Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Jalankan Bisnis Kopi Arabika Saja!

Peluang Bisnis Kopi Arabika
Ilustrasi Gambar Kopi Arabika, Peluang Bisnis Kopi Arabika (Image: cawenekopi)

Hitput.com – Potensi bisnis kopi dalam beberapa tahun mengalami peningkatan secara drastis. Hal ini diperlihatkan dengan begitu banyaknya coffee shop yang mulai bermunculan. Kondisi ini pun secara khusus memberi peluang besar bagi para pelaku bisnis kopi arabika. Apalagi, kopi arabika merupakan jenis kopi yang banyak disukai oleh para pecinta kopi.

Potensi kesuksesan bisnis kopi ini didasarkan pada peningkatan konsumsi kopi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), konsumsi kopi orang Indonesia pada zaman dulu hanya berada di angka 0,8 kg per kapita. Pada 2017, angka tersebut meningkat menjadi 1,2 kg per kapita. Pada 2018, diperkirakan terjadi peningkatan ke angka 1,4-1,5 kg per kapita.

Baca juga: Kamu Penikmat Kopi? Sudah Coba 3 Varian Kopi Luwak Berikut Ini, Belum?

Kopi arabika dan robusta merupakan jenis kopi yang familier di telinga masyarakat umum. Dari kedua jenis tersebut, menjalankan bisnis kopi arabika bakal lebih menjanjikan. Kopi arabika punya rasa yang lebih mild dibandingkan robusta. Kandungan kafein di dalamnya juga lebih rendah dibandingkan robusta. Sebagai buktinya, 70% komoditas kopi dunia adalah kopi arabika.

Tak cukup sampai di situ saja, jenis kopi arabika yang bisa dijumpai di pasaran pun jumlahnya sangat banyak. Bahkan, di Indonesia, masing-masing tempat punya jenis kopi arabika dengan cita rasa tersendiri, sebagai contoh, kopi arabika Gayo, kopi Kintamani, kopi arabika Java Ijen-Raung, dan lain-lain. Varietas tersebut memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan jenis kopi arabika biasa, karena keunikan rasa yang dimilikinya.

Baca juga: Minum Tiga Cangkir Kopi Dalam Sehari Ternyata Baik Untuk Kesehatan, Ini Studinya!

Peluang Bisnis Kopi Arabika

Setelah melihat begitu tingginya potensi kesuksesan dalam menjalankan bisnis kopi arabika, Anda tinggal memilih jenis usaha yang dijalankan. Sebagai bahan pertimbangan, berikut 3 jenis usaha yang bisa Anda jalankan:

  1. Penyuplai biji kopi

    Opsi bisnis kopi arabika pertama yang bisa Anda pertimbangkan adalah menjadi penyuplai. Caranya cukup sederhana, Anda tinggal memasarkan kopi dalam bentuk biji ataupun bubuk. Biar keuntungan yang didapatkan bisa lebih besar, usahakan untuk memberi secara langsung dari petani.

  2. Menjual kopi cold brew

    Kopi seduh dingin atau cold brew bisa jadi opsi bisnis kopi arabika yang menjanjikan selanjutnya. Kopi ini dibuat tanpa menggunakan air panas. Sebagai gantinya, teknik cold brew dilakukan dengan alat khusus. Keunggulan dari penggunaan teknik ini adalah, kopi dengan rasa yang kuat dan tak terlalu asam.

    How To Make Cold Brew Coffee at Home (Recipe + Tips)

  3. Kedai kopi

    Opsi yang ketiga, Anda bisa memilih menjalankan bisnis kedai kopi yang secara khusus menyajikan kopi arabika dengan berbagai varietas. Bisnis kopi arabika yang satu ini memang memerlukan modal lebih banyak dibandingkan dengan 2 jenis usaha sebelumnya. Namun, potensi keuntungan yang bisa didapatkan juga tak kalah besar.

     

     

    View this post on Instagram

    Kopi memang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari karena memang sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup di jaman sekarang. Baik muda maupun tua pastinya membutuhkan kopi, baik pecinta kopi ataupun hanya sekedar ikut trend saja. Kaum Millenial & Gen-z saat ini memang tidak pernah lepas dari yang namanya kopi. Sekedar berkumpul dengan teman, sahabat maupun keluarga pasti yang dilakukan adalah ngopi. Kopi memang sudah menjadi lahan bisnis yang potensial saat ini, seperti menjamurnya coffee shop diberbagai kota besar maupun kota kecil. Di kota seperti Bogor pun sekarang sudah banyak tersebar coffee shop di berbagai sudut kota tersebut. Ada salah satunya namanya Bikin Kopi. Coffee Shop yang terletak di jalan Achmad Sobana Bogor Utara itu memang sudah menjadi andalan para kaum muda Bogor untuk disinggahi. Tempat yang sangat nyaman tidak hanya sekedar untuk ngopi tapi untuk kerja pun sangat cocok. Yuk, kalau mau ngopi ke @bikin_kopi Bogor aja yaa! . . 🎥 by @adityaerawan_ . . #kopi #bogor #bogohkabogor #hityourstory #hitputcom #hitfoodtravel

    A post shared by Hitputcom (@hitputcom) on

    Itulah 3 peluang bisnis kopi arabika yang bisa Anda jadikan langkah awal menjadi seorang pengusaha sukses. Dari ketiga opsi tersebut, mana yang menjadi pilihan Anda?

Leave your vote

8 points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here