5 Cara Berhenti Merokok yang Ampuh, Mudah dan Cepat!

stop smoking
Ilustrasi gambar “Stop Smoking” cara berhenti merokok. Designed by Photoroyalty / Freepik

Hitput.com Merokok merupakan kebiasaan yang buruk dan tidak baik bagi kesehatan. Banyak orang yang ingin berhenti merokok namun tidak bisa karena sudah kecanduan. Tapi anda jangan putus asa, segera lakukan 5 cara berhenti merokok yang ampuh, mudah dan cepat seperti dilansir dari hellodoktor.com.

1. Tetapkan tanggal berhenti

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk berhenti merokok adalah membuat sebuah keputusan untuk berhenti! Bahkan apabila Anda telah gagal sebelumnya, jangan biarkan masa lalu menghalangi tujuan. Semakin banyak mencoba untuk berhenti, semakin besar peluang untuk berhasil. Selain menegaskan tekad, buatlah sebuah rencana untuk membantu Anda tetap pada keputusan. Bagaimana cara merencanakannya? Mulailah dengan menetapkan tanggal berhenti merokok, sebaiknya dalam dua minggu ke depan. Hal ini akan memberi Anda cukup waktu untuk bersiap tanpa kehilangan motivasi buat berhenti.

2. Beri tahu dunia bahwa Anda berhenti

Beritahulah kepada publik bahwa Anda akan berhenti merokok, hal ini dapat membantu memperkuat tekad Anda. Jadi, beri tahu teman dan keluarga tentang rencanamu dan beri tahu kalau kamu membutuhkan dukungan serta dorongan dari mereka. Mungkin teman Anda dapat membantu mengalihkan perhatian dari pemicu ingin merokok. Biarkan mereka tahu bagaimana mereka dapat membantu. Memiliki teman yang sudah berhenti merokok bisa menjadi motivator yang baik.

Baca juga: Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat Dengan Latihan-latihan Ini!

3. Mengantisipasi tantangan

Karena nikotin dari rokok memberikan efek sementara dan membuat ketagihan, menghilangkannya dapat menyebabkan gejala penarikan fisik dan mengidam. Jadi, bersiaplah untuk menghadapi beberapa tantangan.

Kebanyakan orang yang mulai merokok lagi melakukannya dalam tiga bulan pertama. Karenanya, penting untuk menyibukkan diri dengan gangguan yang menarik, terutama dalam dua minggu pertama. Jika Anda bisa melewati dua minggu pertama, peluang Anda untuk sukses jauh lebih tinggi. Sibukkan dirimu dengan kegiatan fisik yang menyenangkan dan tidak membuat stres. Hal ini tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan Anda tetapi juga dapat menghilangkan emosi negatif Anda. Berkeringat juga dapat meningkatkan rasa kesejahteraan dan kontrol diri Anda, akibatnya mengurangi dorongan hati untuk mengambil rokok kembali.

4. Hapus pemicu merokok

Keluarkan rokok dan produk tembakau lainnya dari rumah, mobil, dan kantor Anda. Jangan lupa untuk menghilangkan korek api, asbak, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan rokok.

Identifikasi dan hindari hal-hal yang membuat Anda ingin merokok, apakah itu orang, tempat atau benda. dan cobalah anda untuk menghindari berteman atau tinggal bersama orang yang perokok.

Baca juga: 4 Makanan Yang Bisa Bersihkan Paru-Paru Akibat Rokok

5. Konsultasi dengan dokter

Dokter bisa membuat resep obat untuk membantu berhenti merokok. Terapi penggantian nikotin meningkatkan tingkat berhenti hingga 50 hingga 70%! Tapi hal tersebut hanya berurusan dengan kecanduan fisik terhadap nikotin, bukan kecanduan perilaku atau psikologis buat merokok. Jadi, semacam program dan strategi berhenti merokok masih penting.

Apabila Anda tidak dapat mengunjungi dokter, bisa mendapatkan banyak produk bebas di apotek lokal, termasuk patch nikotin, tablet hisap, dan permen karet. Konsultasikan dengan apoteker Anda untuk opsi produk yang tepat.

Itulah 5 cara berhenti merokok yang ampuh dan bisa kamu terapkan mulai hari ini. Bulatkan tekadmu dan jadikan prioritas utama dalam hidup Anda untuk berhenti merokok, dan sayangilah orang di sekitar Anda dan berikan inspirasi yang baik kepada mereka karena #InspirasiTiadaHenti. Semoga sukses!

Leave your vote

7 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here