Menu Takjil Buka Puasa yang Sebaiknya dihindari Demi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Foto makanan full di atas meja makan
Ilustrasi Foto makanan full di atas meja makan (Image: Freepik)

Hitput.comBulan ramadhan sudah tentu menjadi bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh para muslim di berbagai dunia. Selain ibadah, bulan ini memiliki banyak hal-hal menarik yang tidak dapat ditemukan di bulan-bulan sebelumnya, salah satunya berbagai menu makanan yang tersaji di pasar-pasar menjelang berbuka.

Dari yang sederhana hingga hidangan berat selalu tersaji bagi para pembeli yang ingin memanjakan perutnya setelah berpuasa. Namun ada berbagai menu takjil buka puasa yang sebaiknya dihindari demi kesehatan tubuh anda.

Ingin tahu apa saja menu makanan yang sebaiknya anda hindari untuk berbuka? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: 5 Resep Makanan Sahur Praktis yang Bisa Kalian Masak, Cepat dan Enak!

1. Santan

Makanan bersantan tentu menjadi ciri khas masakan indonesia dengan rempah-rempah yang melimpah. Namun masakan-masakan bersantan tidak baik untuk lambung, terlebih untuk anda yang menahan tidak makan dan minum selama 12 jam.

2. Gorengan

menu gorengan untuk berbuka puasa
Macam-macam menu gorengan untuk berbuka puasa (Image: tandapagar.com)

Banyak menu masakan berbuka yang identik dengan hal-hal yang berminyak. Meskipun tidak berbahaya, namun mengonsumsinya sebagai menu berbuka tentu berakibat buruk pada kesehatan.

Tubuh memerlukan asupan mineral yang banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang telah terbuang selama berpuasa. Maka dengan memasukkan gorengan sebagai menu berbuka akan membuat tubuh anda lemas dan mudah lelah.

Baca juga: Jenis-jenis Fobia Pada Makanan, Kamu Termasuk yang Mana?

3. Karbohidrat berlebih

Anda mungkin berkeyakinan untuk memakan banyak jenis menu yang berbeda ketika berbuka puasa. Hal ini bisa menjadi salah karena dengan memakan banyak karbohidrat akan berakibat melemahnya energi.

Anda akan merasa lelah dan berat untuk melakukan segala sesuatu. Tidak hanya itu, perut anda akan merasa begah atau kembung.

4. Masakan pedas

Meskipun makanan pedas merupakan menu favorit masyarakat Indonesia, namun mengonsumsinya sebagai menu pokok saat berbuka tidak baik untuk pencernaan anda. Perlu anda ketahui bahwa lambung anda tidak menerima asupan makanan dan minuman selama 12 jam, maka ketika makanan pedas terkonsumsi oleh pencernaan anda, akan memunculkan sedikit masalah. Hal ini biasanya ditandai dengan sakit perut hingga sakit tenggorokan.

Maka ada baiknya anda kurangi masakan pedas hadir dalam menu berbuka anda. Anda dapat menggantinya dengan menu-menu sederhana yang tentu lezat dan menyehatkan.

5. Es

Cara membuat Raspberry
Raspberry Ice Beverage (Image: Pexels.com)

Menu makanan yang dicampur dengan es sungguh terasa nikmat di tenggorokan. Namun tahukah anda jika mengonsumsi makanan dingin karena es akan membuat lambung anda terasa penuh, maka ada baiknya anda mulai mengonsumsi makanan-makanan yang hangat terlebih dahulu.

Sensasi dingin yang diberikan oleh es akan membuat pencernaan anda kebas dalam waktu yang lama. Selain itu perut anda akan mudah kembung. Anda tentu tidak nyaman dengan kondisi seperti ini bukan?

Baca juga: Melon Bingsu, Salah Satu Menu Pilihan Untuk Buka Puasa

Selain apa yang tersebut di atas, tahukah kalau mengonsumsi makanan manis untuk pembukaan berbuka Anda juga hal yang salah? Padahal risiko jika berbuka dengan cara tersebut adalah diabetes. Bayangkan, seharian kita tidak mengonsumsi apapun, lalu tiba-tiba dimasuki makanan manis, yang nanti membuat gula darah kita naik secara drastis.

Memang, berbuka itu harus diawali dengan makanan manis. Tapi caranya salah jika makanan manis yang Anda maksud di sini bukanlah buah kurma. Konsumsilah makanan manis setelah perut Anda terisi oleh makanan berat. Setelah itu, baru Anda bisa mengonsumsi makanan manis. Intinya, jangan bikin gula darah Anda kaget!

Baca juga: Resep Kue Bolu Panggang Lembut Sederhana, Cemilan Santai Bareng Keluarga

Dalam beberapa kesempatan, anda dapat memilih 1 atau 2 kurma sebagai menu pertama yang anda konsumsi dalam berbuka. 1 buah kurma cukup untuk memulihkan energi anda, setelah itu barulah anda konsumsi makanan lainnya.

Anda tentu sudah mengetahui menu buka puasa yang sebaiknya dihindari seperti ulasan diatas. Oleh karena itu ada baiknya anda tidak terlalu sering mengonsumsi makanan-makanan tersebut sebagai menu berbuka.

Demikianlah informasi mengenai menu makanan yang sebaiknya dihindari sebagai makanan pembuka saat buka puasa yang dapat anda jadikan bahan bacaan yang ringan tetapi bermanfaat. Dengan mengonsumsi menu makanan yang tepat dan sehat akan membantu ibadah anda lebih optimal. Anda tidak akan mudah merasa lemas sehingga kesempatan memperoleh pahala akan jauh lebih besar.

Selamat menjalankan ibadah puasa ya kawan..

Leave your vote

6 points
Upvote Downvote

Leave a Reply