Kisah Inspiratif Ira Siregar, Berhenti dari PNS Sukses Usaha Roti

kisah ira siregar
Kisah inspiratif Ira Siregar sukses berjualan roti sourdough. Foto: sumber twitter @ZulaikaIra

Hitput.com – Kamu pasti pernah dihadapkan pada keadaan harus memilih suatu hal, misalnya memilih tetap berada di zona aman atau mencoba keluar dari itu. Namun pilihan keluar dari zona nyaman ini tentu memiliki potensi lebih baik atau justru lebih buruk dari keadaan yang sudah kamu jalani saat ini. Tetapi hidup ini memang penuh dengan tantangan, kalau kamu tidak mencoba bagaimana bisa tahu hasilnya? Kan begitu ya!

Kisah inspiratif Ira Siregar usaha roti sourdough padahal sebelumnya ia seorang pekerja aparatur sipil negara (ASN), ia berani meninggalkan zona nyaman dimana dengan bekerja sebagai aparat negara memiliki gaji tetap dengan jumlah yang lumayan tentunya.

Perempuan yang bernama lengkap Ira Zulaika Inverary Siregar ini mengambil sebuah keputusan yang bagi orang lain mungkin sangat beresiko, ia berhenti menjadi seorang ASN/PNS dan memilih untuk merintis usaha sendiri dengan berjualan roti sourdough melalui media online. Bahkan saat ini omsetnya cukup besar juga dari berjualan roti ini.

Kira-kira seperti apa sih kisah awal seorang Ira Siregar membuka usaha roti sourdough ini? Atas dasar apa ia berani memilih membuka usaha sendiri daripada menjadi seorang PNS? Dibawah ini akan saya ulas sedikit mengenai kisah inspiratif Ira Siregar usaha roti sourdough.

(Baca juga: Kisah Inspiratif: Omari McQueen, CEO Cilik Berumur 11 Tahun)

Memutuskan Berhenti Menjadi PNS

Setiap orang tentunya berbeda, ada tipe orang yang siap menjalani pekerjaan yang terstruktur dan penuh dengan aturan, tetapi ada juga tipikal orang yang ingin bebas dalam bekerja. Nah, Ira Siregar ini berhenti menjadi PNS karena ia merasa tidak mampu mengikuti aturan-aturan yang yang ditetapkan.

Pada dasarnya Ira Siregar bukan tipe orang yang suka bekerja dibawah aturan, terikat dalam sebuah sistem, bekerja sesuai waktu yang sudah ditentukan. Berawal dari hal tersebutlah yang kemudian membuat ia dengan matang untuk memutuskan berhenti sebagai PNS.

Susah Meluangkan Waktu Untuk Keluarga

Salah satu alasan lain mengapa Ira Siregar berhenti menjadi PNS adalah susahnya meluangkan waktu untuk keluarga tercinta, disisi lain waktu yang banyak tersita membuat Ira tidak bisa maksimal menyalurkan hobinya dalam dunia masak.

Kalau kamu sendiri mungkin beranggapan kerja sebagai PNS sangat enak, banyak waktu luangnya dan kerjanya gitu-gitu saja. Tetapi jangan pernah menilai sesuatu yang tidak pernah kamu alami, jangan pernah merasa tahu tentang orang lain karena faktanya kamu tidak benar-benar mengerti tentangnya. Ira Siregar berpendapat seperti itu ya karena ia sudah mengalaminya.

Mempunyai Hobi Memasak

gambar roti sourdough
Ilustrasi gambar roti. Foto: Pexels

Pada dasarnya Ira Siregar sangat menggemari hobi memasak terutama sejenis kue, dan yang menjadi menu andalah adalah roti sourdough. Ia mulai fokus membuat roti serta mencoba membuka usaha menjual roti ini melalui media sosialnya.

Kenapa Ira Siregar memilih roti sourdough? Alasannya adalah karena menggunakan ragi alami dalam pembuatannya, ia mencampurkan tepung dan air yang kemudian dilakukan fermentasi karang lebih selama delapan hari sampai benar-benar menjadi ragi sempurna sehingga bisa digunakan membuat roti Sourdough.

(Baca juga: Cara Membuat Kue Kering Tanpa Oven, Mudah Dilakukan di Rumah)

Resep Membuat Roti Sourdough

roti sourdough ira siregar
Ilustrasi gambar roti Sourdough. Foto: Pexels

Bisa dikatakan bahwa kisah inspiratif Ira Siregar usaha roti sourdough ini berasal dari krisis yang terjadi dilingkungan, ia merasa sedih melihat banyaknya makanan-makanan yang tidak sehat dijual di masyarakat. Oleh karenanya ia mencari olahan yang bahan untuk membuatnya sehat.

Resep turun-temurun dari sang ibu yang awalnya membuat Ira Siregar bisa membuat roti sourdough, tetapi dengan mudahnya akses segala informasi ia sering melihat video-video di youtube juga. Perpaduan resep dari sang ibu serta belajar otodidak akhirnya membuat Ira bisa membuat roti sesuai keinginannya.

Ok, itulah ulasan singkat mengenai kisah inspiratif Ira Siregar usaha roti sourdough. Jadi, salah satu kisah luarbiasa yang bisa diambil adalah jangan takut keluar dari zona nyaman. Tetapi tentu saja harus banyak pertimbangan terlebih dahulu bukan asal-asalan ya, hehehe.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here