7 Manfaat Ikan Kembung Untuk Kesehatan, Buktikan Sendiri!

ikan kembung
Manfaat ikan kembung untuk kesehatan. Foto: deherba.com

Hitput.com РSalah satu hewan yang sering sekali dikonsumsi adalah ikan, dengan berbagai macam manfaat yang dimiliki ikan menjadi alasan tingginya minat terhadap segala jenis kuliner yang mengandung ikan. Salah satu jenis ikan yang cukup populer untuk dikonsumsi adalah ikan kembung, dengan harga yang cukup terjangkau serta sangat mudah ditemukan di pasar-pasar terdekat membuat ikan ini menjadi pilihan terbaik jika ingin membuat olahan dengan bahan ikan.

Seperti ikan lainnya, terdapat segudang manfaat ikan kembung untuk kesehatan tubuh kamu, bahkan menurut para ahli kandungan gizi pada ikan kembung lebih banyak dibandingkan dengan ikan salmon. Lalu manfaat apalagi yang bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsi ikan ini, yuk simak baik-baik penjelasannya dibawah ini.

Zat Penting Bagi Tubuh

Manfaat pertama yang akan kamu dapatkan dari ikan kembung ini adalah berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh kamu seperti; protein, fospor, vitamin B2, omega-3, omega-6, selenium, lemak, omega-9, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, dan lainnya.

(Baca juga: Selain Lezat, Ternyata Ini Manfaat Buah Stroberi Untuk Tubuh, Dicek Guys!)

Cocok Untuk Program Diet

cara diet
Ikan kembung cocok untuk program diet. Ilustrasi foto: Pexels.com

Bagi kamu yang sedang melaksanakan program diet maka mengkonsumsi ikan kembung ini bisa menjadi solusi yang tepat, dengan beragam nutrisi dan vitamin yang terkandung tentu akan membantu menjaga kesehatan tubuhmu meskipun sedikit mengkonsumsi makanan.

Dengan kandungan lemak tak jenuh yaitu asam lemak omega-3 akan sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh, dengan demikian tidak akan terjadi penumpukkan lemak karena proses pembakaran lemak dapat berjalan dengan lancar. Kalau seperti itu kamu tidak perlu khawatir program diet kamu gagal.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Kandungan omega-6 pada ikan kembung ini dapat mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh, tentu saja hal ini akan sangat bermanfaat apalagi untuk para penderita diabetes yang sangat menghindari konsumsi gula. Bagi penderita diabetes maka konsumsi ikan kembung dengan teratur akan sangat membantu dalam menjaga kadar gula darah tubuh tetap terkontrol dengan baik.

(Baca juga: Rasanya Pahit, Pare ini Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Diabetes)

Menjaga Kekuatan Tulang

manfaat ikan kembung
Salah satu manfaat ikan kembung adalah untuk kesehatan tulang. Ilustrasi foto: Pexels.com

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ikan kembung ini mengandung vitamin D yang sangat bermanfaat untuk memelihara kekuatan tulang. Vitamin D memiliki peranan penting dalam proses absorpsi kalsium yang tentunya sangat berguna bagi kekuatan dan kesehatan tulang.

Mencegah Penyakit Jantung

Jika kamu rutin mengkonsumsi ikan kembung dapat meminimalisir resiko terkena penyakit jantung, dengan kandungan lemak tak jenuh yaitu asam lemak omege-3, omega-6, dan juga omega-9 tentunya akan membantu pencegahan penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Seperti yang diketahui bahwa kolesterol bisa menjadi salah satu pemicu seseorang menderita penyakit jantung.

Baik Untuk Sistem Imunitas Tubuh

Manfaat dari ikan kembung lainnya adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh, dengan kandungan anti – inflamasi di dalam asam lemak omega-3 akan menguatkan kekebalan tubuh kamu, dengan begitu maka kapasitas tubuh dalam menghadapi serangan penyakit akan lebih kuat. Hal ini juga akan sangat bermanfaat untuk seseorang yang dalam proses pemulihan dari masa perawatan atau baru sembuh dari sakitnya.

Meminimalisir Terjadinya Hipertensi

Konsumsi ikan kembung yang teratur bisa membantu menstabilkan tekanan darah yang nantinya dapat meminamlisir terjadinya hipertensi, dengan kandungan kalium yang tinggi membantu dalam pengontrolan tekanan darah agar tetap normal. Selain itu, kalium yang tinggi juga akan menurunkan resiko mengalami penyakit lainnya yang disebabkan oleh kekurangan kalium.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari ikan kembung, tentu masih banyak lagi manfaat ikan kembung yang belum disebutkan, yang jelas jika kamu belum mengkonsumsi ikan ini maka segeralah memasukkan ikan kembung ke dalam menu sajian yang harus dimakan minimal satu kali dalam seminggu. Selamat mencoba!

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here