5 Macam Cake Natal yang Cocok dihidangkan Saat Perayaan Tiba

variasi kue natal
Ilustrasi gambar cake natal. Photo by Snapwire from Pexels

Hitput.com – Natal sebentar lagi tiba bagi yang merayakan. Pada waktu-waktu seperti itu adalah momen yang pas untuk para keluarga berkumpul. Semakin manis saat di tengah perbincangan Anda, tersaji makanan berbahan dasar tepung yang enak, lezat, manis, menggungah selera. Dalam hal ini cake natal bisa menjadi pilihan untuk hidangan Anda bersama keluarga.

Kalian bisa membuat cake natal sendiri, atau yang lebih mudah dengan membelinya di toko kue. Tapi sebelum itu, tahukah Anda ingin menyediakan kue natal seperti apa? Mengingat ada beragam jenis kue dengan kelezatan, tekstur, bentuk yang berbeda-beda.

Supaya Anda tahu, simak beberapa macam cake natal yang bisa menjadi rekomendasi buat kalian yang sedang kebingungan membuat atau membeli cake seperti apa.

1. Sponge Cake

Kue ini lebih lezat saat diolesi krim, kemudian ditambahkan aksesoris makanan seperti buah, bubuk gula atau krim lain yang kemudian disusun menjadi kalimat ‘Merry Chritsmas’. Cake sponge adalah bahan dasar dari pembuatan kue tart.

Ia memiliki ciri khas, yaitu memiliki rongga pada kue-nya yang empuk dan lembut saat dimakan. Jenis satu ini sangat sering muncul di perayaan. Ada beberapa varian pada jenis cake sponge ini, Anda bisa memilih rasa seperti cokelat, vanila, pandan, keju, dan masih banyak lagi.

2. Tiramisu Cake

Meksipun kue ini lebih cocok dijadikan sebagai makanan penutup, namun jika disajikan untuk hidangan keluarga atau christmas cake juga tetap cocok. Terlebih untuk kalian yang menyukai rasa kopi.

Seperti namanya, kue ini sangat khas sekali dengan harum serta rasa kopi. Tiramisu Cake juga tergolong kue yang unik, sebab dalam pembuatannya, dia tidak menggunakan adonan atau dimasak.

Bahan dasarnya sendiri adalah biskuit yang direndam di larutan kopi dan keju mascarpone. Kemudian biskuit itu disusun dengan dipisahkan krim kocok. Lapisi dengan biskuit sampai mencapai tinggi yang diinginkan. Setelah itu, kue ini ditaruh di dalam kulkas supaya tidak hancur saat dihidangkan.

(Baca juga: Resep Kue Bolu Panggang Lembut Sederhana, Cemilan Santai Bareng Keluarga)

3. Yule Log

Yule Log Cake
Ilustrasi gambar Yule Log cake. Foto: pillsbury.com

Kue ini adalah kue tradisional Perancis yang banyak disajikan dan dibagi-bagikan kepada warga sekitar saat hari natal tiba. Bentuk dari kue ini sangat unik, yaitu berbentuk batang kayu. Bentuk tersebut mencerminkan batang kayu yang dijadikan sebagai bahan bakar pada tungku penghangat di setiap rumah-rumah orang.

Kombinasi yang paling umum dipakai dalam pembuatan Yule Log ini adalah menggunakan kue bolu warna kuning yang banyak kita jumpai itu, dan ditambah dengan cokelat mentega. Selain itu, ada varian rasa lain, seperti espresso, ganache, kue cokelat dan lainnya.

4. Cotton Cheesecake

cotton cheesecake
Ilustrasi gambar Cotton Cheesecake Jepang. Foto: recipecommunity.com.au

Kue ini begitu populer di Jepang. Hampir mirip dengan chiffon cake, hanya saja tekstur lebih lembut, tidak begitu manis, dan fluffy.

Bahan untuk membuat Cotton Cheesecake ini simple, yaitu hanya menggunakan krim keju, mentega, krim kocok, gula dan telur. Yang membuat Cotton Cheesecake menjadi kue yang super lembut adalah saat mengocok telur, bagian kuning dan putih dikocok pada wadah yang berbeda. Hasilnya pun memuaskan. Lembut, dan anti gagal.

Jika disajikan untuk Chritsmas cake tetap cocok menjadi variasi di antara kemunculan cake lain. Karena kue ini cocok untuk mereka yang tak begitu menyukai rasa manis.

5. Gingerbread

Berbeda dengan beberapa kue di atas yang basah, kue satu ini tersaji kering. Keberadaan Gingerbread atau kue jahe ini tidak bisa ditinggalkan. Natal, selalu identik dengan kue jahe.

Meski kue kering tersebut adalah kue tradisional Jerman, namun tak bisa kita bohongi kalau kue jahe memang sungguh betul-betul cocok hadir sebagai hidangan natal di depan keluarga Anda.

Itu lah beberapa rekomendasi cake natal yang bisa Anda sajikan di rumah bagi kamu yang merayakan. Selamat berkumpul dengan keluarga ya!

Leave your vote

4 points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here