Indonesia Investment and Trade Day 2018, Mexico City
Indonesia Investment and Trade Day 2018, Mexico City

Mexico City, 17 Juli 2018 – “Saya mengajak pebisnis Meksiko untuk memperluas kerjasama dan kepentingan bisnis di luar kawasan  Amerika Utara” Duta Besar RI Yusra Khan mengingatkan para hadirin yang terdiri dari para pebisnis Meksiko yang hadir pada acara “Indonesia Trade and Investment Day 2018 (IITD)” di Mexico City 17 Juli 2018. Ajakan tersebut dikaitkan oleh Dubes Yusra Khan dengan dinamika politik dan ekonomi yang terjadi tidak saja di Meksiko namun juga di wilayah Amerika lainnya. Ditambahkannya ajakan tersebut dengan perumpamaan  agar tidak  menaruh telur hanya dalam satu keranjang besar saja.

Acara IITD merupakan kali keempat yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI di Mexico City bekerjasama dengan Indonesia Trade Promotion Centre Mexico City. Untuk tema acara tahun ini, telah dihadirkan pebisnis yang disesuaikan dengan industri yang sedang tumbuh di Indonesia dan berniat memperluas pasar ke non tradisional. Perwakilan dari industri kelapa sawit dan bio-diesel, industri suku cadang kendaraan bermotor dan industri kertas telah sengaja didatangkan ke Meksiko untuk bisa membuka potensi bisnis dengan pihak-pihak di Meksiko.  Selain itu Kepala Indonesia Investment Promotion Centre di New York dan Wakil Kepala ITPC Mexico City juga telah memberikan paparan tentang ekonomi Indonesia (potensi investasi dan perdagangan).

Tanggapan pihak Meksiko sangat baik karena mayoritasyang hadir langsung mengikuti one-on-one-meeting  dengan seluruh pebisnis Indonesia, maupun wakil IIPC dan ITPC. Selain tindak lanjut dari pertemuan tersebut, para pebisnis Meksiko juga antusias terhadap rencana penyelenggaraan Trade Expo Indonesia bulan Oktober 2018 di Jakarta.

Perdagangan Indonesia – Meksiko sampai dengan tahun 2017 diketahui sebesar 1,49 milyar USD dengan surplus Indonesia sebesar 1,2 miliar USD (data Kementerian Ekonomi Meksiko). Sedangkan produk-produk utama Indonesia yang memasuki pasar Meksiko adalah kendaraan bermotor dengan peralatan suku cadang, produk alas kaki, besi dan baja, peralatan elektronik soundsytem dan televisi, bahan karet, minyak sayur dan kelapa sawit, produk kertas, furniture kayu, dan produk makanan jadi.

Leave your vote

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 100.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here