Mengenal Kina, Tanaman Herbal Dengan Segudang Manfaatnya!

tanaman kina
Manfaat tanaman herbal kina bagi kesehatan tubuh. Foto: doktersehat.com

Hitput.com – Tahukah kamu apa itu kina? Kina merupakan salah satu tanaman yang dipercaya bisa menjadi obat herbal untuk menangani beberapa penyakit. Tanaman ini sendiri biasanya tumbuh di kawasan hutan hujan tropis, tentunya bisa dijumpai di negara Indonesia yang mempunyai iklim tropis.

Tanaman kina ini cukup banyak jenisnya, kurang lebih terdapat 25 jenis dan di Indonesia sendiri terdapat 11 jenis tanaman kina. Ya, meskipun demikian kina ini termasuk tanaman yang cukup langka. Karena tidak banyak juga negara yang memiliki iklim hutan hujan tropis.

Di Indonesia sendiri dari tahun ke tahun semakin menurun saja keberadaan kina ini, permintaan yang semakin banyak tidak dibarengi dengan budidaya tanaman kina. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari kina ini, kan sayang juga kalau sampai punah. Potensi pembudidayaan tanaman kina di Indonesia sebenarnya cukup besar, tinggal bagaimana orang-orang bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Sebenarnya manfaat apa saja yang bisa didapat dari kina? Simak ulasan singkatnya dibawah ini ya!

(Baca juga: Apa Itu Penyakit Afasia? Kenali Gejalanya Melalui SehatQ.com)

Mengatasi Flu

manfaat kina untuk flu
Ilustrasi gambar seseorang terkena flu, dan manfaat kina untuk mengatasinya. Foto: Pexels.com

Tanaman kina dipercaya memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit flu biasa, influenza ringan, serta gelaja-gejala yang biasa terjadi saat flu seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, dan gejala lainnya. Selain itu, kina juga memiliki khasiat untuk menurunkan demam.

Mengatasi Jamur Kulit

Ekstrak dari kulit kina ini memiliki manfaat untuk membersihkan kulitĀ dari jamur-jamur yang menempel. Kina ini mengandung zat anti jamur dimana hal tersebut dapat menangkal kuman, bakteri, jamur, bahkan bisa memberikan perlindungan terhadap kulit dari teriknya sinar matahari.

Mengatasi Gangguan Pembuluh Darah

Manfaat dari tanaman kina berikutnya adalah mengatasi permasalahan pada pembuluh darah, masalah seperti wasir atau varises dipercaya bisa diatasi dengan mengkonsumsi kina.

(Baca juga: Macam Rempah Dapur dan Manfaatnya untuk Daya Tahan Tubuh)

Mengatasi Penyakit Malaria

tanaman kina untuk malaria
Ilustrasi gambar penyakit malaria dan manfaat tanaman kina. Foto: Pexels.com

Kalau yang satu ini sebenarnya manfaat yang paling populer dari tanaman kina sendiri, bahkan sudah ada obat dalam bentuk tablet atau kapsul dari ekstrak tanaman kina. Kandungan zat kuinina, alkaloid yang ada pada tanaman kina adalah alasannya. Mengkonsumsi kina dapat meminimalisir efek gejala penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini.

Sampai saat ini obat dengan ekstrak tanaman kina masih dipercaya yang paling kuat khasiatnya dalam mengatasi malaria, kina akan bekerja dengan menghalangi bahkan membunuh pertumbuhan parasit yang diakibatkan penyakit malaria.

Membantu Mengatasi Kanker

Di negara Amerika kina ini dijadikan sebagai obat tradisional dalam proses terapi kanker. Bahkan kina dipercaya memiliki khasiat dalam pengobatan beberapa jenis kanker seperti kanker limpa, kanker payudara, dan kanker hati.

Mengatasi Masalah Pada Pencernaan

Ektrak dari pohon kina ini mengandung enzim yang dibutuhkan oleh organ pencernaan dalam tubuh. Oleh karenanya dengan mengkonsumsi kina secara rutin bisa mengatasi masalah pencernaan. Kina juga bisa mengatasi gangguan dari parasit dan protozoa yang ada didalam usus, parasit tersebut bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah pencernaan.

(Baca juga: 3 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan dan Menangkal Virus Corona)

Mengatasi Kram Pada Otot Kaki

tanaman kina
Ilustrasi gambar manfaat tanaman kina untuk mengatasi kram otot pada kaki. Foto: Pexels.com

Sudah banyak penelitian yang dilakukan berkaitan dengan hal ini, dan hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa tanaman kina ini bermanfaat untuk mengatasi kejang otot atau kram otot kaki. Hasil lainnya menunjukkan pula bahwa kina bisa menurunkan rasa nyeri saat mengalami kram kaki, bahkan tidak ditemukan efek samping dari penggunaannya.

Ok, demikianlah ulasan singkat tentang tanaman kina serta manfaat dari tanaman kina. Kalau kamu ingin memanfaatkan kina sebagai obat maka lakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter, karena bagaimanapun tidak semua obat herbal bisa cocok ke setiap orang.

Selalu hidup sehat dan jaga kebersihan tubuh agar terhindar dari segala penyakit seperti virus corona yang sedang mewabah di beberapa negara termasuk Indonesia saat ini.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here