Apa Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan? Penting Untuk Diabetes!

manfaat bawang putih untuk kesehatan
Ilustrasi bawang putih dan manfaatnya untuk kesehatan. Photo by Nick Collins from Pexels

Hitput.comManfaat bawang putih untuk kesehatan sangat ampuh bila kita konsumsi setiap hari terutama bagi penderita diabetes. Umbi beraroma tajam ini mengandung enzim allicin yang ternyata mampu mengatasi berbagai penyakit. Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur paling berkhasiat.

Apa kandungan nutrisi bawang putih?

Seperti dilansir via hellosehat, bawang putih adalah umbi-umbian dengan nama latin Allium sativum. Bawang berwarna putih ini masih termasuk dalam keluarga tanaman amarilis (Amaryllidaceae), dan bersaudara dengan daun bawang dan bawang merah. Berambang putih adalah umbi siung asli budidaya Asia Tengah, tapi juga tumbuh liat di Italia dan daerah selatan Perancis.

Dalam satu buah bawang putih biasanya terdapat 1-10 siung. Setiap siungnya itu sendiri memiliki berat sekitar 6-8 gram. Maka, per 100 gram berambang putih kira-kira mengandung:

  • 4 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,1 miligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,9 miligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh)
  • 5,4 miligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhan harian tubuh)
  • sederet antioksidan seperti  flavonoid, oligosakarida, dan asam amino.

Nutritional value of raw garlic per 100 grams:

Water g 58.58
Energy kcal 149
Protein g 6.36
Total lipid (fat) g 0.50
Carbohydrate g 33.06
Fiber g 2.1
Sugars g 1.0
Calcium, Ca mg 181
Iron, Fe mg 1.70
Magnesium, Mg mg 25
Phosphorus, K mg 153
Potassium, K mg 401
Sodium, Na mg 17
Zinc, Zn mg 1.16
Vitamin C mg 31.2
Thiamin mg 0.20
Riboflavin mg 0.110
Niacin mg 0.70
Vitamin B-6 mg 1.235
Folate, DFE mcg 3
Vitamin K (phylloquinone) mcg 1.7

Baca juga: 5 Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

Berikut ini kami bahas selengkapnya manfaat bawang putih atau bawang putih tunggal untuk kesehatan.

Menurunkan tingkat kolesterol

Bawang putih telah lama dianggap sebagai salah satu makanan terbaik untuk mencegah kolesterol tinggi, berdasarkan penelitian atau studi yang dimuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health tahun 2016 seperti dilansir via Hellosehat, tim peneliti dari India awalnya meminta 50 orang yang punya kolesterol tinggi untuk rutin makan 3 gram bawang putih mentah satu kali setiap hari. Setelah 90 hari masa percobaan, seluruh partisipan tersebut mengalami penurunan kolesterol yang cukup banyak, yaitu sekitar 10-13 persen.

Peneliti menemukan manfaat ini berasal dari kandungan allicin dalam bawang putih. Uniknya, allicin hanya akan diproduksi oleh bawang putih ketika siungnya dipotong, ditumbuk (uleg), atau dihancurkan dengan cara dikunyah. Allicin menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol.

Untuk menurunkan kolesterol, konsumsi 3 sampai 4 siung bawang putih tunggal saat perut masih kosong.

Baca juga: Jangan Remehkan! Ini Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Mencegah masuk angin dan batuk

Manfaat bawang putih tunggal atau bawang lanang yang lain adalah mencegah masuk angin dan batuk. Menurut hasil penelitian, konsumsi bawang putih tunggal secara teratur bisa menurunkan risiko terkena masuk angin dan batuk sampai 50 persen.

Untuk mendapatkan khasiat bawang putih tunggal dalam mencegah masuk angin, gerus 2 siung bawang. Setelah itu seduh dengan air hangat dan minum.

manfaat bawang putih
Ilustrasi Infografis manfaat dari bawang putih. Image credit by www.top10homeremedies.com

Mengatasi diabetes

Bawang putih berkhasiat mengatasi diabetes, penelitian membuktikan bahwa konsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih tunggal secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Allicin bawang jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

Menurunkan risiko kanker

Melansir dari National Cancer Research Institute, bukti penelitian sejauh ini menunjukkan kaitan antara konsumsi bawang putih rutin dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker. Termasuk kanker perut (lambung, usus besar, dan usus kecil), kanker kerongkongan, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat.

Bawang putih mentah kaya akan kandungan sulfur aktif yang mencegah pembentukan sel kanker dan menghambat penyebarannya dalam tubuh.

Mencegah Pilek

Bawang putih dipercaya dapat mencegah pilek karena diduga mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengonsumsi pilek lebih jarang mengalami flu dan pilek dan akan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak. Namun, bagaimana cara kerja dan penggunaan manfaat bawang putih sebagai pencegahan dan pengobatan untuk flu dan pilek masih perlu diteliti.

Mengurangi timbulnya jerawat

Cara menghilangkan bintik merah bekas jerawat (Image: skinbetter.com)
Cara menghilangkan bintik merah bekas jerawat (Image: skinbetter.com)

Bawang putih tunggal memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghilangkan serta mencegah timbulnya jerawat.

Karena kandungan antioksidannya yang kuat, bawal putih dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas inilah yang merusak kulit serta memperlambat sembuhnya jerawat.

Baca juga: Ini Dia 5 Manfaat Daun Kelor Untuk Kulit Wajah yang Perlu Kamu Ketahui!

Mana yang lebih baik, mengunyah bawang putih mentah atau mengonsumsi suplemen bawang putih?

Semua manfaat bawang putih di atas dapat Anda raup semudah mengunyah siungnya mentah-mentah. Sebab justru dalam kondisi paling segarnyalah, nutrisi dalam bawang bisa bekerja optimal.

Untuk mendapatkan allicin dalam jumlah besar dari bawang putih segar, pertimbangkan untuk memakannya mentah dan dihancurkan atau dipotong sebelum dimakan untuk mengaktifkan allicin. Tapi bila mengolah bawang putih dengan memasaknya justru akan menghilangkan berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

Berapa banyak bawang putih yang harus kita makan setiap hari?

bawang putih
Ilustrasi bawang putih. Photo by Buenosia Carol from Pexels

Sebanyak yang Anda nikmati! Penelitian ilmiah menunjukkan 1-2 siung bawang putih setiap hari menjadi jumlah yang baik untuk membantu mencegah penyakit tertentu.

Banyak penelitian telah dilakukan dengan menggunakan berbagai persiapan seperti bubuk bawang putih atau ekstrak bawang putih tua (proses penuaan mengurangi beberapa bau), dan itu lebih sulit dibandingkan dengan makan siung bawang putih.

Itulah beberapa manfaat dari bawang putih yang baik untuk kesehatan. Menggunakan bahan alami tentunya lebih baik dibandingkan dengan menggunakan obat, apalagi bawang putih tunggal juga merupakan bahan yang pasti ada di setiap dapur. Selamat mencoba!

Leave your vote

9 points
Upvote Downvote

Leave a Reply