Resep Stik Kentang Keju untuk Cemilan di Bulan Ramadhan

resep stik kentang keju
Ilustrasi gambar stik kentang keju. Foto: Pexels.com

Hitput.com – Saat bulan Ramadhan tentunya kita tidak bisa nyemil-nyemil santai di pagi, siang atau sore hari. Namun, bukan berarti perilaku buat nyemil ini hilang ya! Biasanya berganti setelah sholat tarawih, sambil nonton tv dan kumpul-kumpul dengan keluarga selalu menyediakan cemilan.

Tentunya cemilan ini sangat beragam jenisnya seperti kue kering, keripik, dan lain sebagainya. Di pasar-pasar pun banyak yang berjualan, saya juga biasanya memilih beli saja biar lebih praktis, hehehe. Tapi berhubung sekarang lagi dirumah aja, sekali-kali cobalah bikin cemilan sendiri.

Kebetulan sekarang ada cemilan yang lagi hits nih, apa tuh? Stik kentang keju yang renyah dan enak tentunya, apalagi dicocol pake sambal pedas, hmmm mantep banget deh. Oh iya, kalo kamu baca artikel ini pas lagi puasa jangan sambil dibayangin loh ya, hehehe.

Ok, langsung saja kita buat cemilannya! Berikut ini bahan-bahan resep stik kentang keju yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu.

(Baca juga: Resep Menu Buka Puasa Praktis dan Sehat, Disave ya Mom’s)

Bahan-bahan:

stik kentang keju
Ilustrasi gambar kentang. Image: Pexels.com
  • Kentang (200 gram);
  • Tepung maizena (2 sendok makan);
  • Bawang putih (satu siung);
  • Daun seledri (secukupnya);
  • Keju (secukupnya);
  • Merica bubuk (secukupnya);
  • Kaldu bubuk (secukupnya);
  • Garam (secukupnya);
  • Saus sebagai pelengkap.

Langkah membuat stik kentang keju:

cara membuat stik kentang keju
Ilustrasi gambar cara membuat stik kentang keju. Image: Pexels.com
  1. Pertama-tama silahkan kupas terlebih dahulu kentangnya, jika sudah cuci hingga bersih dan rebus hingga kentang matang. Jika sudah matang langsung haluskan saja ya, bisa paka blender jika kamu membuat dengan porsi yang banyak.
  2. Langkah selanjutnya adalah menambahkan bumbu-bumbu. Pertama haluskan bawang putih dan garam secukupnya, jika sudah campurkan ke kentang yang sudah dihaluskan tadi.
  3. Setelah itu tambahkan bumbu lainnya yaitu kaldu bubuk, merica bubuk, dan jangan sampai lupa dengan kejunya ya. Kemudian aduk hingga merata.
  4. Selanjutnya masukkan daun seledri dan tepung maizena. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur.
  5. Setelah itu siapkan wadah nampan kecil atau piring, lalu potong-potong adonan tadi dengan ukuran stik (memanjang).
  6. Langkah terakhir dari resep stik kentang keju adalah menggoreng adonannya. Goreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan, sesuai selera aja sih mau segimana matangnya.
  7. Selesai deh, sekarang kamu bisa menikmati cemilan stik kentang keju sambil nonton tv dan kumpul bareng keluarga. Oh iya, jangan lupa sausnya biar makin nikmat, hehehe.
(Baca juga: Cara Membuat Kue Kering Tanpa Oven, Mudah Dilakukan di Rumah)

Gimana, mudah kan cara membuatnya? Ya daripada kamu beli stik kentang di restoran atau kafe yang harganya cukup menguras kantong, kalo buat sendiri kan bisa untuk dimakan rame-rame. Selain itu kamu juga tetap bisa beraktivitas meski diam dirumah, ya dengan memasak itung-itung kamu lagi berolahraga ajalah.

Oh iya, berkaitan dengan kentang kira-kira apa sih manfaatnya untuk kesehatan? Beberapa manfaat dari kentang diantaranya adalah mengandung zat antioksida, membantu sistem pencernaan, membantu mengendalikan gula darah, membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan sistem saraf dan kinerja dari otak, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Kalo untuk kesehatan idealnya kentang ini direbus, tetapi dengan digoreng tidak serta menghilangkan kandungan yang ada didalamnya, hanya saja lebih sedikit dibanding dengan direbus.

Ok, itulah resep stik kentang keju yang bisa kamu jadikan cemilan di bulan Ramadhan ini. Nanti langsung dicoba ya resepnya! jaga kesehatan selalu dan konsumsilah makanan-makanan yang memiliki kandungan penting bagi tubuh agar tetap fresh dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat.

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here