Patut Dicoba, 11 Pengalaman Ini Sebelum Kamu Berumur 30 Tahun

Ilustrasi Gambar Kopi
Ilustrasi Gambar Kopi (Foto by Avideos Creative)

Hitput.com – Hi kawan, pernahkah terpikir oleh kamu kalau ingin merasakan suatu hal yang baru atau merasakan pengalaman sebelum kamu berumur 30 tahun, mungkin juga suatu hal yang belum pernah sempat kamu lakukan pada saat ini? Bisa jadi kamu sudah merencanakan hal tersebut jauh-jauh hari, akan tetapi tertunda hingga sekarang. Mungkin karena jadwal anda yang sangat padat di dalam aktifitas kamu, ataupun juga tertunda karena masalah dana yang belum terkumpul.

Untuk yang merasa umur kamu masih muda, mempunyai dana, dan masih mempunyai waktu yang cukup merencanakan sesuatu seperti traveling ke kota lain sendirian, mencoba olahraga baru yang belum pernah kamu lakukan, ayo jangan ditunda lagi sebelum umur kamu bertambah. Kali ini kami akan bahas beberapa pengalaman yang mungkin harus kamu lakukan sebelum kamu berumur 30 tahun. Disimak ya..

Baca Juga: 20 Cara Sederhana Untuk Membuat Anda Merasa Lebih Bahagia

1. Mencoba Olahraga Baru

Ilustrasi photo: freepik.com

Menemukan kemampuan baru adalah salah satu hal yang paling menggembirakan dan dapat meningkatkan bahkan lebih ketika itu adalah kegiatan yang sehat. Plus, jika Anda menemukan olahraga baru, mungkin dapat membuka diri untuk dunia baru, baik itu rekan satu tim, pelatih, atau sekedar berkumpul dan berlatih bersama dengan orang-orang tersebut.

2. Melakukan Sesuatu yang Menakutkan

do-something-that-scares-you
PHOTO: Jake Thompson for Tuula Vintage

Ini dia sesuatu yang harus kamu lakukan sebelum umur kamu 30. Sesuatu yang menakutkan kamu yang bisa memacu adrenaline dan menumbuhkan rasa semangat maupun percaya diri, seperti skydiving, olahraga ekstrem maupun hal lainnya yang bisa kamu lakukan. Disamping itu, kamu juga bisa melatih ketakutan kamu menjadi lebih berani, salah satunya dalam melakukan keputusan yang menurutmu harus tegas dilakukan.

3. Melakukan Traveling Seorang Diri

travel alone
PHOTO: Melissa Findley for Tuula Vintage

Bepergian sendiri awalnya pasti menakutkan, tapi itu salah satu pengalaman yang paling membebaskan yang kamu dapat miliki. Anda dapat melakukan apa yang Anda inginkan. Bisa menantang diri dengan cara yang tidak akan mungkin bila bepergian dengan teman perjalanan kamu. Anda akan bertemu begitu banyak orang untuk inspirasi kamu, dan Anda akan lebih percaya diri dari sebelumnya. Usia 20-an adalah waktu yang pas untuk sendirian.

Baca Juga: Orang Sukses Adalah Orang Yang Bisa Menyelesaikan Masalah

4. Belajar Bermain Alat Musik

play instrument
PHOTO: freepik.com

Untuk yang ini tidak perlu menjadi seorang seniman musik profesional. Hal ini juga bisa kamu lakukan tanpa perlu kemampuan yang lihai layaknya musisi. Hanya sekedar bermain alat musik seperti gitar, biola, piano ataupun lainnya sesuai dengan keinginan kamu. Kenapa perlu dilakukan, selain bisa menghibur diri kamu, bermain alat musik dapat melatih kreativitas kamu dan mungkin melatih jiwa seni kamu yang sebelumnya tidak terlihat.

5. Berpetualang di Alam Liar

beaten track
PHOTO: Jessica Sample

Beberapa orang yang mempunyai jiwa petualang, pasti pernah merasakan berpetualang di alam liar. Seperti hutan belantara, pegunungan tinggi, maupun alam liar lainnya. Untuk yang belum pernah melakukan petualang tersebut, bisa mencoba hal ekstrem seperti ini untuk mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Apalagi melakukannya seorang diri, dijamin seru! Hal ini bisa melatih rasa tanggung jawab dan rasa percaya diri didalam mengarungi kehidupan kamu.

6. Mencari Tahu Sejarah Keluarga Anda

family history
PHOTO: Jessica Antola

Silsilah keluarga mungkin terdengar seperti kata norak, tapi itu bisa menjadi sesuatu yang keren dalam kehidupan kamu untuk mengetahui sejarah atau asal-usul klan Anda. Lebih penting lagi, kakek-nenek Anda, bibi, dan paman tidak akan ada selamanya. Jadi sekarang adalah waktu yang tepat untuk mencari tahu kepada mereka dengan memberikan semua pertanyaan yang Anda miliki tentang sejarah keluarga Anda. Merekam percakapan dan membuat catatan dan foto, dan yang lebih penting lagi tidak hanya mengajukan pertanyaan yang Anda miliki, tetapi mulai menggali ke dalam foto-foto lama dan catatan karena lebih banyak pertanyaan akan muncul, dan akhirnya, tidak akan terlambat untuk mengetahui semuanya.

7. Bekerja Dengan Seseorang Yang Kamu Kagumi

work for someone
PHOTO: Paul Costello

Hidup tidak selalu lancar seperti halnya tumpukan dokumen di meja kerja kamu yang belum terselesaikan, terutama ketika Anda melamar pekerjaan dengan sedikit pengalaman. Tapi di beberapa titik di usia 20-an, bekerja untuk seseorang yang Anda kagumi akan membuat kamu mempunyai tujuan. Ini tidak harus menjadi bos langsung kamu, mungkin itu bisa CEO ataupun lainnya. Bisa menempatkan diri di dekat mereka dan mempelajari segala sesuatu yang Anda dapat dari mereka adalah tujuan yang harus kamu capai. Jika Anda beruntung, mungkin bisa berkesempatan memberikan ide besar kepada mereka, tetapi jika tidak, itu akan memberi Anda beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai ide besar tersebut.

8. Habiskan Waktu Dengan Anak Anda

spend time with children
PHOTO: Paul Costello

Bila kamu sudah mempunyai anak dan keluarga kecil, habiskanlah waktu kamu bersama mereka. Disamping kamu bisa bermain dengan anakmu, melepaskan rasa letih dengan mereka, tertawa riang dan canda bisa menjadi suatu hal yang tidak bisa tergantikan di masa-masa datang. Dapat diambil pelajaran, hidup tidak harus selalu serius, dengan melihat kepolosan anak kamu didepan matamu, kamu bisa mendapatkan pelajaran untuk menghargai hal-hal kecil dalam kehidupan kamu.

9. Mulai Untuk Mengkoleksi Barang

collection
PHOTO: Paul Costello

Koleksi barang yang kamu sukai adalah suatu kepuasan tersendiri. Bisa mulai dari koleksi pernak-pernik, barang interior, aksesoris gelang, gelas, action figure maupun barang lainnya. Luangkan waktu untuk mencari barang langka atau favorit kamu bisa menumbuhkan rasa rileks, nyaman dan kepercayaan diri untuk kehidupan kamu.

10. Mulai Mengasah Keterampilan Memasak

PHOTO: Paul Costello
PHOTO: Paul Costello

Meskipun Anda seorang koki atau bukan masih ada waktu untuk memperbaiki dan mengasah kemampuan kamu di dapur. Dalam usia 30-an keatas, pasti ada waktu ketika kamu dipaksa untuk memberikan hiburan yaitu memberikan masakan ataupun sekedar makanan kecil kepada keluarga kamu. Mulai dari sekarang saatnya mengasah keterampilan memasak kamu di dapur, dan carilah beberapa inspirasi resep dimana saja.

11. Tes Kemampuan Bahasa Asing Kamu

travel coffee
PHOTO: Rizka Arsyini

Belajar bahasa baru bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi berlatih kemampuan bahasa yang ada ini tentunya sesuatu yang dapat Anda capai. Apakah Anda mengambil tiga tahun bahasa Perancis di sekolah tinggi? Apakah Anda belajar di luar negeri selama kuliah? Atau belajar dengan kawan-kawanmu? Jika Anda tidak menggunakan kesempatan itu, maka kamu akan kehilangan sesuatu hal yang baru khususnya dalam mengasah kemampuan bahasa asing.

Itulah beberapa pengalaman hidup yang patut kamu coba sebelum kamu berumur 30 tahun. Tidak ada salahnya mencoba hal-hal diatas untuk menjadikan pelajaran yang berharga dan bermanfaat sebelum kamu menyesal di kemudian hari. inspirasi positif itu dimulai dari diri sendiri, karena #InspirasiTiadaHenti

 

 

Leave your vote

5 points
Upvote Downvote

Leave a Reply