Pesona Keindahan Bukit Tangkeban Pemalang

Bukit Tangkeban Pemalang
Bukit Tangkeban Pemalang. image: @bukittangkeban

Hitput.com – Kalau kita ngomongin kota di Jawa Tengah dengan tempat wisatanya mungkin familiar dengan Kota Lama dan Lawang Sewu Semarang, Posong Temanggung atau Dieng Wonosobo. Ya bisa dibilang kota-kota besar dan tempat wisata hits ajalah yang cukup dikenal. Padahal banyak tempat wisata indah lain yang ada di kota lain di Jawa Tengah, salah satunya bukit tangkeban Pemalang.

Buat liburan di akhir pekan pas banget nih. Bisa me-refresh pikiran setelah weekday sibuk melakukan aktivitas, karena wisata utama di tempat ini adalah pemandangan alam. Ditambah juga dengan background gunung Slamet yang bisa dinikmati dari atas bukit Tangkeban ini.

Tapi perlu diperhatikan jika ingin berkunjung ke bukit Tangkeban harus tetap mematuhi protokol kesehatan ya. Karena mau bagaimanapun pandemi covid-19 belum berakhir.

Lokasi Tempat Wisata Bukit Tangkeban Pemalang

Tempat wisata ini lokasinya di Jl. Bukit Tangkeban, Nyalembang, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Nah, untuk naik ke atas bukit Tangkeban kamu harus mendaki sekitar 100 meter. Ya ngga terlalu jauh banget sih, tapi kalau kamu jarang mendaki jarak 100 meter juga lumayan bikin capek, apalagi jalur yang harus dilewati cukup menantang. Tapi meskipun begitu jalurnya udah safety kok (udah di beton), jadi kamu ngga perlu takut.

Baca Juga: Dataran Tinggi Posong Temanggung, Wisata Alam Indah Kekinian

Spot Indah di Bukit Tangkeban Pemalang

Bukit Tangkeban Pemalang
Bukit Tangkeban Pemalang. image: instagram @bukittangkeban

Kalau bicara soal wisata sekarang maka udah pasti harus ada spot instagramable-nya, begitu juga di tempat wisata bukit Tangkeban Pemalang. Ada banyak sekali spot foto yang instagramable di tempat ini. Salah satu spot yang paling populer adalah taman langit, bahkan spot ini masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) kategori dataran tinggi indah bersama sembilan nominasi lainnya.

Di sana ada jembatan kaca yang mana pemandangan di depannya adalah kemegahan gunung Slamet. Spot foto lainnya ada kerangka besar berbentuk bintang dan juga sayap besar. Ada juga objek rumah terbalik yang bisa kamu gunakan untuk berfoto, ditambah background hijau pepohonan di area bawah bukit.

Bukit Tangkeban Pemalang
Bukit Tangkeban Pemalang. image: instagram @bukittangkeban

Nah, dari atas bukit Tangkeban Pemalang kamu juga bisa menikmati pemandangan sunset dan sunrise di pagi dan petang. Ya asalkan kamu berkunjung ke sana saat cuaca terang, di musim penghujan sekarang tentu kamu harus pintar-pintar mencari waktu yang tepat jika ingin menikmati sunset atau sunrise.

Bukit Tangkeban Pemalang
Bukit Tangkeban Pemalang. image: instagram @bukittangkeban

Kemudian buat kamu yang suka dengan kegiatan yang memicu adrenalin maka harus mencoba flying fox dan juga ATV.

Baca Juga: Keindahan Padang Savana di Bukit Mongkrang Karanganyar

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Bukit Tangkeban buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.30 WIB. Untuk harga tiket masukpun relatif murah, sekitar 10.000 rupiah kamu udah bisa masuk dan menikmati keindahan alam di bukit Tangkeban. Tapi harga tiket masuk ini sewaktu-waktu bisa berubah ya.

Oh iya, untuk biaya parkir sepeda motor RP. 2.000 dan mobil RP. 5.000.

Buat kamu yang ingin camping juga bisa nih, biaya sewa tendanya sekitar 75.000 rupiah permalamnya. Cocok banget kalau kamu mau menikmati suasana bermalam di alam bebas.

Baca Juga: Wisata Kuliner Kekinian Kafe De Kleine Culinary and Camp Malang

Wisata Lain di Sekitar Bukit Tangkeban Pemalang

Kalau berkunjung ke tempat wisata tentu belum lengkap rasanya jika kamu tidak melakukan wisata kuliner, apalagi kalau kamu dari luar kota, pastinya sulit menemukan kuliner dari kota tersebut kalau sudah pulang ke kota asal.

Nah, karena wisata bukit Tangkeban tidak jauh dari pemukiman maka kamu bisa berwisata kuliner di warung makan Lesehan Bu’e yang menyediakan ayam bakar.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai tempat wisata bukit Tangkeban Pemalang. Lokasi yang mudah dijangkau dengan harga tiket masuk yang relatif murah menjadi alternatif liburan di akhir pekan.

Leave your vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here