Cara Khatam Al-qur’an di Bulan Ramadhan

Cara Khatam Al-qur’an di Bulan Ramadhan
Cara Khatam Al-qur’an di Bulan Ramadhan. image: pexels.com

Hitput.com – Bulan Ramadhan atau bulan puasa memang menjadi salah satu bulan yang mulia terutama bagi umat Islam. Selain perintah ibadah puasa, bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan Nuzulul Qur’an atau bulan turunnya Al-qur’an.

Tentu di bulan yang mulia ini tidak ingin melewatkan khatam Al-qur’an. Ya, setidaknya bisa khatam satu kali, jika bisa lebih tentu semakin bagus. Nah, pada kesempatan kali ini hitput.com ingin berbagi tips cara khatam Al-qur’an di bulan Ramadhan.

Cara Khatam Al-qur’an sekali di Bulan Ramadhan

Membaca Al-qur’an sebanyak 10 lembar setiap harinya. Tentu bukan hal yang terlalu memberatkan bukan? Tapi jika sekali baca 10 lembar cukup berat juga. Tenang, caranya kamu bisa membagi menjadi lima waktu, ya mengikuti waktu sholat wajib.

Rumusnya 2+2+2+2+2. Berikut lebih rincinya:

  • Sebelum atau sesudah sholat Shubuh 2 lembar;
  • Sebelum atau sesudah sholat Dzuhur 2 lembar;
  • Sesudah atau sebelum sholat Ashar 2 lembar;
  • Sebelum atau sesudah sholat Maghrib 2 lembar;
  • Sebelum atau sesudah sholat Isya 2 lembar.
Baca Juga: 7 Tips Agar Puasa Lancar dan Segar Sepanjang Hari

Cara Khatam Al-qur’an Separuh Ramadhan (Khatam dua kali bulan Ramadhan)

Konsepnya kurang lebih sama seperti di atas, hanya saja kelipatannya yakni membaca Al-qur’an sebanyak 20 lembar setiap harinya. Wah, buat yang belum terbiasa berat banget sekali baca Al-qur’an sampai 20 lembar. Caranya sama seperti di atas, kamu bisa membagi menjadi lima waktu, ya seperti sholat wajib.

Rumusnya 4+4+4+4+4. Berikut lebih rincinya:

  • Sebelum sholat Shubuh 2 lembar dan sesudah sholat Subuh 2 lembar;
  • Sebelum sholat Dzuhur 2 lembar dan sesudah sholat Dzuhur 2 lembar;
  • Sesudah sholat Ashar 2 lembar dan sebelum sholat Ashar 2 lembar;
  • Sebelum sholat Maghrib 4 lembar;
  • Sebelum sholat Isya 2 lembar dan sesudah sholat Isya atau sholat Tarawih 2 lembar.

Sebenarnya waktu yang paling ideal untuk membaca Al-qur’an dalam jumlah banyak adalah setelah sholat Tarawih. Nah, kamu bisa mengatur misal setelah sholat Tarawih 4 lembar, 6 lembar, atau 8 lembar. Intinya dalam satu hari bisa menyelesaikan 20 lembar atau 2 juz tilawah Al-qur’annya.

Selain membaca Al-qur’an sebelum dan setelah sholat wajib. Kamu juga bisa membagi lagi, misal setelah sholat Tahajud dan sholat Dhuha. Di Bulan Ramadhan ini sholat malam akan lebih mudah dilaksanakan karena kita akan bangun malam untuk makan sahur.

Nah, setelah makan sahur kamu istirahat sebentar (duduk jangan tidur) dan setelah itu melakukan sholat malam, dan sembari menunggu waktu Shubuh bisa membaca Al-qur’an.

*Jika ingin khatam 3 kali di bulan Ramadhan maka rumusnya 6 lembar sebelum atau sesudah sholat wajib. Jika ingin khatam 4 kali berarti 8 lembar dan seterusnya.

Baca Juga: Tips Sahur Sehat dan Benar Agar Tubuh Anda Tidak Cepat Lemas Saat Puasa

Cara Agar Jadwal Membaca Al-qur’an Berjalan Lancar

  • Bijak Dalam Menggunakan Smartphone

Saat ini salah satu yang menjadi penyebab terganggunya kegiatan adalah terlalu asyik bermain gadget atau smartphone. Ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat jadwal tilawah Al-qur’an kamu terganggu. Maka dari itu, saat kamu sedang membaca Al-qur’an, usahakan notifikasi handphone dimatikan.

  • Rasa Kantuk yang Begitu Berat

Permasalahan kedua saat membaca Al-qur’an adalah menahan rasa kantuk yang begitu berat. Jika datang rasa kantuk maka kamu bisa mencoba dua cara yaitu;

  1. Menghilangkan kantuk dengan cara berwudhu atau melakukan aktivitas ringan lainnya;
  2. Kedua, mau tidak mau kamu harus istirahat terlebih dulu. Tidur sampai rasa kantuk itu hilang, dan saat kamu sudah merasa segar harus bisa berkomitmen menyelesaikan bacaan Al-qur’an sesuai yang dijadwalkan.

Oke, itulah tips cara khatam Al-qur’an di bulan Ramadhan. Yang paling penting lagi kamu harus melakukan aksinya. Akan percuma jika kamu membuat jadwal sedemikian rupa tapi tidak segera melakukan aksinya. Selamat membaca Al-qur’an 🙂

Leave your vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here