7 Taman Nasional Terindah di Dunia, Dua Diantaranya dari Indonesia

Jelajah keindahan panorama dan keunikan fenomena alam dunia maupun Indonesia dengan berbagai wisata taman nasional yang akan memanjakan anda dan serasa bersatu dengan alam sekitar.

Taman Nasional Torres del Paine, Chili
Keindahan Taman Nasional Torres del Paine, Chili dengan pemandangan indah pegunungan bersalju (Image: meetjourney.com)

Hitput.com – Taman yang indah merupakan suatu rujukan yang bisa Anda kunjungi saat ingin berkeliling dunia. Pemandangan yang indah dan menakjubkan akan memanjakan mata Anda. Taman nasional terindah di dunia ini bisa menjadi referensi kamu saat liburan nanti.

Berikut ini adalah taman nasional terindah di dunia versi hitputcom yang telah kami rangkum dibawah ini.

1. Taman Nasional Banff, Kanada

Taman Nasional Banff
Taman Nasional Banff – Alberta, Kanada (Image: blog.frameatrip.com)

Taman nasional tertua di Kanada, Taman Nasional Banff juga yang paling indah. Danaunya yang termasuk Danau Louise  terkenal yang menjadi sorotan.

Dengan perairan biru jernih yang sebanding dengan yang ditemukan di Karibia. Ada hiking di musim panas, bermain ski di musim dingin dan perjalanan wisata indah sepanjang tahun, dengan pemandangan satwa liar hampir terjamin.

Anda juga dapat berendam di perairan yang menenangkan di Banff Upper Hot Springs. Jika Anda ingin berbelanja secara Royal, pesan menginap di Fairmont Chateau Lake Louise, yang terletak tepat di danau.

Baca juga: Tanah Lot, Tempat Wisata Bali Penuh Sejarah, Sebelum Kesana Pelajari Dulu Kisahnya!

2. Taman Nasional Doi Inthanon, Thailand

Taman Nasional Doi Inthanon
Taman Nasional Doi Inthanon, Thailand (Image: klook.com)

Foto-foto Taman Nasional Doi Inthanon sudah cukup untuk membuat siapa pun yang ingin berkunjung kesana akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang hijau dan menyejukan mata anda, dan mungkin akan segera melakukan penerbangan ke Thailand.

Tempat ini berada di daerah luar Chiang Mai, Doi Inthanon adalah gunung tertinggi di Thailand, yang memiliki pemandangan lembah di bawahnya. Kunjungan ke taman ini mencakup tur ke kuil-kuil kuno beserta beberapa air terjunnya. Wisata arung jeram pun ada disini.

Baca juga: Mitos Cinta Tempat Wisata Yang Ada di Indonesia, Apa Saja? Simak di Sini!

3. Taman Nasional Mungo, Australia

Taman Nasional Mungo Australia
Taman Nasional Mungo, Australia (Image: www.australia.com)

Taman Nasional Mungo Australia terdiri dari bukit pasir dan danau yang kering. Landmark paling terkenal adalah Walls of China. Ini adalah serangkaian menara bukit pasir yang paling baik dilihat dengan sepeda atau berjalan kaki dengan pemandu.

Anda juga dapat melihat tembok besar dan mendapatkan beberapa foto luar biasa dari Mungo Lookout terutama yang indah saat matahari terbenam. Tersedia juga opsi kabin ditaman dan fasilitas untuk berkemah.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable, Cocok Untuk Para Fotografer

4. Taman Nasional Jim Corbett, India

Taman Nasional Jim Corbett India
Taman Nasional Jim Corbett, India (www.smily.id)

Suaka margasatwa India ynag bernama taman nasional Jim Corbeet, tempat wisata ini adalah tempat margasatwa yang memang dilindungi terutama rumah bagi harimau. Adapun gajah-gajah Asia yang terancam punah juga ada disini.

Ada beberapa zona wisata atau safari di taman, yang dapat Anda jelajahi melalui tour Jeep. Meskipun penampakan harimau tidak dapat terjamin, Anda mungkin akan melihat satwa liar lainnya seperti rusa, buaya, dan berang-berang. Vegetasi yang subur termasuk pohon-pohon berbunga cukup menambah keindahan di taman nasional ini.

Baca juga: Bingung Mau Berlibur Kemana? Wisata Omah Kayu Di Batu Malang Ini Bisa Jadi Pilihanmu

5. Taman Nasional Torres del Paine, Chili

Taman Nasional Torres Del Paine. Pegunungan salju di Amerika Latin
Taman Nasional Torres Del Paine. Pegunungan salju di Amerika Latin (Image: meetjourney.com)

Taman Nasional Torres del Paine adalah tujuan daftar untuk setiap pelancong petualang. Kunjungan ke taman ini di Patagonia Chili membawa pelancong ke dunia gletser biru, danau, dan fjord yang berkilauan serta puncak gunung bergerigi.

Mendaki Circuito W untuk mendapatkan bagian dari semuanya, baik sendiri atau dengan tur yang mencakup makanan dan bantuan dari pemandu. Pilihan akomodasi termasuk hotel, perkemahan, dan bahkan yurt mewah.

Indonesia mempunyai beberapa Taman Nasional yang tidak kalah cantik

Nah, selain Taman nasional yang berada di beberapa negara di atas yang kami sebutkan, ada juga loh taman nasional di Indonesia yang tidak kalah cantik dan indah dengan negara lain di dunia, yang pantas kamu kunjungi ketika liburan dan bahkan mungkin kamu tidak perlu keluar negeri setelah merasakan indahnya pemandangan taman nasional di Indonesia. Yuk, simak dua diantara taman nasional terindah di dunia yang ada di Indonesia, dilansir dari buku “Pariwisata Alam 54 Taman Nasional Indonesia” yang diterbitkan oleh Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

6. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung Barat

Eksotisme Air Terjun Sepapa Kanan dan Sepapa Kiri di TNBBS
Eksotisme Air Terjun Sepapa Kanan dan Sepapa Kiri di TNBBS (Image: malahayati.ac.id)

Terletak di ujung selatan rangkaian pegunungan Bukit Barisan, kawasan konservasi ini menjadi rumah bagi spesies mamalia besar Sumatera. Di rimba raya taman nasional hidup Harimau Sumatera, Gajah sumatera dan Badak Sumatera.

Kehidupan mamalia besar itu dilengkapi fenomena vulkanik Pulau Sumatera yang terpendam di Sukamarga, Suoh, Lampung Barat. Di daratan yang cekung di Suoh itu, terhampar danau-danau vulkanik dan aktifitas panas bumi yang selalu mengepulkan asap putih.

Selain itu, air terjun Sepapa Kiri dan Sepapa Kanan di Kubu Perahu dapan menjadi pilihan untuk menyegarkan jiwa. Di kawasan ini dapat dinikmati pemandangan indah strata tajuk hutan hujan pegunungan yang masih asli, sejuk dan segar.

Baca juga: Mau Ketemu dan Lihat Langsung Ikan Nemo? Wisata Taman Nemo Lampung Pahawang Tempatnya!

Menyusuri hutan sembari mengamati aneka tumbuhan yang hidup liar menjadi aktifitas yang menarik. Di taman nasional ini Raflesia Arnoldii, yang biasanya mekar di permukaan tanah, pernah merekah dengan bertengger pada liana, di ketinggian 3 – 4 meter.

Raflesia arnoldii
Raflesia arnoldii yang bertengger di batang liana (Image: www.eviindrawanto.com)

Total luas area di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini adalah 374.080,75 Ha. untuk musim kunjungan terbaik adalah di bulan Januari – Mei (ketika Raflesia sedang mekar).

7. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, NTT

Taman nasional laiwangi wanggameti Sumba NTT
Keindahan alam Taman Nasional wanggameti, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (Image: triptrus.com)

Iklim, budaya, dan hutan telah membentuk bentang alam Laiwangi Wanggameti. Sejauh pandangan mata, membentang perbukitan hingga batas cakrawala. Saat kemarau panjang, selama April hingga November, musim kering membentuk bentang alam Sumba. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti yang tertutup tajuk rapat terluas di Sumba menyimpan cadangan air yang sangat diperlukan masyarakat setempat.

Pada hutan pula masyarakat menyandarkan tradisi urata pogo wasu. Upacara sakral ini untuk menentukan pohon yang akan ditebang. Kearifan lokal yang masih terjaga ini menjadi salah satu bukti pengahargaan masyarakat Sumba kepada alam. Budaya lokal ini berpadu dengan taman nasional yang berada di sisi timur Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Tempat Wisata di Indonesia Yang Bagus dan Murah

Di dalam taman nasional terdapat Wanggameti (titik daratan tertinggi di Sumba). Pada ketinggian 800 mdpl, aneka tanaman tumbuh semarak seperti, Jambu Hutan, Pulai, Tasuk, Beringin, Kenari, Melinjo, dan Pandan.

Keberagaman avifauna membuat Taman Nasional Laiwangi Wanggameti tersohor di kalangan para pecinta burung. Taman ini rumah bagi 215 jenis burung. Para pengamat burung bisa menambah daftar jenis dengan delapan jenis burung endemik Sumba. Ada Julang Sumba, ada Pungguk Wengi, Punai Sumba, Walik rawa manu, dan Kakatua jambul jingga.

burung kakatua jambul jingga sumba
Keberadaan burung berbulu putih atau kakatua jambul jingga ini sangat melekat dengan kehidupan masyarakat Sumba (Image: blog.sebumi.id)

Jelajah Laiwangi Wanggameti makin sempurna dengan jejak-jejak megalitikum yang masih terjaga baik. Bebatuan kuno itu dengan mudah dapat dijumpai di sudut-sudut Sumba. Kepercayaan Merapu, rumah arwah nenek moyang Uma dengan atap yang menjulang tinggi menjadi pelengkap petualangan.

Total luas area taman nasional ini adalah 47.014 Ha. Untuk musim kunjungan terbaik di bulan Maret – Juni dan Oktober – Desember.

Itulah ulasan 7 taman nasional terindah di dunia yang bisa kamu kunjungi bila musim liburan tiba. Ingat, jangan pernah tinggalkan jejak yang tidak baik seperti membuang sampah sembarangan atau melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan budaya dari tempat wisata tersebut. Semoga informasi mengenai taman nasional dunia ini membantu ya, Selamat liburan kawan!

Leave your vote

10 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply