6 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Puasa pun Akan Fit Seharian

buah-buahan yang baik dikonsumsi saat sahur
Ilustrasi gambar buah-buahan yang baik dikonsumsi saat sahur (Image: Pexels.com /PhotoMIX Ltd)

Hitput.com – Mungkin banyak yang mempertanyakan adakah buah yang baik dikonsumsi saat sahur sehingga tidak mengganggu aktifitas kita ketika sedang menjalani puasa?

Terkadang setelah sahur, dipagi harinya perut terasa penuh, salah satu faktor bisa disebabkan karena  pola makan yang kurang tepat.

Berikut akan kami jelaskan 6 jenis buah-buahan yang baik dikonsumsi saat sahur. yang tentunya mudah untuk dijumpai dimini market terdekat anda, diantaranya adalah:

1. Pisang

Manfaat buah pisang untuk kesehatan
Manfaat buah pisang untuk kesehatan (Image: Freepik)

Pisang adalah salah satu buah yang baik dikonsumsi saat sahur. masyarakat di indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan buah dari pohon yang hanya berbuah satu kali ini. Siapa sangka banyak sekali manfaat yang bisa diberikan dari sebuah pisang, dan lagi buah ini menjadi salah satu yang baik dikonsumsi saat sahur dibulan puasa.

Pisang bisa sebagai alternatif pengganti nasi dikala jam untuk sahur sudah tersisa sedikit lagi dan tidak memungkinkan untuk makan seperti biasanya. Kandungan vitamin yang ada pada pisang dapat membantu mengurangi keasaman dilambung, selain itu pisang juga mengandung vitamin A,B1,B2,B12 dan C sebagai penjaga kekebalan tubuh.

Baca juga: Resep Tumis Buncis Telur Puyuh, Menu Sahur Praktis nan Sederhana

2. Kurma

Buah kurma, buah yang wajib ada saat makan sahur ataupun berbuka puasa
Buah kurma, buah yang wajib ada saat makan sahur ataupun berbuka puasa (Image: Freepik)

Di bulan puasa ini, buah kurma tentu tersedia dipasaran. Dengan harga yang bervariasi tentunya. Buah kurma merupakan buah yang wajib ada untuk menemani waktu sahur maupun berbuka, karena telah banyak para ahli yang merekomendasikan buah kurma termasuk kedalam buah yang baik dikonsumsi saat sahur atau berbuka.

Rasa dari buah kurma adalah manis pekat dengan tekstur buah yang sedikit lonjong dan kecil namun legit. Anda bisa memakan kurma secara langsung ataupun sebagai pencuci mulut.

Baca juga: 5 Resep Makanan Sahur Praktis yang Bisa Kalian Masak, Cepat dan Enak!

3. Apel 

Buah apel cocok untuk dikonsumsi saat sahur
Buah apel cocok untuk dikonsumsi saat sahur (Photo by Magova from Pexels)

Bagi kebanyakan orang yang mudah sekali merasakan lapar ketika bulan puasa, memakan buah apel ketika sahur adalah salah satu solusi yang bisa diandalkan loh. Buah apel bisa dimakan langsung ataupun diproduksi sebagai jus. Selain mengandung vitamin A yang bisa menjaga kesehatan mata, anda tidak harus membuang kulit apel, karena didalam kulit apel itu sendiri teerdaat zat kitin yang merupakan salah satu asupan serat bagi tubuh manusia.

4. Alpukat

Buah alpukat cocok untuk menu sahur anda
Buah alpukat cocok untuk menu sahur anda (Photo by Valeria Boltneva from Pexels)

Buah alpukat tentu sudah tidak asing ditelinga masyarakat luas. Ternyata buah satu ini sangat baik dikonsumsi saat sahur, selain membantu penerapan nutrisi saat sahur, alpukat juga merupakan buah yang tinggi serat. Alpukat juga memiliki kandungan lemak baik yang dapat membantu menstabilkan kolesterol darah. Anda bisa menikmati alpukat dengan memakannya langsung atau menjadikannya jus, sesuai selera anda.

5. Pepaya

buah pepaya
Ilustrasi buah pepaya di mini market (Image: Pexels.com)

Pepaya, buah yang memiliki warna merah dan memilki banyak biji ini ternyata juga banyak manfaatnya selain terkenal sebagai buah pelancar pencernaan. Buah pepaya juga baik dikonsumsi saat sahur tiba. Anda cukup membersihkan biji lalu memotongnya sesuai kreasi anda dan buah pepaya segar pun siap untuk disantap.

Baca juga: Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran Dapat Meningkatkan Kebahagiaan

6. Kiwi

Buah Kiwi juga cocok untuk dikonsumsi saat sahur
Buah Kiwi juga cocok untuk dikonsumsi saat sahur (Image: medicalnewstoday.com)

Kiwi merupakan salah satu buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin C yang akan membantu anda merasa kenyang lebih lama. Kelebihan buah kiwi ialah tidak mengandung gula fruktosa sebanyak buah-buahan lainnya yang dapat menyebabkan perut anda kembung. Vitamin C yang terdapat pada kiwi dapat membantu tubuh anda mengolah lemak menjadi energi sehingga anda tetap berenergi meskipun dibulan puasa.

Demikianlah informasi mengenai buah yang baik dikonsumsi saat sahur yang dapat anda jadikan bacaan terbaik dalam menentukan menu sehat anda. Mencukupi kebutuhan energi saat sahur dan berbuka akan memberikan daya tahan tubuh yang seimbang yang maksimal. Hal ini akan membuat tubuh anda menjadi lebih bersemangat menjalani ibadah puasa. Semoga informasi ini membantu anda, selamat menjalani ibadah puasa.

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

Leave a Reply