Tertarik dengan Usaha Digital? Tips Mendirikan Start-up Ini Dijamin Membantu

Ilustrasi gambar Tablet Startup. Image: Rawpixel.com/Freepik
Ilustrasi gambar Tablet Startup. Image: Rawpixel.com/Freepik

Hitput.com – Start-up merupakan salah satu bidang usaha yang tengah berkembang pesat di Indonesia. Maraknya kemunculan start-up ini jelas menimbulkan daya saing yang ketat di antara mereka, apalagi bila jenis produk yang dikembangkan serupa.  Nah, untuk kamu yang akan terjun di dunia usaha digital, coba simak tips mendirikan start-up berikut ini.

1. Cari Ide berdasarkan Permasalahan Sehari-hari
Ilustrasi Seorang sedang Presentasi Startup Bisnis. Image: Rawpixel.com/ Freepik
Ilustrasi Seorang sedang Presentasi Startup Bisnis. Image: Rawpixel.com/ Freepik

Salah satu alasan berdirinya sebuah start-up biasanya bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Adapun tips mendirikan start-up yang pertama  adalah mencari sebuah masalah yang ada di lingkungan sekitar sebagai ide awal.

Supaya ide tersebut berkembang, kamu bisa melakukan beberapa tahap lainnya seperti mencari tahu siapa target pasar kamu, setelah itu jalinlah komunikasi dengan orang-orang yang dirugikan atas permasalahan itu dan ungkapkan ide yang kamu punya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dari proses itu, kamu akan mendapatkan feedback yang berguna untuk memutuskan apakah ide tersebut layak dieksekusi atau tidak.

(Baca juga: Menilik Kisah Sukses Entrepreneur Muda Asli Indonesia)
2. Membuat Produk Start-up yang Orisinal
Ilustrasi Gambar Sebuah Tim Startup Mengolah Data Produk. Image: Jcomp/ Freepik
Ilustrasi Gambar Sebuah Tim Startup Mengolah Data Produk. Image: Jcomp/ Freepik

Setelah mendapatkan ide yang layak dieksekusi, kamu bisa mulai mengembangkan ide tersebut menjadi sebuah produk yang siap pakai untuk masyarakat. Selama proses pembuatan produk berlangsung, ada satu hal yang wajib kamu hindari yaitu melakukan tindakan copy-paste. Melakukan duplikasi sama saja dengan kamu membiarkan usaha start-up milik kamu gagal.

3. Bangun Kolaborasi yang Baik dengan Rekan Kerja
Ilustrasi Gambar Membangun Kolaborasi Tim di Bisnis Startup. Image: Rawpixel.com/ Freepik
Ilustrasi Gambar Membangun Kolaborasi Tim di Bisnis Startup. Image: Rawpixel.com/ Freepik

Start-up tidak akan berjalan lancar apabila kamu melakukannya sendirian. Oleh sebab itu, kamu harus mencari rekan kerja yang memiliki tujuan sama dan mampu menutupi kekurangan yang kamu punya.

Bila sudah menemukan rekan kerja yang cocok, selanjutnya yaitu bangunlah ikatan yang baik dengan mereka. Melalui ikatan kerja yang baik ini, kamu bisa bersama-sama mencari solusi yang tepat apabila ada rencana bisnis yang gagal. Di samping itu, kolaborasi yang baik juga membantu agar start-up yang kamu punya bisa menguasai pasar.

4. Lakukan Branding Produk
Ilustrasi Gambar Branding Sebuah Produk. Image: Rawpixel.com/ Freepik
Ilustrasi Gambar Branding Sebuah Produk. Image: Rawpixel.com/ Freepik

Ide sudah punya, tim telah terbentuk, dan produk siap dirilis, kini tinggal melakukan branding produk agar start-up kamu bisa dikenal oleh masyarakat luas. Mengingat teknologi sudah semakin berkembang, kamu bisa memanfaatkan media online sebagai sarana untuk branding produk.

Nah, salah satu poin yang harus kamu kuasai bila ingin menggunakan media sosial sebagai sarana promosi ialah kemampuan copywriting yang baik sekaligus kemampuan memilih gambar yang tepat.

Apa itu copywriting? Copywriting ini adalah seni menjual dalam bentuk tulisan. Kamu harus menghasilkan kalimat menarik yang dapat membuat pembaca memberikan respon seperti mengingat nama hingga menggunakan produk start-up milik kamu.

Itulah tips mendirikan start-up yang bisa kamu praktikkan. Bagaimana? Apa kamu sudah siap untuk memulai start-up milikmu sendiri?

Leave your vote

11 points
Upvote Downvote

Leave a Reply