8 Manfaat Air Timun yang Harus Kamu Minum, Ini Alasannya!

manfaat air timun untuk kesehatan
Manfaat air timun untuk kesehatan (Photo by rawpixel.com from Pexels)

Hitput.com – Mentimun merupakan sebuah tanaman yang punya banyak khasiat untuk kesehatan. Namun, tahukah kamu, bahwa banyak manfaat air timun ketika kita meminumnya?

Berikut ini kami akan berikan 8 alasan mengapa kamu perlu minum air mentimun setiap hari yang dilansir dari livin3.com

1. Mengurangi Dehidrasi

Hidrasi yang tepat sangat penting untuk menjaga homeostasis seluler dalam tubuh kamu.

Dehidrasi dapat menyebabkan segala macam masalah, termasuk mulut kering, kelelahan, haus, penurunan produksi urin, sakit kepala, sembelit, kulit kering, dan pusing dalam kasus ringan, dan delirium di kasus ekstrim.

2. Menyediakan Vitamin dan Mineral Ekstra

Tidak ada keraguan bahwa air sangat penting untuk kesehatan kita, tetapi air putih bukan sumber vitamin esensial yang kamu butuhkan.

Dengan air mentimun, kamu bisa mendapatkan tambahan vitamin dan mineral yang diperlukan.

Timun adalah sumber vitamin K dan molibdenum, dan juga memiliki asam pantotenat, kalium, fosfor, vitamin C, tembaga, mangan, vitamin B1, biotin, dan magnesium.

3. Membantu Mengurangi Nafsu Makan

Makan ketika kamu tidak lapar dapat dengan mudah menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak diinginkan, kelelahan, dan pola makan yang tidak teratur.

Ketika kamu merasa lapar sebelum waktu makan, minumlah segelas air mentimun. Kelaparan dan kehausan memiliki tanda-tanda yang serupa.

Baca Juga : Cara Ampuh dan Aman Hilangkan Keriput Dengan Retinol, Disimak Ya!

4. Menenangkan Kulit

Mentimun menjaga kamu tetap bersinar dari dalam ke luar. Selain 95% kandungan airnya untuk hidrasi yang tepat, mentimun mengandung silika yang memberikan manfaat ekstra untuk kulitmu, membantu meringankan iritasi akibat jerawat, noda, dan memulihkan kulit kering.

Para peneliti telah menemukan bahwa mentimun mengumpulkan silika dalam jumlah sedang ketika tumbuh.

Pentingnya silika untuk menjaga kesehatan kulit juga telah ditunjukkan dalam beberapa studi, termasuk satu studi yang menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen silika (berbeda dengan wanita yang menggunakan plasebo) berakhir dengan kulit yang lebih halus dengan kadar air yang lebih tinggi.

Anda dapat meningkatkan asupan silika dengan makan lebih banyak mentimun atau minum air mentimun.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang sehat sangat penting untuk menjaga diri stroke, serangan jantung, penyakit ginjal, atau kehilangan penglihatan.

Air mentimun juga dapat membantu kamu dalam manajemen berat badan dan olahraga, yang keduanya sangat penting menjaga tekanan darah kamu dalam kisaran sehat.

Baca juga : Inilah 5 Manfaat Air Kelapa yang Perlu Anda Tahu, Disimak ya!

6. Membantu Otot

Minum air mentimun setiap hari membantu pemulihan otot, hidrasi setelah latihan, dan kesehatan fisik secara keseluruhan.

7. Air Mentimun Penuh dengan Sifat Anti-Oksidan dan Detoksifikasi

Air mentimun adalah sumber anti-oksidan yang membantu tubuhmu melawan radikal bebas. Ini juga membantu tubuhmu menyingkirkan penumpukan racun yang tidak diinginkan.

8. Memiliki Manfaat Anti-Kanker

Mempertahankan pola makan sehat, seimbang, makanan lengkap yang penuh nutrisi sangat penting untuk mengurangi risiko kanker, atau membantu sembuh dari kanker.

Mentimun penuh dengan anti-oksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten, serta anti-oksidan flavonoid, termasuk quercetin, luteolin, dan kaempferol yang di antara manfaat lainnya, membantu tubuh melawan kanker .

Itulah 8 alasan mengapa dengan mengonsumsi air timun bisa mendapatkan banyak manfaat, semoga informasi ini bermanfaat ya!

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here