Tips Interview Kerja Menggunakan Bahasa Inggris Agar Semakin Pede

tips interview kerja bahasa inggris
Ilustrasi gambar interview kerja bahasa inggris. Foto: Pexels.com

Hitput.com – Setelah sekian lama menunggu akhirnya datang juga waktunya untuk melakukan interview kerja, proses ini merupakan salah satu yang paling penting berkaitan dengan diterima atau tidaknya kamu untuk bekerja. Banyak orang merasa tegang saat akan menghadapi interview kerja, apalagi jika interview kerjanya menggunakan bahasa Inggris tentu semakin menambah beban nantinya.

Namun mau bagaimanapun dalam setiap pekerjaan wawancara/interview ini menjadi salah satu tahap yang harus kamu lewati, jadi jangan sampai rasa gugup atau kurang percaya diri mengganggu di pikiranmu. Wawancara ini diibaratkan sebagai sebuah pintu, jika kamu tidak bisa membukanya tentu orang lain yang akan mendapat kesempatan untuk membuka pintu dan masuk sebagai pekerja.

Berkaitan dengan interview kerja menggunakan bahasa Inggris, dapat dipastikan jika kamu melamar kerja ke perusahaan-perusahaan milik orang asing, atau mungkin kamu melamar kerja ke luar negeri tentu tidak akan memakai bahasa Indonesia.

Dalam wawancara tersebut setiap perusahaan memiliki ketentuan masing-masing dalam menyeleksi calon karyawan, untuk wawancara bahasa Inggris sendiri sering dilakukan oleh perusahaan multinasional yang bertujuan untuk melihat seberapa jauh keahlian pelamar kerja berbahasa Inggris.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri saat proses interview kerja, akan dipaparkan juga sedikit contoh naskah percakapan wawancara bahasa Inggris yang sering digunakan dalam wawancara kerja.

Berpenampilan Rapi

Tak perduli perusahaan apapun itu, dalam kegiatan wawancara pastinya dituntut harus berpakaian rapi, karena mau bagaimanapun kesan pertama itu sangat penting. Apa jadinya kalau kamu datang menggunakan kaos atau pakaian yang kotor dan kucel, hal tersebut menunjukkan bahwa kamu tidak terlalu perduli pada diri kamu sendiri, kalau terhadap diri sendiri saja seperti itu bagaimana nanti saat bekerja? Dengan penampilan yang rapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri menghadapai wawancara kerja nantinya.

(Baca juga: Bingung Cara Lolos Interview Kerja? Simak Tips Sukses Berikut Ini!)

Mencari Informasi Sebanyak Mungkin

mencari informasi penting untuk wawancara kerja
Ilustrasi gambar mencari informasi penting untuk wawancara kerja. Foto: Pexels.com

Informasi ini utamanya berkaitan dengan perusahaan, kamu bisa mecari informasi dari website yang dimiliki atau dari media sosial. Cari poin-poin pentingnya dan jika perlu catat di buku kecil agar tidak lupa, dengan mengetahui informasi yang banyak tentang perusahaan tersebut tentunya bisa kamu jadikan juga sebagai bahan obrolan dalam wawancara kerja agar situasi tidak terlalu tegang juga.

Memberikan Jawaban yang Singkat dan Padat

Tentunya wawancara kerja tidak hanya satu atau dua orang saja, terkadang bisa sampai puluhan bahkan ratusan. Maka dari itu pewawancara hanya ingin mendengar jawaban yang singkat dan padat dari kamu, jangan memberikan penjelasan panjang lebar yang tidak ada sangkut-pautnya dengan apa yang ditanyakan, hal tersebut dapat memberikan indikasi kalau kamu mudah teralihkan perhatiannya.

Selain itu, semakin panjang pembicaraan maka semakin besar pula resiko salah pengucapan kata apalagi kalau kamu belum terlalu lancar dalam berbahasa Inggris, oleh karena itu jawaban yang singkat namun langsung to the point sudah lebih dari cukup.

Misalnya pewawancara bertanya: “Why did you leave your previous job?

Kamu bisa menjawab: “I leave my previous job because I want to expand my experiences and my skill

(Baca juga: Punya cerita menarik atau kisah inspiratif? Submit disini dan kami bayar artikel kamu!)

Menggunakan Gaya Bahasa yang Benar

wawancara kerja bahasa inggris
Ilustrasi gambar wawancara kerja bahasa inggris. Foto: Pexels.com

Interview kerja merupakan situasi formal sehingga kamu dituntut harus bersikap profesional, salah satunya dengan menggunakan gaya bahasa yang baik dan benar saat bertanya atau menjawab pertanyaan kepada pewawancara.

Hindari kata-kata yang biasa diucapkan sesama teman, misalnya saat kamu menyapa maka ucaplah “Hello, i’ts nice to meet you, I’m glad to be here” dan jangan mengucapkan seperti ini “Hey bro! Whatsapp? Nice to meet you, I’m totally stoked” kalimat ini tentu lebih tepat diucapkan kepada teman yang sudah akrab.

Nah, itulah beberapa tips dalam menghadapi interview kerja menggunakan bahasa Inggris. Semoga tips diatas dapat memberikan sedikit bantuan buat kamu yang akan melakukan wawancara seleksi masuk kerja.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here