Tips Mengembalikan Motivasi Kerja Pasca Libur Panjang

gambar buku catatan
Ilustrasi gambar by Newspaper

Hitput.com – Libur Lebaran yang panjang baru saja usai. Meski sudah ditambah cuti bersama dan hari libur akhir pekan, selalu saja ada rasa galau ketika hari ini harus berangkat ke kantor untuk bekerja.

Akibatnya, saat liburan berakhir, bukannya rasa rileks yang didapat, namun tekanan akibat memikirkan setumpuk tugas yang menggunung sudah menguasai pikiran.

Jika hal seperti itu terjadi, ketika hari pertama masuk kerja yang seharusnya diisi dengan candaan dan tawa cerita kisah sepanjang liburan, malah berganti dengan kesedihan dan konsentrasi kerja pun menurun dan tidak maksimal.

Agar hal yang seperti itu tidak terjadi, Yuk simak beberapa tips yang bisa menjadi patokan agar kerjaan tak terganggu oleh semangat yang menurun akibat liburan dan pekerjaan pasca-liburan tak menjelma jadi “siksaan”.

Yuk disimak beberapa tips ini seperti dilansir beritagar.id yang mungkin bisa membangkitkan semangat kamu dalam bekerja.

Rencanakan dengan matang kapan pulang

Ketika akan berangkat piknik, orang merencanakan dengan matang segala sesuatunya. Namun, banyak orang yang lupa untuk merencanakan bagaimana mereka akan kembali dari liburan dan bekerja lagi.

Usahakan pilih waktu yang tepat untuk pulang kembali dari liburan, misalkan, waktu iburan kamu diusahakan jangan sampai mepet untuk beraktifitas di hari esoknya. H-2 sebelum memulai aktifitas kerja sangat disarankan agar kalian mempunyai waktu untuk beristirahat dirumah.

Baca juga: Bingung Cara Lolos Interview Kerja? Simak Tips Sukses Berikut Ini!

Kerjakan mulai dari yang mudah terlebih dahulu

Aturlah rencana kerja Anda pada hari pertama dengan teliti. Kerjakan satu per satu sehingga Anda tidak merasa kepayahan pada hari pertama pulang dari liburan.

Ingat, kerjakan mulai dari yang mudah terlebih dahulu. Ibarat mesin, Anda juga memerlukan pemanasan, jangan langsung di “gas”. Kerjakan perlahan agar mood Anda menjadi lebih baik pasca liburan.

Singkirkan hal tidak perlu di meja kerja

Kebanyakan orang membawa barang-barang yang mereka dapat saat liburan dan menyimpannya di meja kerja. Apakah salah dengan itu? Ya, tentu saja, karena akan membangkitkan memori Anda saat liburan dan konsentrasi kerja pun akan buyar. Sebaiknya meja kerja Anda ditaruh barang-barang yang memang dibutuhkan untuk menunjang kerja Anda.

Ingat kembali tujuan karier Anda

Ada orang yang terlena dengan waktu liburan yang panjang. Saat kembali bekerja, ada orang yang ogah-ogahan untuk menyelesaikan tugas. Lupakan sifat suka menunda-nunda pekerjaan dan ingatlah kembali tujuan karir Anda yang sudah di tentukan di awal tahun.

Baca juga: 20 Cara Sederhana Agar Hidup Kamu Lebih Bahagia, Yuk Dicoba!

Jangan membuat keputusan besar

Mood Anda di hari pertama kerja sangat tidak karuan. Oleh karena itu alangkah baiknya untuk tidak mengambil keputusan yang besar. Pasalnya hal tersebut akan memengaruhi semangat Anda di kantor. Hindari konflik dengan pasangan Anda, rekan atau kerabat. Jangan memutuskan untuk tanda tangan kontrak atau langsung menggelar event besar di kantor.

Hal yang Anda butuhkan pada hari pertama kerja setelah liburan adalah melakukan hal-hal kreatif dan jaga kesehatan tubuh Anda.

Jangan tergoda untuk lembur

Saat pekerjaan yang ditinggalkan sudah menumpuk, kita memang ada tanggung jawab yang harus segera diselesaikan. Tapi, jangan sampai kemudian kita mengambil jatah waktu di luar pekerjaan untuk menyelesaikan semua tugas itu. Ingat, masih ada keluarga dan kehidupan di luar sana yang juga menanti untuk mendapatkan perhatian ekstra.

Selesaikan semua di kantor dengan memaksimalkan waktu yang ada. Karena itu, jangan tergoda untuk menyambi pekerjaan dengan yang lain sehingga semua beban kerja segera dapat tertangani dengan baik. Dengan cara ini, diharapkan suasana segar kala liburan tetap terjaga dan tidak mengurangi kualitas hubungan dengan keluarga dan relasi lain di luar jam kerja.

Semoga tips mengembalikan motivasi kerja pasca libur panjang di atas bisa menjadi inspirasi dan penyemangat kamu dalam menjalankan kembali rutinitas sehari-hari dan bisa menjadi pribadi yang positif dan dapat memberikan inspirasi kepada orang lain, karena #InspirasiTiadaHenti

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

Leave a Reply