Perjalanan Claudia Santoso Sang Pemenang The Voice Jerman

claudia santoso the voice of germany 2019
Claudia Emmanuela Santoso memenangkan The Voice of Germany 2019. Image: Youtube.com

Hitput.com – Wanita dengan nama lengkap Claudia Emmanuela Santoso ini menjadi sosok baru yang membuat Indonesia patut berbangga. Melalui prestasinya yang diukir dari ajang pencarian bakat, The Voice Jerman, wanita itu berhasil menyabet posisi juara mengalahkan 2 peserta lain.

Dari perolehan voting, Claudia Santoso jauh memimpin di depan. Di saat yang lain mendapatkan vote 17 sampai 9%, wanita yang lahir di Cirebon, Jawa Barat itu mendapatkan suara sebanyak 46,39%.

Saat itu Claudia membawakan lagu milik Whitney Houston yang berjudul I Have Nothing. Suaranya yang merdu, menyanyikan lagu dengan nada tinggi itu secara apik berhasil memukau penonton. Di saat ia selesai menyanyikan lagu, Alice Merton, selaku mentor Claudia langsung memeluk anak didiknya itu dengan bangga.

(Baca juga: Alejandro Aranda, Kontestan American Idol 2019 yang Mencuri Perhatian Dunia!)

Di samping kesuksesannya di ajang tersebut, tak banyak yang tahu kalau sebelum menjadi seperti sekarang, Claudia Emmanuela pernah mengikuti beberapa ajang pencarian bakat di Indonesia.

Dan supaya lebih mengenal dengan gadis bersuara emas ini, berikut adalah perjalanan Claudia Emmanuela Santoso sebelum bisa menjadi besar seperti sekarang.

1. Pernah mengikuti kompetisi Akademi Fantasi Indosiar (AFI) Junior

Saat itu Claudia Emmanuela masih berusia 8 tahun. Ia menjadi salah satu peserta lomba nyanyi yang diadakan oleh Indosiar. Di sana Claudia mencoba keberaniannya tampil di layar kaca untuk pertama kali.

Meski tidak berakhir menjadi juara, namun siapa sangka, gadis yang lahir pada tanggal 27 Oktober 2000 ini memenangkan audisi menyanyi tingkat dunia di usia 19 tahun. Seperti yang kita ketahui saat ini.

2. Kemudian di Usia 11 Tahun, Claudia Menjadi Salah Satu Peserta Audisi Idola Cilik

Perjalanan Claudia Santoso terus berlanjut. Tepatnya pada tahun 2011, ketika usianya menginjak 11 tahun, saat itu Claudia mengikuti audisi Idola Cilik di Bandung. Sayangnya ia hanya mampu bertahan 20 besar saja.

Seperti yang dituturkan Claudia Emmanuela saat dihubungi oleh Kompas, “Aku sampai 20 besarnya di Bandung yang sampai juri Mama Ira (Maya Sopha) sama Kak Winda (Viska) gitu. Itu di tahun 2011.”

3. Claudia Emmanuela Mengikuti Ajang Pencarian Bakat Penggarapan Film Anak yang diadakan Oleh Perusahaan Biskuit Ternama di Indonesia

Ketika mengikuti audisi tersebut, Claudia diterima menjadi seorang komposer. Menurut penuturannya, film yang diproduksi oleh anak-anak itu sempat viral. Namun namanya belum seviral sekarang. Dan film yang ia komposeri itu berhasil masuk Muri (Museum Rekor Indonesia).

(Baca juga: Single Terbaru NEAL ‘Lain Peran’ Tampil dengan Vokalis Baru)

4. Pada Tahun 2011, Claudia Mengikuti Audisi Ajang Pencarian Bakat Mamamia

Siapa yang tidak kenal dengan audisi tersebut. Bahkan sampai sekarang backsound dari Mamamia sendiri masih menggelayut di benak kita.

Di usianya yang menginjak 14 tahun, Claudia memulai lagi perjuangannya melalui audisi tersebut. Tapi sayangnya  ia hanya mampu bertahan dalam 11 besar saja. Karena setelah itu, gadis yang belajar di Muenchen, Jerman harus tersingkirkan dari persaingan peserta lain.

5. Dan Claudia Emmanuela Memulai Mencoba Memasuki Audisi yang Lebih Besar, yakni di The Voice of Germany

Perjalanan Claudia terus berlanjut. Sampai sebuah fakta memberitahu kita, bahwa gadis cantik ini telah menjadi juara dalam lomba The Voice of Germany 2019. Bukan perjuangan yang ringan, melainkan sangatlah berat.

Di babak awal, Claudia membawakan lagu berjudul The Power of Love yang dipopulerkan oleh Celine Dion. Gadis itu berhasil lolos, kemudian ia melanjutkannya ke tahap selanjutnya yaitu Blind Audition.

Saat itu ia membawakan lagu Never Enough yang kita tahu sendiri sangat sulit dimainkan. Mengingat nadanya yang sangat tinggi.

Lewat suara yang mulus membawakan lagu itu, keempat juri berhasil memutar kursinya dan berebut ingin menjadi mentor Claudia. Dan terpilihlah Alice Merton seperti yang kita ketahui selama ini.

Babak demi babak Claudia hadapi dan bersaing dengan orang-orang yang bukan dari negaranya sendiri. Sampai pada Minggu (10/11/2019), Claudia Santoso resmi menjadi pemenang The Voice of Germany 2019.

Leave your vote

8 points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here