Begini Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Bintik Merah Sekitar Wajah Kamu

Cara menghilangkan bintik merah bekas jerawat-skinbetter.com
Cara menghilangkan bintik merah bekas jerawat (Image: skinbetter.com)

Hitput.com – Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada bintik-bintik merah yang tersisa akibat jerawat. Bagaimana Anda bisa mencegah dan menghilangkannya dengan cepat? Biasanya bekas jerawat yang tertinggal itu tidak bisa dihilangkan oleh obat jerawat biasa.

Tapi jangan khawatir, ada cara ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat merah di sekitar wajah kamu yang memang sangat meresahkan itu.

Baca juga: Rahasia dan Fakta Tentang Jerawat yang Bikin Kamu Jadi Sebel Ketika Bercermin

BAGAIMANA CARA MENGOBATI BINTIK MERAH BEKAS JERAWAT?

Salah satu bekas jerawat yang paling umum terjadi, terutama pada pemilik kulit berwarna terang, adalah Post Inflammatory Erythema yang terlihat seperti bekas jerawat kemerahan. Timbul karena adanya pembesaran pembuluh darah yang berada dekat dengan permukaan kulit, bekas jerawat kemerahan sedikit lebih sulit untuk dihilangkan ketimbang PIH atau bekas jerawat kehitaman. Proses penyembuhan ini bisa dipercepat dengan tips berikut:

1. GUNAKAN PRODUK PERAWATAN KULIT YANG LEMBUT DAN BERKUALITAS TINGGI

Jangan gunakan scrub yang agresif atau bahan yang mengiritasi. Lulur dapat merusak kulit dan mempengaruhi proses penyembuhan alami, serta bahan iritan kulit.

2. GUNAKAN SCRUB BHA SETIAP HARI

Asam salisilat (BHA)  tidak mengandung pelembap dan menembus jauh ke dalam pori-pori. Ini dapat melarutkan penyumbatan pada pori-pori, yang seringkali menjadi penyebab kulit wajah menjadi rusak. Produk perawatan wajah yang mengandung BHA lebih direkomendasikan untuk mengatasi masalah kulit berminyak karena bersifat mengeringkan. BHA memiliki antiinflamasi dan mengurangi kemerahan dan ampuh digunakan untuk kulit sensitif berjerawat atau komedo. Dengan demikian dapat mempercepat proses penyembuhan kulit.

Baca juga: Rekomendasi BB Cream Emina untuk Kulit Sawo Matang, Cekidot Ladies!

3. GUNAKAN TABIR SURYA SPEKTRUM SETIAP HARI DENGAN SPF 30 ATAU LEBIH TINGGI

Lindungi kulit Anda setiap hari dari sinar UV. Baik pada hari-hari yang cerah atau berawan, sinar UV mempengaruhi kemampuan kulit untuk menyembuhkan dirinya sendiri, menyebabkan bintik-bintik merah dan membuat kotoran lebih terlihat.

Baca juga: Ingin Tampil Cantik ala Unnie Korea? Yuk, Praktikkan 5 Tips Makeup Berikut Ini

4. GUNAKAN PRODUK KAYA ANTIOKSIDAN

Zat ini melindungi kulit dari kerusakan lebih lanjut dan mendukung regenerasi kulit. Ini mengurangi risiko peradangan dan kulit Anda membutuhkan waktu lebih sedikit untuk regenerasi. Produk seperti Trilogy Rosehip Oil Antioxidant+ , maupun Haple Grapeseed Oil bisa kamu gunakan untuk perawatan wajah Anda.

5. PERTIMBANGKAN PERAWATAN PROFESIONAL

Selain rutinitas perawatan kulit yang baik, Anda juga dapat mempertimbangkan perawatan IPL (Intense Pulsed Light) untuk peradangan warna kulit. Untuk warna kulit yang lebih gelap, Anda juga dapat mendiskusikan perawatan laser dengan dokter kulit Anda. Pilihan lain adalah kulit AHA atau BHA bulanan dari dokter kulit kosmetik. Anda juga dapat menghubungi dokter kulit Anda untuk meresepkan obat jerawat.

APA YANG BISA SAYA LAKUKAN JIKA JERAWAT MENINGGALKAN BEKAS LUKA?

Bekas luka yang dalam tidak bisa diperbaiki dengan produk perawatan kulit. Namun, pengisi kulit dapat meratakan dan melindungi area tersebut. Untuk hasil terbaik, pengelupasan AHA yang sangat terkonsentrasi , pengelupasan BHA atau perawatan laser fraksinasi berulang dapat membantu. Serta konsultasikan selalu dengan dokter kulit Anda.

Itulah pembahasan tentang cara menghilangkan bekas jerawat dan bintik merah pada wajah Anda. Semoga bermanfaat!

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply