Selain Lezat, Ternyata Ini Manfaat Buah Stroberi Untuk Tubuh, Dicek Guys!

manfaar stroberi untuk tubuh
Manfaat Stroberi Untuk Tubuh (image: photos.boldsky.com)

Hitput.com – Stroberi adalah salah satu buah paling populer, selain memiliki rasa manis yang unik membuat orang menginginkannya, manfaat buah stoberi juga banyak loh.

Dalam nomenklatur, stroberi memiliki sufiks yang berbeda untuk setiap varietas, tetapi semuanya memiliki nama ilmiah yang sama, Fragaria.

Sebagai contoh, Fragaria vesca adalah nama ilmiah untuk stroberi liar; Fragaria orientalis untuk stroberi Siberia; dan Fragaria ananassa untuk stroberi yang umum ditemukan.

Informasi Jumlah Vitamin (per 100 g): Vitamin A 12 IU – 0,5% RDA, Vitamin C 58,8 mg – 98% RDA, Vitamin E 0,29 mg – 2% RDA, Vitamin K 2,2 μg – 2% RDA **Recommended Dietary Allowance

Inilah beberapa manfaat yang luar biasa untuk tubuh, dari buah stroberi;

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kehilangan ingatan dan kontrol aktivitas otot karena penuaan secara alami sering terjadi pada orang tua. Namun, radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini otak dan sistem saraf pada orang yang lebih muda.

Radikal bebas dapat menciptakan fenomena yang disebut stres oksidatif yang merusak saraf.

Untungnya, stroberi kaya akan vitamin C dan phytochemical yang membantu merevitalisasi sistem saraf. Selain itu, stroberi juga merupakan sumber yodium yang sangat baik untuk berfungsinya otak dan sistem saraf.

Demikian pula, potasium, yang juga ditemukan dalam jumlah kecil di stroberi, telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif dengan meningkatkan aliran darah ke otak.

Studi terbaru pada siswa menunjukkan bahwa asupan tinggi kalium dan fisetin, flavonol, yang memberikan warna merah pada stroberi, dapat meningkatkan daya ingat dan membantu mencegah penyakit Alzheimer dalam jangka panjang.

2. Bermanfaat Bagi Penderita Diabetes

Stroberi bisa manis, tetapi buah ini sebenarnya merupakan “obat alami” yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Stroberi memiliki indeks glikemik rendah dan serat tinggi, yang membuatnya menjadi pilihan buah yang bijak.

Pada 2011, para peneliti menemukan bahwa “mengonsumsi 37 stroberi sehari dapat secara efektif meminimalkan komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati”.

Kita tahu, 37 bisa terlihat seperti jumlah yang besar, jadi konsumsilah apa pun yang kamu rasa cukup – jumlah sedikit pun bisa cukup membantu.

Baca Juga : 8 Manfaat Air Timun yang Harus Kamu Minum, Ini Alasannya!

3. Melindungi Jantung

Menurut Dr. Aedin Cassidy dari Norwich Medical School, Inggris, konsumsilah setidaknya tiga porsi stroberi per minggu untuk menjaga fungsi jantung dan menjaga kesehatan jantung kamu.

Sebuah studi di Harvard juga menemukan bahwa anthocyanin, kelompok flavonoid dalam stroberi, mengurangi risiko serangan jantung hingga 32%.

Selain itu, kuersetin flavonoid alam stroberi, memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi risiko aterosklerosis.

Jumlah signifikan polifenol yang terkandung dalam stroberi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dengan menghambat pembentukan trombosit dan menurunkan tekanan darah.

Ini menjadikan stroberi buah yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan jantung secara alami.

Itulah manfaat buah stroberi untuk tubuh yang bisa kamu nikmati. Informasi ini kami dapatkan dari eatwellz.com. Semoga beramanfaat!

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here