Hi Mom’s, Sejauh Mana Kamu Mengenal Hamil Anggur?

PHOTO: freepik.com
PHOTO: freepik.com

Hi Mom’s, kali ini kami akan membahas apa itu hamil anggur, dan bagaimana ciri, penyebabnya dan penanganannya.

Seperti dikutip via boykepedia , hamil anggur diistilahkan dalam medis sebagai Mola hidatidosa, kondisi kehamilan yang tidak normal dimana sel yang dibuahi gagal membentuk janin, namun membentuk jaringan tumor jinak dalam rahim.

Apa Penyebabnya?

Diketahui hamil anggur disebabkan oleh kesalahan genetika dalam sel sperma ataupun sel telur, sehingga menjadikan sel telur tidak berkembang menjadi janin.

Baca Juga:

Beberapa kemungkinan yang juga bisa menjadi risiko terjadinya hamil anggur ialah umur, riwayat keguguran, dan kekurangan karoten.

Ingat, umur wanita 35 tahun lebih berisiko mengalami hamil anggur ketimbang wanita di bawah 35 tahun.

Apa Tandanya?

Ada beberapa ciri yang bisa menandakan terjadinya hamil anggur, diantaranya:

  • PendarahanWanita yang hamil anggur biasanya mengalami pendarahan saat hamil.

  • Mual dan Muntah. Hal ini menjadi ciri dari hamil normal, namun jika pada wanita yang hamil anggur akan lebih sering mengalami mual dan muntah.

  • Hipertiroidisme. Merupakan gangguan psikologis. Hal ini juga terjadi pada kehamilan normal, namun pada hamil anggur akan lebih kuat.

  • Perkembangan Rahim. Pertumbuhan rahim akan lebih cepat ketimbang pada kehamilan normal.

  • Keputihan. Wanita yang mengalami hamil anggur akan mengalami keputihan yang lebih kental dari yang hamil normal.

  • Janin. pada wanita hamil normal pada awal hamil memang belum dijumpai adanya gerakan janin dan detak jantung akan terasa setelah beberapa minggu. Namun pada hamil anggur anda tidak akan merasakan gerakan janin dan detak jantung karena memang tidak ada janin yang tumbuh dalam rahim.

Bagaimana Mengetahui Hamil Anggur?

Bisa dengan melakukan tes darah untuk mengetahui kadar hormon yang cenderung tinggi. USG juga menjadi salah satu cara. USG pada panggul untuk mengetahui bentuk janin dan detak jantung.

Bagaimana Menanganinya?

Untuk mencegah komplikasi, dokter akan menyarankan kamu untuk segera mendapat penanganan dokter, jika kamu positif didiagnosis mengalami hamil anggur. Operasi pengangkatan jaringan abnormal (kuret) pada hamil anggur merupakan metode penanganan utama yang umumnya disarankan.

Agregasi: boykepedia.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here