida, pohon ini berkembang cepat sehingga dapat keluar dari pot untuk tanaman hijaunya. Cocok untuk garasi Anda karena knalpot mobil diisi dengan formaldehida. Golden pothos adalah tanaman beracun dan harus dijauhkan dari anak-anak kecil dan hewan peliharaan.

      6. Chrysanthemum (Chrysantheium morifolium)

7-pink-chrysanthemum

Bunga-bunga berwarna-warni sangat cocok untuk mencerahkan rumah kamu atau ruang tamu; Bunga yang mekar ini juga membantu menyaring benzena, yang umumnya ditemukan di lem, cat, plastik dan deterjen. Tanaman ini menyukai cahaya yang terang, untuk mendorong tunas agar terbuka. Anda harus menemukan tempat di dekat jendela yang terbuka dengan sinar matahari langsung. Ingin tanaman yang cocok dengan dekorasi Anda? Pakailah bunga ini. Ketika memilih tanaman untuk di dalam ruangan, pastikan Anda memilih bunga ini yang sangat baik ketika ditanam di luar ruangan sekalipun.

      7. Red-edged dracaena (Dracaena marginata)

8-red-edged-dracaena

Tanaman ini membawa warna yang sangat lembut, dan dari semak yang dapat tumbuh hingga mencapai langit-langit Anda. Tanaman ini terbaik untuk menghilangkan xylene, trichloroethylene dan formaldehida, yang dapat diperkenalkan ke udara dalam ruangan melalui lak, pernis dan bensin. 

Ada banyak tanaman dracaena. Versi khas ini dibedakan oleh tepi ungu-merah pada pita yang seperti daun hijau. Meskipun tumbuh perlahan, akhirnya bisa mendapatkan setinggi 15 kaki, jadi mungkin memasukkannya ke dalam sebuah ruangan dengan langit-langit tinggi dan sinar matahari langsung.

      8. Weeping fig (Ficus benjamina)

9-weeping-fig-plant

Sebuah ficus di ruang tamu Anda dapat membantu menyaring polutan yang biasanya menyertai karpet dan furnitur seperti formalin, benzena dan trichloroethylene. Merawat ficus memang rumit, tetapi sekali Anda melakukan penyiraman dan cahaya kondisi yang tepat, mereka akan bertahan lama. 

     9. Azalea (Rhododendron simsii)

10-pink-azalea-bloom

Bawa tanaman berbunga indah ini ke rumah Anda untuk memerangi formaldehida dari sumber seperti plywood atau insulasi busa. Karena azalea melakukannya dengan baik di daerah dingin. Bunga ini pilihan yang baik untuk meningkatkan udara dalam ruangan di ruang bawah tanah Anda jika Anda dapat menemukan titik terang. Jika rumah Anda kering, bunga ini bisa menciptakan lingkungan yang lembab dan lebih ramah. Bisa juga untuk membantu menangkal penyakit, menghilangkan daun-daun kering atau mekar yang jatuh ke tanah. Pupuklah di akhir musim dingin dan di awal musim panas.

(Baca juga: Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran Dapat Meningkatkan Kebahagiaan)

      10. English ivy (Hedera helix)

11-potted-english-ivy

Sebuah studi menemukan bahwa tanaman ini bisa mengurangi partikel kotoran yang dibawa oleh udara. Hal ini juga telah ditunjukkan untuk menyaring formaldehida yang ditemukan di beberapa produk pembersih rumah tangga. Tanaman ini disebut “penyerbu yang agresif yang mengancam semua tingkatan vegetasi dari daerah berhutan dan terbuka. Untungnya, tanaman ini tidak harus melakukan banyak kerusakan dalam pot di rumah Anda. Hal terbaik adalah bisa tumbuh dengan tanah yang lembab dalam empat jam atau lebih dari sinar matahari langsung setiap hari.

      11. Warneck dracaena (Dracaena deremensis ‘Warneckii’)

12-striped-dracaena-warneckei

Tanaman ini tumbuh di dalam dengan mudah, bahkan tanpa sinar matahari langsung. Dengan daun bergaris membentuk kelompok di atas sebuah batang tipis, tanaman ini bisa mencolok, terutama jika itu mencapai ketinggian dengan potensi sampai 12 kaki. dracaena ini dikenal karena garis-garis putih di sepanjang tepi daunnya. Jika tanaman Anda terdapat warna coklat pada daun atau garis-garis cokelat, mungkin karena terlalu banyak fluoride (senyawa kimia yang digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat pasta gigi) di dalam air keran Anda. Jika itu yang terjadi, cobalah penyiraman tanaman Anda dengan botol H20.

      12. Chinese evergreen (Aglaonema Crispum ‘Deborah’)

13-potted-chinese-evergreen

Hal ini mudah untuk merawat tanaman yang dapat membantu menyaring berbagai polutan udara dan mulai mengeluarkan lebih banyak racun. Bahkan dengan cahaya rendah, maka akan menghasilkan daun yang mekar dan buah merah. Karena tanaman ini tumbuh subur dalam cahaya rendah dan akan tumbuh di tempat-tempat di mana tanaman lain tidak akan tumbuh. Karena mereka adalah tanaman tropicals, mereka suka udara lembab.

      13. Bamboo palm (Chamaedorea sefritzii)

14-bamboo-palms-rain-drops

Juga dikenal sebagai buluh sawit, kelapa kecil ini tumbuh subur di dalam ruangan yang teduh dan sering menghasilkan bunga dan buah kecil. Ini adalah tanaman terbaik untuk menyaring kedua benzena dan trichloroethylene. Tanaman ini juga merupakan pilihan yang baik untuk ditempatkan di sekitar furnitur yang bisa mematikan dan menyerang gas beracun formaldehid. Berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, dan tanaman ini hanya tumbuh sekitar 5-7 kaki. Ia lebih suka dengan kelembaban, dan cahaya tidak langsung. 

      14. Heart leaf philodendron (Philodendron oxycardium)

15-heart-leaf-philodendron

Tanaman ini bukan pilihan yang baik jika Anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan karena beracun bila dimakan. Tetapi tanaman ini adalah tipe pekerja keras untuk menghapus semua jenis VOC. Mereka berkembang dengan cahaya tidak langsung, merambat dan hanya bisa jatuh dari wadah atau dapat memanjat teralis atau tiang.

      15. Peace lily (Spathiphyllum)

16-peace-lily

Penyiraman secara mingguan untuk tanaman lily ini agar dapat bertahan hidup dan menghasilkan bunga yang mekar. Tanaman ini untuk menghapus formaldehyde, benzena dan trichloroethylene. Hal ini juga dapat memerangi toluena dan xilena.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here