Motor Masih Menjadi Alat Transportasi Favorit? Ini Datanya!

motor alat transportasi favorit
Ilustrasi gambar sepeda motor masih menjadi alat transportasi favorit masyarakat. Photo by Djordje Petrovic from Pexels

Hitput.com – Apakah sepeda motor masih menjadi alat transportasi favorit bagi masyarakat hingga kini? Kali ini kami akan memberikan fakta dan data mengenai sepeda motor.

Tidak dapat dibayangkan betapa menyebalkannya di masa lalu, kata itu mungkin keluar dari pikiran kita ketika tidak ada sepeda motor ataupun kendaraan seperti mobil seperti sekarang ini. Masyarakat dahulu diharuskan untuk berjalan kaki ataupun bila ingin memudahkan dengan cara cepat, ada yang menggunakan sepeda, kuda dan hewan lain untuk menunjang aktifitas sehari-hari.

sejarah sepeda motor
Sejarah sepeda motor. Ilustrasi gambar: federaloil.co.id

Sejarah sepeda motor dimulai pada abad ke-19, di mana sepeda kayu bermotor diciptakan untuk pertama kalinya.

Sejak itu, sepeda motor terus berkembang, menciptakan jenis-jenis sepeda motor baru dengan berbagai merek dan bentuk, sehingga mereka akhirnya dapat memenuhi model sepeda motor terbaru saat ini.

Jenis-jenis atau Tipe Sepeda Motor

Secara umum, jenis-jenis sepeda motor di Indonesia terbagi menjadi 6 jenis, yaitu:

  • Sport
  • Standard
  • Cruiser/Chopper
  • Trail/Off-Road
  • Bebek
  • Skuter Matik

Dari ke-6 jenis motor di atas, sepeda motor skuter matik lebih menguntungkan bagi para wanita untuk membantu aktifitas sehari-hari di dalam kota/ sekitar rumah.

Baca juga: 9 Keunikan Motor Vespa yang Harus Kamu Ketahui, Bagi yang Hobi dengan Motor Klasik Ini

Apa kelebihan sepeda motor?

Sepeda motor saat ini mungkin merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling penting khususnya di Indonesia. Meskipun tidak dapat membeli motor baru, orang akan membeli motor bekas (second) demi menunjang aktifitas.

Bahkan, jika ada yang membeli motor baru, untuk saat ini bisa dengan cara kredit atau dicicil dengan DP motor yang terjangkau harganya.

Dalam kegiatan sehari-hari, manusia (terutama orang Indonesia), tidak bisa menjauh dari sepeda motor.

Seperti data yang dirilis dari website Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), sepeda motor masih sangat dominan jumlahnya dari kendaraan atau alat transportasi lainnya yang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

data jumlah sepeda motor di indonesia
Data jumlah kendaraan bermotor dari tahun 2010 – 2017. Source data: www.bps.go.id

Data di atas menunjukkan betapa pentingnya peran sepeda motor bagi manusia saat ini, karena juga memiliki pengaruh penting terhadap ekonomi dan pekerjaan.

Manfaat Menggunakan Sepeda Motor

  • Sebagai alat transportasi ke sekolah, kampus ataupun tempat kerja. Terutama bagi para siswa dan mahasiswa, dan terbukti saat ini mereka menggunakannya sebagai alat transportasi sehari-hari. Bagi para karyawan suatu perusahaan, menggunakan sepeda motor untuk bekerja karena lebih efisien, tidak terjebak kemacetan dan lebih hemat bahan bakar.
  • Sebagai sarana utama untuk mencari nafkah. Ya, saat ini masyarakat pada umumnya menggunakan sepeda motor sebagai sarana untuk membantu mencari nafkah. Tidak hanya masyarakat kelas menengah, kelas bawah pun sudah banyak menggunakannya. Contohnya, pedagang keliling seperti menjual makanan siomay, nasi goreng ataupun pedagang sayur, beralih menggunakan sepeda motor. Dengan perkembangan di jaman teknologi seperti saat ini, sepeda motor pun digunakan oleh para pengemudi seperti ojek online demi mencari nafkah sehari-hari.
  • Mempercepat distribusi barang. Bagi masyarakat, sepeda motor juga berfungsi sebagai alat untuk mempercepat distribusi barang. Contoh, sayuran dapat didistribusikan dengan cepat sehingga mereka tidak menunggu sampai layu.

Itulah mengapa sepeda motor masih menjadi alat transportasi favorit masyarakat hingga saat ini, karena pengaruh dan manfaatnya yang luar biasa terutama bagi perekonomian. Untuk kamu yang saat ini membutuhkan atau mencari bahkan ingin membeli motor terbaru dengan DP motor yang murah dan terjangkau, langsung kunjungi website motor online Moladin.com . Website motor online terpercaya dan aman untuk kamu yang ingin kredit motor. Selamat mencoba!

Leave your vote

10 points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here