Resep Menu Buka Puasa Praktis dan Sehat, Disave ya Mom’s

menu buka puasa praktis
Ilustrasi gambar berbuka puasa di rumah. Image: Pexels.com

Hitput.com – Saat menjelang buka puasa adalah waktu dimana mata kita melihat makanan apapun terlihat enak, tak heran kalau nyari takjil diborong semua, eh pas buka puasa baru makan satu jenis makanan udah kenyang, hehehe. Tapi menjelang buka memang rasa lapar seakan-akan sedang memuncak, bahkan banyak tuh candaan kalau sore-sore liat kecoa rasanya kaya liat kurma, hahaha.

Berkaitan dengan menu buka puasa banyak yang memilih menu buka puasa praktis, akan tetapi banyak yang tidak memperhatikan apakah makanan tersebut memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh atau tidak. Setelah puasa seharian konsumsi makanan sehat saat berbuka sangatlah penting.

Maka dari itu kamu bisa kok berkreasi untuk menyiapkan menu buka puasa sendiri, terutama kondisi sekarang juga dimana sebagian besar aktivitas dilakukan didalam rumah. Orang berjualan takjil mungkin masih ada tetapi tidak banyak seperti tahun lalu pastinya.

Oleh karenanya disini saya akan menyajikan resep menu buka puasa praktis dan sehat yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Saya sajikan resep membuat takjil dan lauk untuk berbukanya, simak baik-baik ya.

(Baca juga: Melon Bingsu, Salah Satu Menu Pilihan Untuk Buka Puasa)

Membuat Menu Takjil

menu buka puasa
Menu buka puasa puding roti coklat. Foto: craftlog.com

Disini saya sajikan resep menu buka puasa sehat puding roti, cocok banget untuk disantap saat baru buka! Selain itu kamu bisa membuat porsi yang banyak dan menyimpan di kulkas, bisa buat takjil 2-3 hari deh!

Bahan yang Perlu disiapkan:

  • Roti tawar (1 bungkus);
  • Bahan agar-agar putih (4 bungkus);
  • Cokelat bubuk (1 sendok makan);
  • Gula pasir (500 gram);
  • Choco drink (1 sachet);
  • Susu kental manis (1 gelas);
  • Telur ayam (3 butir);
  • Mentega (3 sendok makan);
  • Air (12 gelas ukuran sedang).

Cara membuat puding roti:

  1. Pertama siapkan semua bahannya, kemudian potong-potong ukuran dadu roti tawarnya (sebenarnya terserah si mau ukuran apa yang penting kecil biar mudah saat diblender).
  2. Setelah itu masukkan ke dalam blender roti tawar, telur, susu kental manis, dan air sebanyak 3 gelas. Blender sampai halus dan pastikan semua bahannya menyatu ya.
  3. Selanjutnya siapkan panci kemudian masukkan bahan agar-agar 4 bungkus, masukkan gula pasir, dan tambahkan sisa air yang tersedia. Jika semua bahan sudah dimasukkan langsung panaskan sampai mendidih, pastikan juga untuk mengaduk-aduk agar adonannya tidak pecah.
  4. Jika agar-agar sudah mendidih masukkan bahan yang sudah di blender tadi dan tambahkan mentega juga. Aduk-aduk dan tunggu sampai mendidih lalu matikkan kompornya.
  5. Bagi dua adonannya, yang satu tambahkan cokelat bubuk dan choco drink, yang satu biarkan saja. Setelah itu tuang adonan ke cetakkan secara bergantian antara adonan putih dan cokelat.
  6. Tunggu sampai adonan menjadi dingin, setelah itu masukkan ke kulkas agar semakin nikmat.
(Baca juga: Menu Takjil Buka Puasa yang Sebaiknya dihindari Demi Kesehatan Tubuh)

Membuat Lauk untuk Buka Puasa

resep menu buka puasa sehat
Menu buka puasa resep ayam kuah santan. Foto: cookpad.com

Oke, selanjutnya resep menu buka puasa praktis untuk lauk makan (bisa buat sahur juga kok kalau porsinya banyak)! resep apakah? Ini dia resep sayur ayam kuah santan yang bisa bikin tubuh kamu segar kembali setelah berpuasa.

Bahan yang harus dipersiapkan:

  • Daging ayam bagian dada (250 gram);
  • Kentang (250 gram);
  • Santan (200 ml);
  • Daun jeruk (2 lembar pun cukup);
  • Sereh (1 batang);
  • Kaldu ayam (secukupnya);
  • Air (500 ml).

Bahan bumbu halus:

  • Bawang merah (4 siung);
  • Bawang putih (2 siung);
  • Cabe merah kriting (10 biji, opsional aja ya sesuai selera);
  • Jahe (1 ruas saja);
  • Kunyit bubuk (1/2 sendok teh);
  • Garam (secukupnya);
  • Gula (secukupnya).

Proses memasak menu buka puasa praktis dan sehat sayur ayam kuah santan:

  1. Pertama siapkan semua bahannya, kemudian potong ayam dan kentang dengan ukuran dadu.
  2. Kemudian haluskan bahan bumbu halusnya. Setelah itu tumis sampai mengeluarkan aroma yang harum, hirupnya jangan berlebihan loh ya! Inget lagi puasa, hehehe.
  3. Selanjutnya masukkan daging ayam dan kentang yang sudah di potong tadi, aduk-aduk sebentar sampai merata.
  4. Setelah itu tambahkan air, kemudian masukkan daun jeruk, sereh, dan santannya ya! Aduk-aduk lagi sebentar, lalu tambahkan bumbu kaldu ayam.
  5. Terus aduk-aduk sampai mendidih ya agar santannya tidak pecah! Jika sudah sayur ayam kuah santan pun siap disajikan.

Resep menu buka puasa praktis dan sehat ini tentunya banyak kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Nah, ini juga bisa 2 in 1 ya! Kalau mau untuk sahur juga nanti tinggal di angetin lagi sayur ayamnya. Kalo puding bisa langsung makan karena sudah ditaro dikulkas. Selamat berpuasa dan tetap sehat dan #BacaHitputcomDirumah

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here