Doa Khatam Al-Qur’an dan Keutamaannya

Doa Khatam Al-Qur'an
Doa Khatam Al-Qur’an dan Keutamaannya. image: pexels.com

Hitput.com – Jika di artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai cara khatam Al-qur’an satu kali, dua kali, tiga kali, dan seterusnya dalam sebulan. Di artikel ini akan dibahas mengenai do’a khatam Al-qur’an.

Pada saat keadaan normal (tidak pandemi covid-19 seperti sekarang) maka seseorang yang akan mengkhatamkan Al-Qur’an, terutama di bulan suci Ramadhan, sebagai bulan mulia, bulan diturunkannya Al-Qur’an dianjurkan untuk mengundang keluarga, sanak saudara, tetangga, ataupun para sahabatnya untuk ikut berdo’a bersama-sama berharap atas limpahan karunia Allah SWT melalui keberkahan dari khatam Al-Qur’an.

Keutamaan Do’a Khatam Al-Qur’an

Dikutip dari laman islam.nu.or.id. Terdapat hadits yang meriwayatkan bahwa di antara waktu terijabahnya do’a adalah ketika mengkhatamkan Al-Qur’an. Di antaranya disebutkan dalam hadits yang menjelaskan tentang keistimewaan berdo’a ketika mengkhatamkan Al-Qur’an, yang artinya sebagai berikut:

“Apabila dikhatamkan Al-Qur’an, maka turunlah rahmat Allah SWT.” (H.R. At-Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Mujahid).
Dalam hadits lain, hadits yang diriwayatkan oleh Ad-Darimy, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:
“Barang siapa telah membaca Al-Qur’an (khatam) kemudian dia berdo’a, maka ada 4.000 (empat ribu malaikat) yang mengaminkan do’anya.” (H.R. Ad-Darimy).

Terdapat juga hadist lainnya yang menjelaskan mengenai keistimewaan khatam Al-qur’an. Bahkan ini lebih dahsyat lagi, keistimewaan dari berdo’a ketika khatam Al-Qur’an diungkapkan juga dalam hadits riwayat Ad-Dailamy, yang artinya:

“Apabila seorang hamba telah mengkhatamkan Al-Qur’an, maka akan hadir 60.000 (enam puluh ribu malaikat) yang membacakan istighfar untuknya saat khatam Al-Qur’an tersebut.” (H.R. Ad-Dailamy).
Baca Juga: Cara Khatam Al-qur’an di Bulan Ramadhan

Do’a Khatam Al-qur’an

Adapun do’a yang sering diucapkan saat khatam Al-qur’an adalah do’a berikut:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allahummarhamni bil quran. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohman. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aaa-allaili wa’atrofannahaar waj’alhu lii hujatan yaa rabbal ‘alamin.

Artinya:

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-qur’an. Jadikan lah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkan aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan Semesta Alam.”

Do’a khatam Al-qur’an tersebut merupakan do’a yang bisa kamu baca setelah selesai membaca Al-qur’an, meskipun belum mengkhatamkannya. Dengan memahami bagaimana sunnah dan do’a khatam Al-qur’an ini semoga bisa membantu kamu memaksimalkan ibadah utamanya dalam hal membaca Al-qur’an.

Baca Juga: Memuliakan Bulan Yang Paling Mulia, Ramadhan

Sebenarnya pada mushaf Al-qur’an sendiri biasanya di lembar-lembar akhir terdapat do’a yang dianjurkan untuk dibaca saat khatam Al-qur’an. Namun, do’a di atas merupakan do’a khatam atau do’a selesai membaca Al-qur’an yang paling sering dibaca.

Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing dengan lantunan do’a tersebut, karena kalimatnya tidak begitu panjang maka lebih mudah dalam menghafal.

Pada lembaga pendidikan seperti Raudhatul Athfal (RA) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI), untuk lebih memudahkan lagi biasanya berdo’a dengan melantunkannya agar anak-anak lebih mudah lagi menghafalnya.

Itulah pembahasan singkat mengenai do’a khatam Al-qur’an beserta keutamaan-keutamaan yang didapat dari mengkhatamkan Al-qur’an. Bagaimana? Sudah berapa Juz bacaan Al-qur’an kamu? Ayo Semangat!

Leave your vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here