Cara Membuat Kue Kering Tanpa Oven, Mudah Dilakukan di Rumah

kue kering tanpa oven
Ilustrasi kue kering tanpa menggunakan oven (Photo by Tina Nord from Pexels)

Hitput.com – Hari raya tentu merupakan hari yang ditunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Setelah sebelumnya menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, hari raya menjadi hari bersejarah dalam merayakan kemenangan. Oleh karena itu, menyiapkan kue-kue khas hari raya merupakan budaya yang mengakar di negeri ini. Terlebih jika kue yang dibuat adalah hasil karya tangan sendiri. Namun, terkadang para ibu malas untuk menyiapkan kue kering karena terbatasnya alat-alat dapur seperti oven. Itulah mengapa beragam pertanyaan terkait cara membuat kue kering tanpa oven bermunculan.

Kini anda tak perlu lagi kebingungan untuk meminjam oven sana sini. Anda dapat membuat kue kering bahkan tanpa menggunakan oven. Lalu bagaimana cara membuat kue kering tanpa oven? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Variasi Nastar untuk Sambut Indahnya Lebaran

1. Siapkan alat dan bahan

Alat yang harus anda miliki adalah wajan dan tatakan panci untuk membuat kue kering tanpa oven. Sebelumnya, selesaikan adonan kue yang akan anda buat lalu bentuk sesuai selera dengan cetakan-cetakan khusus kue. Tak ada yang berbeda dari proses pembuatan kue yang sudah-sudah. Waktu yang anda perlukan dalam membuat kue dengan metode ini pun relatif sama dengan penggunaan oven pada umumnya.

2. Pemanggangan

Siapkan kompor lalu panaskan wajan sampai, lalu letakkan tatakan panci untuk mencegah kue menempel langsung dengan wajan panas. Lakukan dengan hati-hati supaya nanti kue yang anda panggang tidak terkena bagian dasar wajan. Tunggu sampai tatakan panci memanas. Anda dapat mengetesnya dengan mendekatkan telapak tangan anda dengan tatakan dengan jarak 30 cm.

3. Oles dengan margarin

Setelah tatakan panci mencapai suhu panas langkah selanjutnya adalah anda dapat mengolesi margarin pada tatakan tersebut. Hal ini untuk meminimalisir kelengketan pada adonan kue saat matang nanti. Sama seperti pemanggangan kue pada oven, letakkan adonan kue yang telah anda cetak sebelumnya di atas tatakan. Sebaiknya anda memberi jarak pada tiap tiap susunan kue supaya matang merata.

Baca juga: Resep Kue Bolu Panggang Lembut Sederhana, Cemilan Santai Bareng Keluarga

4. Panggang dengan api sedang

Tutup panggangan wajan anda dengan penutup khusus panci. Masak kue dengan menggunakan api sedang supaya matang merata dan tidak gosong. Gunakan api sedang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Pemanggangan menggunakan api yang terlalu besar akan membuat kue anda cepat gosong diluar serta tidak matang di bagian dalam. Jika anda memiliki teflon anti lengket pemanggangan akan lebih baik.

5. Cek waktu kematangan

Beri waktu pada stopwatch anda untuk mengetahui tingkat kematangan kue yang anda buat. Bila diperlukan, anda dapat membalik kue dengan menggunakan spatula dengan hati hati

6. Siap dihidangkan

Angkat dan sisihkan kue anda ke dalam wadah kaca terlebih dahulu. Tunggu sampai dingin lalu susun ke dalam toples sesuai dengan selera anda, dan hidangkan kue tersebut bersama keluarga maupun teman tercinta.

Baca juga: Hidangan Kue Artis Kekinian yang Cocok Buat Acara Bukber

Cara membuat kue kering tanpa oven seperti yang telah disebutkan di atas dapat anda lakukan dengan jenis wajan apapun, baik yang anti lengket ataupun yang tidak. Jangan lupa untuk menambahkan air pada wajan sebelum anda menempatkan tatakan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi alat-alat yang terbakar.

Demikianlah informasi mengenai cara membuat kue kering tanpa oven yang dapat dengan mudah anda lakukan di rumah. Keterbatasan bukan sesuatu yang harus membuat anda berhenti melangkah, melainkan terjadi kreatifitas dalam pola fikir anda. Terlebih dalam pembuatan kue kering jika diolah dengan tangan sendiri tentu akan menjadikan hari raya anda lebih terasa membahagiakan. Semoga informasi ini membantu anda, teruslah berkarya.

Leave your vote

7 points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here