Band Asal Meksiko Turut Meriahkan Pesta HUT RI ke-72 di Mexico City

398

Mexico City – Semarak menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-72 ternyata tak cuma dirasakan oleh masyarakat di dalam negeri tetapi juga oleh warga negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di luar negeri.

Seperti yang dilakukan oleh KBRI Mexico City yang menggelar pesta HUT kemerdekaan RI ke-72 pada 12 Agustus 2017 lalu dengan tajuk “Pesta Rakyat Indonesia 2017”.

band kbri meksiko

warga indonesia di kbri meksiko

Yang menarik dari pesta peringatan HUT RI kali ini adalah dengan hadirnya sejumlah pengisi acara yang bukan hanya berasal dari WNI, tetapi juga oleh warga Meksiko, seperti penampilan dari pelajar sekolah Colegio Indonesia dan band asal Meksiko bernama Silver Dog yang turut memeriahkan pesta HUT RI ke-72 di Mexico City.

warga indonesia di kbri meksiko

Sementara itu Duta Besar RI untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, saat membuka acara Pesta Rakyat Indonesia mengungkapkan bahwa pelaksanaan Pesta Rakyat untuk merayakan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia akan terus menumbuhkan rasa cinta tanah air. Pesta Rakyat juga memberikan tempat bagi masyarakat Indonesia untuk merasakan kemeriahan peringatan HUT RI meskipun mereka jauh dari tanah air.

duta besar ri di meksiko

Pesta Rakyat Indonesia bagi sekitar 300 orang Warga Negara Indonesia yang menetap di seluruh pelosok Meksiko ini berlangsung di Bosque de Chapultepec, hutan seluas 7 hektar di jantung kota Mexico City.

Rangkaian Pesta Rakyat diawali dengan kegiatan Gerak Jalan Santai yang diikuti oleh sekitar 60 orang WNI. Lomba makan kerupuk dan lomba balap karung meriah diikuti WNI yang hadir bersama keluarga dan kerabat.

Nasi kuning, bakmi bakso, rendang, ayam betutu, sego kucing, bubur mutiara, tahu isi, martabak telur, dan bakwan ditawarkan pada bazaar makanan Indonesia juga memeriahkan Pesta Rakyat. WNI yang hadir juga menikmati aneka ragam sate khas nusantara, dari sate Padang, sate kerang khas Medan, sate kambing khas Tegal, sate ayam khas Madura, hingga sate lilit khas Bali.

kuliner di kbri meksiko

Kelezatan kuliner Indonesia juga dinikmati oleh masyarakat umum Meksiko maupun kalangan diplomatik di Meksiko City yang juga turut hadir dalam Pesta Rakyat Indonesia.

Sejak tahun lalu di tempat yang sama, Pesta Rakyat Indonesia tidak hanya diperuntukkan untuk WNI, diaspora Indonesia, dan teman Indonesia (friends of Indonesia) saja, melainkan terbuka bagi masyarakat umum Meksiko maupun kalangan diplomatik di Meksiko City yang turut merasakan kegembiraan perayaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sengaja penyelenggaraan Pesta Rakyat Indonesia kembali diselenggarakan di tempat umum dan terbuka. KBRI mengharapkan acara semacam ini dapat lebih mendekatkan masyarakat Indonesia dan masyarakat Meksiko. KBRI juga berharap masyarakat Indonesia makin bangga memperkenalkan Indonesia secara luas kepada keluarga, teman, dan kerabatnya.” Lanjut Dubes Yusra Khan.

pentas seni di kbri meksiko

pentas seni kbri meksiko

Untuk lebih memperkenalkan Indonesia, di panggung gembira Pesta Rakyat Indonesia 2017 tidak hanya ditampilkan goyang dangdut dan lenong Betawi, namun juga diwarnai oleh pertunjukkan tari dan musik tradisi dari kelompok Mirah Delima dan kelompok Pakoeningrat binaan KBRI Mexico City.

Leave your vote

1 point
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply