Cara Memakai Jilbab Segi Empat yang Modis dan Kekinian, Pasti Nyaman!

Cara memakai jilbab segi empat
Cara memakai jilbab segi empat modis dan kekinian (Image: Pexels.com/ Credit Photo: Danang Wicaksono)

Hitput.com – Jilbab segi empat ini merupakan jenis hijab yang sering digunakan sehari-hari karena simple dan nyaman ketika dipakai sehari-hari.

Bagi wanita muslimah, menggunakan hijab merupakan salah satu kewajiban. Seiring berkembangnya zaman, mulai dari model hingga pada cara pemakaiannya pun sudah sedemikian bervariasi.

Rata-rata wanita muslimah menggunakan hijab untuk ingin tampil sederhana namun tetap stylish, namun tak sedikit wanita yang belum mengetahui cara memakai jilbab segi empat dengan simple namun tetap terlihat modis dan kekinian tentunya.

Dibawah ini akan dijabarkan beberapa cara memakai hijab segi empat, agar tetap bisa tampil cantik dan sederhana namun tetap terlihat modis dan kekinian.

 Cara pertama

  1. Langkah pertama, Pasang kerudung segi empat anda dikepala yang sudah dipakaikan ciput jilbab, ciput bertujuan agar jilbab tidak bergerak kemana-mana dan rambut tidak terlihat.
  2. Langkah kedua, Pastikan kain jilbab yang sisi sebelah kanan lebih panjang dari sisi yang sebelah kiri, hal ini bertujuan agar kain yang disebelah kanan tidak kekurangan saat proses pemakaian.
  3. Langkah ketiga, Sematkan jarum ditepi kedua telinga dengan jarum pentul, kemudian sematkan ujung jilbab yang kiri dibagian atas dengan jarum pentul.
  4. Kemudian, Ambil sisi jilbab yang dibagian kanan lalu tarik ujung dalamnya sampai menyilang ke telinga kiri
  5. Lalu, Teruskan menarik sisi yang sudah ditelinga kiri hingga sampai ke telinga kanan
  6. Langkah terakhir yaitu menjarumi kain jilbab yang tersisa menggunakan jarum sehingga menyatu dengan ciput yang telah dipakai, selesai.

Baca juga: Lebih Simpel, Inilah Gaya Kerudung Voal yang Lagi Tren

Cara kedua yang bisa diterapkan selain cara diatas, anda dapat mencoba cara ini:

Cara kedua

  1. Langkah pertama, siapakan jilbab segi empat yang akan anda kenakan beserta ciput dan juga jarum secukupnya. Usahakan jarum dan ciput sesuai dengan warna jilbab segi empat yang akan digunakan, baik motif, warna maupun bahannya.
  2. Langkah kedua yaitu kenakan jilbab segi empat diatas kepala, buatlah sisi kanan dan kirinya tampat sejajar atau sama panjang.
  3. Langkah ketiga, jarumi sisi jilbab segi empat yang berada di dagu atau dibawah permukaan wajah anda menggunakan jarum pentul atau peniti yang sudah disiapkan.
  4. Langkah keempat, rapihkan bagian kening jilbab segi empat yang anda kenakan agar jilbab terlihat rapih.
  5. Langkah selanjutnya yaitu tarik salah satu ujung kain jilbab segi empat kepada arah yang berlawanan (kanan ke kiri) kemudian sampirkan ke bagian dibawah telinga didekat dagu.
  6. Langkah terakhir yaitu mempercantik tampilan jilbab segi empat dengan menambahkan aksesoris berupa bross jilbab yang sesuai dengan warna jilbabnya (agar warna tidak mati), selesai.

Baca juga: Cantiknya Tampil dengan Kaftan di Hari Raya Lebaran dengan Model Kekinian

Cara ketiga yang bisa diaplikasikan dalam cara memakai jilbab segi empat, yaitu:

Cara ketiga

  1. Pakailah ciput/inner jilbab terlebih dahulu sebelum menggunakan jilbab segi empat. Hal tersebut bertujuan agar jilbab tetap terlihat rapih tanpa banyak pergeseran.
  2. Lipat jilbab segi empat membentuk segi tiga, lalu letakkan jilbab diatas kepala anda, lalu jarumi kedua sisinya menggunakan jarum pentul.
  3. Samakan anatara sisi kanan dan sisi kirinya, kemudian tarik sisi kanan jilbab menuju pundak kiri, lalu sematkan jarum, begitupun sebaliknya
  4. Untuk mempercantik pemakaian jilbab segi empat, Gunakan bross jilbab yang menarik menurut anda, selesai.

Demikianlah cara memakai jilbab segi empat yang dapat anda jadikan referensi dalam mengkreasikan kerudung anda supaya lebih modis. Tidak hanya untuk berpesta saja, cara tersebut anda anda gunakan ketika bepergian ke tempat-tempat formal.

Semoga informasi ini membantu anda. Tuntutan zaman yang semakin berkembang tentu akan membuat fashion anda lebih trendy tanpa menghilangkan adab yang baik.

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Leave a Reply