Cara Membuat Wedang Jahe Hangat yang Enak di Rumah

cara membuat wedang jahe
Ilustrasi gambar wedang jahe. Foto: Pexels.com

Hitput.comRempah dapur yang memiliki aroma khas ini memang memiliki banyak manfaat, kira-kira rempah apa ya? Apalagi kalau bukan jahe. Selain dijadikan bumbu penyedap masakan jahe juga bisa diolah menjadi minuman, kamu pasti sudah tidak asing dengan sebutan “Wedang jahe”. Ya, biasanya sangat mudah ditemukan di pedagang kaki lima di pinggiran jalan.

Tetapi jika kamu ingin membuat minuman jahe hangat sendiri sebenarnya cukup mudah caranya, bahkan kamu bisa membuat minuman jahe dengan kombinasi susu ataupun madu agar rasanya semakin nikmat. Nah, kalau kamu bingung bagaimana cara pembuatannya, simak baik-baik pembahasan cara membuat wedang jahe hangat dibawah ini.

Tetapi sebelum itu kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa khasiat dan manfaat jahe ini, seperti: meredakan nyeri sendi atau otot, mengurangi dampak alergi, meredakan nyeri saat sedang haid bagi para wanita, bisa menurunkan berat badan, mencegah resiko penyakit jantung, dan lainnya.

(Baca juga: 3 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Menangkal Virus Corona)

Membuat Wedang Jahe Madu Hangat

wedang jahe madu
Ilustrasi gambar wedang jahe madu. Foto: Pexels.com

Untuk resep yang pertama ini bahannya cukup sederhana, kamu tinggal siapkan seruas jahe yang sudah dibersihkan, madu sebanyak 3 sendok teh, dan air sebanyak 300 ml.

Langkah pembuatannya:

  • Jika semua bahan sudah siap, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah geprek jahenya, selanjutnya masukkan kedalam air yang sudah disiapkan sebelumnya, rebus sampai mendidih sampai warna air berubah menjadi kekuningan, waktunya kurang lebih selam 5 menitan.
  • Jika dirasa sudah mendidih bisa dimatikan apinya, kemudian tuangkan rebusan jahe kedalam gelas.
  • Terakhir masukkan madunya, aduk sampai rata dan wedang jahe madu hangat pun siap dinikmati.

Bagaimana? Sangat mudah bukan cara membuat minuman jahe hangat ini?

(Baca juga: Si Bansus, Bandrek Susu Mang Anas yang Melegenda di Bogor)

Membuat Wedang Jahe Original

wedang jahe enak
Ilustrasi gambar wedang jahe hangat. Foto: Pexels.com

Buat kamu yang ingin menikmati wedang jahe seperti halnya wedang yang sering dijumpai di pedagang kaki lima, berikut ini resep dan cara pembuatannya.

Untuk bahannya lebih banyak jika dibandingkan dengan resep jahe madu diatas, yang perlu kamu siapkan adalah seruas jahe, satu buah gula merah, garam secukupnya, air sebanyak 300 ml, satu batang sereh, dan kayu manis sekitar 3 cm. Jangan lupa membersihkan terlebih dahulu bahan seperti jahe, sereh dan kayu manisnya.

Langkah pembuatannya:

  • Siapkan semua bahan-bahannya, jika sudah silahkan iris kasar jahe dan gula merahnya.
  • Masukkan air kedalam panci untuk direbus. Kemudian masukkan semua bahan mulai dari jahe, gula, sereh, garam, dan kayu manis.
  • Rebus sampai mendidih dan tunggu sampai warna air berubah menjadi kuning kecoklatan, kamu bisa melakukan tes rasa terlebih dahulu kira-kira kurang apa.
  • Jika sudah matang matikan apinya, lalu siapkan gelas untuk wadahnya.
  • Tuang air rebusan tadi kedalam gelas dan jangan lupa untuk memakai saringan, dan wedang jahe yang khas pun siap kamu nikmati.
wedang jahe susu
Ilustrasi gambar wedang jahe yang bisa dibuat di rumah. Foto: Pexels.com

Kalau sewaktu-waktu kamu ingin bereksperimen membuat minuman jahe hangat ala-ala sekoteng atau wedang jahe susu tinggal ditambahkan saja dengan isian sekoteng dan kental manis.

Oke, itulah beberapa cara membuat wedang jahe hangat yang bisa kamu coba #dirumah, kalau mau mencoba resep lain silahkan bisa mengeksplorasi sendiri dan kamu juga bisa melakukan eksperimen sendiri dengan tambahan bahan lainnya, tetapi jangan asal-asalan ya! Nanti bisa-bisa mie instan dicampur wedang jahe, atau nasi kuahnya pakai wedang jahe, hahaha.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here