Event Thousand Cups Coffee 2018
Event Thousand Cups Coffee 2018 Bogor di Taman Ekspresi, Sempur Bogor, Minggu, 30 September 2018. Image: Hitput.com

Hitput.com, Bogor – Untuk kedua kalinya Pegiat Komunitas Kopi Bogor sukses menghadirkan event kopi terbesar di kota Bogor, Thosaund Cups Coffee 2018 di Taman Ekspresi, Sempur Bogor, Minggu, 30 September 2018. Event yang dimulai pada pukul 07.00 Pagi WIB, dan dibuka langsung oleh Ketua Panitia Penyelenggara, Kang Iza dan Petani Kopi ternama Bapak Slamet Prayoga.

Event Thousand Cups Coffee 2018 ini, merupakan suatu kegiatan sosial sebagai bentuk upaya pendidikan atau edukasi terhadap masyarakat luas di sekitaran kota Bogor dan memang bertepatan dengan hari kopi sedunia. Mencoba merubah cara pandang masyakat dari peminum kopi menjadi masyarakat yang bisa “menikmati” karakter kopi.

10.000 Cups Kopi Sukses dibagikan ke Pengunjung

10.000 Cups Kopi dibagikan di Event Thousand Cups Coffee
10.000 Cups Kopi dibagikan kepada pengunjung Event Thousand Cups Coffee 2018 Bogor. Image: Hitput.com

Event sebelumnya di selenggarakan di tahun 2016 lalu dan sukses mencatatkan 3.000 Cups Kopi yang dibagikan ke pengunjung dari target 1.000 Cups Kopi. tapi event kali ini, menargetkan 10.000 Cups Kopi untuk dibagikan kepada pengunjung, dan alhasil berhasil dibagikan 10.000 Cups Kopi Lho!

Para pengunjung pun sangat antusias menikmati kopi yang dibagikan oleh 26 Tenant Kopi yang ikut memeriahkan dan memberikan edukasi tentang betapa pentingnya kopi dan bagaimana cara membuat kopi kepada pengunjung.

“Rasanya sangat bermacam-macam ya, dari yang asem dan pahit, tapi semuanya enak-enak dan kebetulan saya suka kopi jadi tau mana yang enak aja dan mana yang enak banget.” Ucap salah satu pengunjung di event Thousand Cups Coffee 2018.

Baca juga: Thousand Cups Coffee 2018, Kembali Hadir di Bogor Bagi Kamu Para Penikmat Kopi

Ternyata dari beberapa pengunjung masih belum tahu mengenai pemahaman kopi itu sendiri, karena mereka  merasa minimnya sosialisasi ataupun edukasi mengenai karakter kopi itu sendiri. Akan tetapi dengan diadakan event kopi ini, masyarakat luas khususnya warga Bogor sangat teredukasi dan mulai memahami arti dan cara meminum kopi yang baik itu seperti apa.

Cupping dan Tester Kopi

Tes Cupping Kopi
Tes Cupping Kopi dengan indera penciuman. Image: Hitput.com

Nah, kegiatan ini juga sangat dinanti oleh para pengunjung yang penasaran akan aroma kopi setelah digiling (fragrance) dan pada saat setelah kopi diseduh air panas (aroma basah). Cupping itu sendiri merupakan suatu kegiatan untuk lebih mengenal karakter kopi baik berdasarkan origin maupun berdasarkan proses paska panen.

Event Thousand Cups Coffee 2018 Bogor
Beberapa pengunjung yang hadir di Event Thousand Cups Coffee 2018 Bogor. Image: Hitput.com

Dan tahapan berikutnya adalah dengan pencicipan, disini peserta akan merasakan karakteristik dasar kopi seaslinya (tanpa bantuan metode, alat dan keahlian barista). Karakteristik seperti asam (acidity), Manis (sweetness), buah (fruity) dan lainnya akan dirasakan dan menjadi suatu sensasi baru bagi pengunjung.

Sharing Session Bersama Para Expert Kopi Lokal

Talk Show di Event Thousand Cups Coffee 2018
Talk Show atau Sharing Session bersama pegiat kopi Lokal di Event Thousand Cups Coffee 2018 Bogor. Image: Hitput.com

Di Event ini pun pengunjung bisa berinteraksi di segment Sharing Session atau Talk Show bersama para pegiat Kopi Lokal seperti Bapak Slamet Prayoga, Kang Andika dan Kak Tracy yang memberikan edukasi atau wawasan mengenai kopi itu sendiri kepada para pengunjung.

Mereka memberikan info mulai dari pengalaman yang mereka lalui sebagai petani kopi lokal maupun sebagai salah satu Owner Coffee Shop kepada para pengunjung. Para penggiat pun tak segan memberikan tips sukses untuk bisa menjadi pegiat ataupun petani kopi lokal yang nantinya bisa bersaing di mancanegara.

Baca juga: Minum Tiga Cangkir Kopi Dalam Sehari Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Ini Studinya!

“Bagi kalian yang memang punya background di ilmu pertanian, jangan malu dan sungkan untuk selalu fokus dan mengembangkan potensi pertanian di Indonesia, khususnya dalam bidang kopi. Karena Kopi di Indonesia sangat potensial bagi dunia bisnis kedepannya”. Ucap Kang Andika memberikan kisah inspiratif maupun tips kepada pengunjung yang hadir di Event Thousand Cups Coffee 2018 Bogor.

Walikota Bogor Bapak Bima Arya Meracik Kopi

Walikota Bogor Bima Arya
Walikota Bogor Bima Arya yang hadir dan meracik kopi di Event Thousand Cups Coffee. Image: Hitput.com

Walikota Bogor, Kang Bima Arya pun hadir untuk memeriahkan Event Kopi tersebut. Selain mencicipi kopi di beberapa tenant, Kang Bima pun melakukan Coaching Clinic dengan membuat atau meracik kopi di depan para pengunjung yang hadir.

Suasana pun menjadi semakin meriah dengan kehadiran Kang Bima Arya yang sengaja ingin melihat dari dekat Pak Walikota yang mendemostrasikan pembuatan kopi di Event tersebut.

“Agak panjang ya proses pembuatan kopinya dan sangat detail. Mungkin ini yang membuat kopi menjadi enak dan khas rasanya dilihat dari cara pembuatannya”. Ucap Bima Arya di sela-sela pembuatan kopi olehnya.

Performa Komunitas Musik Jalanan

Komunitas Musik Jalanan Memeriahkan Event Thousand Cups Coffee 2018.
Komunitas Musik Jalanan Memeriahkan Event Thousand Cups Coffee 2018. Image: Hitput.com

Event Thousand Cups Coffee ini pun dimeriahkan oleh performa dari Komunitas Musik Jalanan yang membuat suasana Event menjadi semakin hidup. Para pengunjung pun sangat terhibur oleh penampian ciamik mereka di atas panggung.

Diharapkan dengan adanya Event Thousand Cups Coffee 2018 ini masyarakat pecinta maupun penikmat kopi dapat teredukasi dan wawasan mengenai kopi menjadi lebih dalam mengetahui betapa pentingnya kopi untuk kesehatan dari mulai cara pembuatannya. Event yang diselenggarakan ini memang bertepatan dengan hari kopi sedunia yang diharapkan akan selalu rutin diadakan setiap tahun agar Masyarakat luas menjadi lebih teredukasi terhadap kopi.

Selamat Hari Kopi Sedunia 2018 Kawan!!

Leave your vote

10 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here