Memuliakan Bulan Yang Paling Mulia, Ramadhan

marhaban-ya-ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di dunia. Kenapa bisa jadi bulan yang dinanti-nantikan? padahal di bulan ini seluruh umat Islam wajib melakukan shaum (puasa) selama sebulan penuh.

Shaum atau puasa adalah dilarangnya  makan dan minum dari shubuh menyingsing sampai magrib menjemput. Kecuali untuk beberapa orang yang dalam kriteria tertentu, tidak diwajibkan atau bahkan dilarang untuk berpusa, seperti wanita haid, ibu hamil dan menyusui (karena khawatir akan mengurangi asupan gizi buat si bayi) dan orang tua yang telah sakit sehingga tidak sanggup untuk berpuasa, namun untuk mereka yang tidak puasa di bulan Ramadhan tetap harus mengganti puasa mereka di lain hari atau membayar fidyah bagi orang yang sudah tidak memungkinkan untuk berpuasa.

Jadi kenapa Ramadhan sangat spesial? Karena bulan ini adalah ladang pahala bagi umat muslim yang ingin memanen pahala yang berlimpah. Dimana dibulan ini semua kebaikan yang kita lakukan akan dikali-lipatkan pahalanya oleh Allah SWT. Ladang pahala yang terjadi di bulan Ramadhan bisa dilihat dari puasa yang dilakukan sepanjang hari oleh seluruh umat islam, dimana pada bulan-bulan lain apabila berpuasa hanya mendapatkan cap sunah (yang berarti mendapat pahala bila dikerjakan namun tidak berdosa bila tidak dilakukan) dan di bulan ini meningkat menjadi label wajib (yang berarti mendapat pahala bila dilakukan dan berdosa bagi mereka yang meninggalkannya).

Puasa merupakan salah satu cara untuk melatih kesabaran, karena tidak hanya menahan diri dari rasa lapar dan haus tapi juga menahan diri dari hawa nafsu. Menahan hawa nafsu disini bisa diartikan menjaga emosi supaya tidak berlebihan.  Mungkin yang suka marah-marah bisa dikontrol amarahnya, yang suka ghibah distop dulu ngomongin orangnya, yang suka berkelakuan negatif dikurangin dulu yuk, perbanyak kegiatan positif, masa ladang pahalanya bukan di panen tapi malah dirusak oleh kegiatan negatif.

Hanya dibulan ini orang-orang yang jarang atau tidak pernah melakukan sholat sunah malam pun berbondong-bondong memenuhi masjid dan musholah untuk melakukan sholat sunah, tidak tanggung-tanggung mereka melakukan sholat sebanyak 8 atau 20 rakaat sekaligus. Yaitu shalat terawih yang hanya dilakukan pada bulan Ramadhan. Subhanallah kan peningkatan iman dan ladang pahala yang hanya terjadi di bulan Ramadhan

Mungkin juga tidak sedikit orang yang jarang tilawah Al Quran di hari biasa, dan mereka jadi rajin membaca Al Quran selama bulan Ramadhan, bahkan tidak sedikit juga yang menargetkan khatam Quran selama bulan Ramadhan denga misi 1 day 1 Juz. Masya Allah, kenapa bisa? Karena selain ladang pahala bulan Ramadhan juga ajang perlombaan, perlombaan mengumpulkan pahala, perlombaan memperbanyak amal baik dan juga perlombaan untuk memperbaiki diri.

Selain itu hanya dibulan Ramadhan tepatnya pada sepertiga malam terakhir bulan Ramadhan terdapat malam yang lebih baik dari malam seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Malam diturunkannya Al Quran atau biasa disebut Nuzulul Quran. Keistimewaan malam ini disebutkan dalam surah Al-Qadr bahwa pada malam itu lebih mulia dari malam seribu bulan, dimana pada malam itu malaikat-malaikat diturunkan ke bumi. Sayangnya tidak ada yang tahu kapan pastinya malam ini terjadi, sehingga banyak orang yang melakukan i’tikaf selama sepuluh hari terakhir dibulan Ramadhan hanya untuk berharap mendapatkan malam kemuliaan tersebut.

Selain bulan yang Mulia, Ramadhan juga merupakan ajang perlombaan menuju kemenangan. Karena pada penghujung bulan Ramadhan, setelah bulan Ramadhan berakhir lebih tepatnya pada pada 1 syawal (tahun komariyah) merupakan hari raya bagi seluruh umat Islam di dunia yang biasa kita sebut dengan lebaran. Hari kemenangan bagi seluruh umat muslim, karena pada hari itu kita berhasil mengalahkan hawa nafsu selama sebulan, pada hari itu kita berhasil menang mengalahkan setan pada diri kita sendiri. Dan pada hari itu semua umat muslim bersuka cita, karena pada hari itu adalah hari yang fitri, dimana semua dosa akan dihapuskan dan kita kembali menjadi manusia yang suci, hadiah terindah bagi para pemenang bukan?

Jadi manfaatkan bulan Ramadhan yang spesial ini sebaik mungkin, karena kita hanya akan bertemu dengan dia setahun sekali dan tidak ada jaminan kalau kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu di Ramadhan selanjutnya. Semoga amal ibadah kita dan semua ampunan di terima Allah SWT. Amin ya Rabbal alamin.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!