Parenting: Mari Kita Mengenal Apa Itu Masa Remaja

Freepik_teenagers03
Ilustrasi Photo Freepik.com

 

(Agregasi boykepedia.com) – Masa remaja menjadi masa transisi unik, yang mana ditandai dengan perubahan fisik , psikis dan emosi. Yang paling menarik dibahas ialah perubahan fisik yang terjadi pada masa remaja, yaitu berkisar usia 10-19 tahun. Remaja merupakan periode peralihan antara masa anak menjadi masa dewasa.

Nah, pada masa itu pula menjadi masa pematangan organ reproduksi manusia, masa ini disebut masa pubertas. Secara psikis, remaja akan merasa ‘aneh’ dengan perubahan fisiknya. Bahkan perubahan fisik bisa membuat remaja stres dan mengalami kecemasan.

Pada masa remaja terjadi pertumbuhan fisik (organobiologik) secara cepat, yang tidak seimbang dengan perubahan kejiwaan (mental emosional). Dikutip dari boykepedia.com , perubahan yang cukup besar ini dapat membingungkan remaja yang mengalaminya. Karena itu penting bagi remaja untuk mempelajari perubahan yang terjadi pada setiap tahap kehidupan remaja agar mampu menerima perubahan-perubahan yang terjadi pada tahap kehidupannya.

Masa remaja mempunyai ciri tertentu yang membedakan dengan periode sebelumnya :

 

Freepik_teenagers2
Ilustrasi Photo Freepik.com

(Baca Juga: Video Perilaku Anak Sedang Meniru Ketika Nonton TV)

Ciri-ciri remaja menurut Hurlock (1992), sebagai berikut :

a. Masa remaja sebagai periode yang penting yaitu perubahan-perubahan yang dialami masa remaja akan memberikan dampak langsung pada individu yang bersangkutan dan akan mempengaruhi perkembangan selanjutnya.

b. Masa remaja sebagai periode pelatihan. Disini berarti perkembangan masa kanak-kanak lagi dan belum dapat dianggap sebagai orang dewasa. Status remaja tidak jelas, keadaan ini memberi waktu padanya untuk mencoba gaya hidup yang berbeda dan menentukan pola perilaku, nilai dan sifat yang paling sesuai dengan dirinya.

c. Masa remaja sebagai periode perubahan, yaitu perubahan pada emosi perubahan tubuh, minat dan peran (menjadi dewasa yang mandiri), perubahan pada nilai-nilai yang dianut, serta keinginan akan kebebasan.

d. Masa remaja sebagai masa mencari identitas diri yang dicari remaja berupa usaha untuk menjelaskan siapa dirinya dan apa peranannya dalam masyarakat.

e. Masa remaja sebagai masa yang menimbulkan ketakutan. Dikatakan demikian karena sulit diatur, cenderung berperilaku yang kurang baik. Hal ini yang membuat banyak orang tua menjadi takut.

f. Masa remaja adalah masa yang tidak realistik. Remaja cenderung memandang kehidupan dari kacamata berwarna merah jambu, melihat dirinya sendiri dan orang lain sebagaimana yang diinginkan dan bukan sebagaimana adanya terlebih dalam cita-cita.

g. Masa remaja sebagai masa dewasa. Remaja mengalami kebingungan atau kesulitan didalam usaha meninggalkan kebiasaan pada usia sebelumnya dan didalam memberikan kesan bahwa mereka hampir atau sudah dewasa, yaitu dengan merokok, minum-minuman keras, menggunakan obat-obatan dan terlibat dalam perilaku seks. Mereka menganggap bahwa perilaku ini akan memberikan citra yang mereka inginkan.

Masa remaja dibagi menjadi 3 tahap, yaitu;

1. Masa remaja awal (10-12 tahun)

Ciri khas :

• Lebih dekat dengan teman sebaya

• Ingin bebas

• Lebih banyak memperhatikan keadaan tubuhnya dan mulai berfikir abstrak

2. Masa remaja tengah (13-15 tahun)

Ciri Khas :

• Mencari identitas diri

• Timbulnya keinginan untuk memiliki teman dekat.

• Mempunyai rasa cinta mendalam

• Mengembangkan kemampuan berfikir abstrak

3. Masa remaja akhir (16-19 tahun)

Freepik_teenagers
Ilustrasi photo Freepik.com

Perubahan Fisik Masa Remaja

Pada masa remaja terjadi perubahan fisik yang cepat, termasuk pertumbuhan organ-organ reproduksi (organ seksual) untuk mencapai kematangan, sehingga mampu melangsungkan fungsi reproduksi. Perubahan ini ditandai dengan munculnya tanda-tanda sebagai berikut :

1. Tanda-tanda seks primer, yaitu yang berhubungan langsung dengan organ seks.

• Terjadinya mimpi basah pada remaja laki-laki

• Terjadinya haid pada remaja perempuan (menarche)

2. Tanda-tanda seks sekunder

Remaja laki-laki

• Perubahan suara

• Tumbuhnya jakun

• Dada lebih besar

• Badan berotot

• Tumbuhnya kumis, cambang, rambut disekitar kemaluan dan ketiak.

Remaja Perempuan

• Pinggul melebar

• Pertumbuhan rahim

• Payudara membesar

• Tumbuhnya rambut diketiak dan sekitar kemaluan

 

 

Begitulah kira-kira beberapa ciri masa remaja yang patut dipahami khususnya para orang tua yang kebetulan anak-anak kamu masuk ke masa remaja dengan ciri-ciri yang disebutkan sebelumnya. Intinya, anak remaja itu baik laki-laki maupun perempuan adalah masa yang harus kita pahami baik secara pemikirannya maupun sikapnya, asal yang positif ya. Jangan lupa harus selalu diawasi dengan baik agar mereka selalu bersikap positif. Awasilah dengan cara yang bijaksana ya para orang tua..

 

 

Agregasi dengan boykepedia.com

Leave your vote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here