Spot Terbaik Melihat Sunrise di Jogja yang Harus Kamu Kunjungi

gambar sunrise
Ilustrasi gambar melihat sunrise (Photo by Helena Lopes from Pexels)

Hitput.com – Keindahan dan keunikan kota yogyakarta yang selalu menjadi magnet bagi wisatawan. Keramahan orang-orang disana dan budaya menjadi balutan indah yang unik untuk dilihat. Bukan hanya itu saja, Di Jogja juga menawarkan para wisatawan dan fotografer untuk melihat matahari terbit yang bisa dilihat di beberapa tempat di sana. Berikut ini adalah rekomendasi spot terbaik untuk melihat sunrise di Jogja yang dilansir dari factsofindonesia.com, cekidot!

1. Gunung Merapi

Gunung Merapi memang cukup berbahaya karena ini adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Bahkan, jalur pendakian ke puncak sering ditutup karena bahaya Wedhus gembel, jadi Anda harus puas hanya untuk tiba di Pasar Bubrah. Tapi, keindahannya sungguh luar biasa. Puncak gunung tidak pernah kecewa dalam menghadirkan panorama luar biasa. Saat Anda menikmati matahari terbit di puncak Gunung Merapi, Anda akan takjub akan keindahan alam dan kuasa Tuhan. Dengan menemukan area yang menakjubkan ini, kecantikan akan memesona mata.

Baca juga: Yogyakarta, Tempat Wisata Terbaik di Indonesia. Semua Bisa Kamu Temukan di Sini!

2. Parang Endog Hill

Pantai Parangtritis memang menawarkan pemandangan senja khusus selain dari keindahan pantai. Cobalah untuk mampir ke puncak bukit, yaitu Bukit Parang Endog, Anda akan disuguhkan dengan panorama matahari terbenam yang luar biasa. Bukit Parang Endog biasanya digunakan untuk paralayang. Tapi, hanya duduk-duduk menangkap senja juga tidak dilarang.

Anda akan menemukan keindahan selama Anda berada di puncak bukit, Anda dapat dengan jelas melihat sunrise dan daerah sekitarnya yang menakjubkan. Cocok untuk Anda yang menyukai suasana matahari terbit di awal hari yang indah.

3. Kalibiru

Spot terbaik berikutnya buat melihat Sunrise di Jogja adalah Kalibiru. Di sepanjang area Pegunungan Menoreh, Anda akan menemukan hutan wisata di Desa Kalibiru, Distrik Kokap, Kulon Progo. Siapa sangka, ternyata tempat ini menawarkan pemandangan matahari terbit yang mempesona. Anda dapat naik ke platform kayu kecil yang dibangun di atas pohon pinus. Selain itu, Anda akan menemukan pemandangan yang memukau. Dari kejauhan, ada reservoir Sermo yang dikelilingi oleh perbukitan. Tunggu sampai senja tiba, bukit-bukit di sekitar Waduk Sermo akan membentuk bayangan pemandangan yang menakjubkan. Begitu indahnya keindahan saat matahari terbit datang.

Baca juga: Bakmi Jawa Mbah Mo Khas Jogja yang Melegenda, Udah Cobain Belum?

4. Candi Ratu Boko

Candi Prambanan memang menawarkan matahari terbenam yang mempesona dan pemandangan yang luar biasa. Tapi, Anda akan menemukan keunikan sunset di Candi Ratu Boko. Di tempat ini, senja tampak dibingkai indah oleh siluet arsitektur gerbang kompleks candi yang menjadi ikon Istana Ratu Boko. Sangat indah sehingga Anda akan merasa nyaman dengan suasana yang tenang.

Ketika sunrise pun, akan terasa sangat hangat dan pasti bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan segala keindahan yang bisa kita lihat.

5. Candi Abang

Bentuk Candi Abang cukup unik. Tidak seperti candi pada umumnya. Karena telah ditutupi oleh banyak rumput, candi ini sebenarnya terlihat seperti bukit Teletubbies. Berbeda dengan candi yang pada umumnya, candi ini menggunakan batu bata merah, sehingga disebut Kuil Abang (abang = merah). Candi ini terletak di Dusun Candiabang, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, tempat ini cukup tinggi.

Anda bisa leluasa menikmati senja pagi hari yang muncul di kejauhan, terutama ditemani oleh orang-orang terkasih. Matahari terbit dan terbenam akan terlihat sangat menawan, udara sejuk dan pemandangan di sekitarnya membuat Anda betah berlama-lama.

Itulah rekomendasi spot terbaik melihat sunrise di Jogja yang harus kamu kunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta. Selamat menikmati kawan!

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply