4 Kesalahan Makan Malam yang Membuatmu Tidak Sehat, Jangan Dilakukan Ya!

4 Kesalahan Makan Malam yang Membuatmu Tidak Sehat
4 Kesalahan Makan Malam yang Membuatmu Tidak Sehat (image: iStock)

Hitput.com – Apakah kamu ingin menurunkan berat badan atau hidup lebih sehat? Jika iya, makan malam kamu memainkan peran penting untuk hal ini. Sayangnya, selalu ada kesalahan makan malam yang membuatmu sulit untuk mencapai tujuan pribadi. Nah, kita kasih tahu kamu apa yang mungkin kamu lakukan saat makan malam salah dan bagaimana kamu dapat menghindari kesalahan yang sama untuk lain waktu.

1. TIDAK MERENCANAKAN SEBELUMNYA

Hindari makan malam di luar lebih dari satu kali dalam tiap minggunya, kamu perlu tahu bahwa makanan di restoran cenderung mengandung lebih banyak lemak, garam dan gula. Selain daripada itu, keseringan makan malam di luar juga berdampak bagi “kesehatan” dompet kamu.

Solusinya : Luangkan waktu untuk membuat makan malam sendiri, kamu bisa mengatur asupan gizi yang cukup, jika membuat makan malam sendiri.

2. MEMANJAKAN DIRI DENGAN HIDANGAN PENUTUP YANG MANIS

Tahukah kamu kalau gula berpengaruh pada kualitas tidur secara negatif ? Apakah kamu mengambil banyak gula untuk tubuh?

Yang pertama mengarah pada peningkatan kadar gula darah, yang kemudian turun secara drastis di malam hari dan bisa membangunkan kamu, bahkan jika kamu tidak terbangun, kamu akan sulit mendapatkan “fase tidur nyenyak” dan merasa lelah pada saat bangun di hari berikutnya.

Solusinya: Jika kamu ingin makan makanan manis, kamu bisa memuaskannya denganĀ  makanan manis yang punya kadar gula sedikit. Misalnya, sepotong cokelat hitam.

Baca Juga : Menikmati Sensasi Unik Bersantap di Rooftop at Bulungan

3. MAKAN MAKANAN BESAR DI MALAM HARI

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, akan sangat membantu untuk makan makanan yang lebih besar di siang hari. Sebuah studi dengan para wanita menunjukkan bahwa, dengan jumlah makanan yang sama, para wanita yang makan lebih banyak saat makan siang dapat menurunkan berat badan lebih mudah daripada mereka yang mengkonsumsi lebih banyak di malam hari.

Makan lebih awal di hari itu akan menghasilkan perubahan hormon yang akan membuat kamu merasa lebih kenyang lebih lama. Ini mengurangi risiko makan berlebihan .

Solusinya : Usahakan makan malam kamu lebih sedikit dan tambahkan beberapa kalori ekstra untuk sarapan atau makan siang

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Air Kelapa yang Perlu Anda Tahu, Disimak ya!

4. MAKAN MALAM SAMBIL MENONTON TV

Makan sambil menonton TV memang seru, tapi kamu harus tau, makan malam sambilĀ  menonton TV dapat membuat berat badan kamu naik lebih cepat, alasannya, kamu tidak sadar dengan jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh saat kamu makan.

Solusinya : Matikan TV lebih dahulu, dan fokus pada makanan yang ada di depan kamu.

Itulah 4 kesalahan umum makan malam yang tidak baik, sehingga kamu tidak bisa berhasil diet dan mendapatkan tubuh yang sehat. Semoga pembahasan ini bisa membantu kamu ya.

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply