Ilustrasi Gambar Bisnis online di rumah
Ilustrasi Gambar Bisnis online di rumah. Image: Freepik

 Hitput.com – Tidak sedikit orang yang berpendapat, bahwa bisnis rumahan yang biasanya diawali dengan modal kecil, hasilnya pun kurang maksimal. Apakah kamu juga salah satunya? Jangan terjebak dengan anggapan bahwa bisnis rumahan modal kecil tidak menghasilkan. Apabila dikelola dengan baik, bisnis rumahan modal kecil bisa menjadi pekerjaan utama kamu yang justru memberi keuntungan luar biasa.

Saat ini tersedia banyak sekali ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa kamu usahakan mulai dari bisnis online, makanan, tanaman, DIY, hingga hewan peliharaan. Namun, pilihlah yang sesuai dengan passion dan potensimu agar kamu juga bisa mengembangkan usaha ini dengan lebih kreatif dan inovatif.

Best Compensation Plans for Home Entrepreneurs
Best Compensation Plans for Home Entrepreneurs. Image: Pinterest/ www.engineeredlifestyles.com

Nah, berikut ini 4 jenis bisnis rumahan yang bisa kamu pilih.

1. Kedai Sarapan

Ilustrasi Gambar Bisnis Online Kedai Makanan
Ilustrasi Gambar Bisnis Online Kedai Makanan. Image: Avideos Creative

Bagi yang pandai memasak, usaha kedai sarapan merupakan bisnis rumahan yang  bisa mendatangkan keuntungan besar. Apalagi bila lokasi rumah kamu strategis, dekat dengan kampus, pabrik, atau kantor. Cukup dengan membuka kedai depan rumah dan berjualan menu sarapan seperti nasi kuning, lontong sayur, nasi uduk di pagi hari. Namun, jangan lupa terpakan variasi menu dan kreativitasmu agar pengunjung tidak bosan.  Selanjutnya agar lebih berkembang kamu pun dapat memasarkan kedai sarapanmu secara online.

Baca juga: Ini 7 Keuntungan Berbisnis Online di Rumah

2. Jual Aqua Galon atau Isi Ulang dan Air Minum Kemasan

Ilustrasi Gambar distributor depot isi air minum
Ilustrasi Gambar distributor depot isi air minum. Image: Bukalapak

Manfaatkan ruangan kosong di rumah untuk membuka bisnis air minum. Usaha rumahan ini cukup menjanjikan disebabkan kebutuhan akan air minum kemasan merupakan kebutuhan utama sehari-hari. Apalagi persediaan air bersih di beberapa lokasi mulai berkurang. Jika ingin pangsa pasar lebih luas, kamu bisa mempromosikan lewat Gojek untuk penjualan online.

3. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Ilustrasi Gambar Pet Shop. Image: Pinterest
Ilustrasi Gambar Pet Shop. Image: Pinterest

Bila kamu seorang penyayang binatang, jasa perawatan hewan peliharaan dengan biaya terjangkau bisa menjadi pilihan bisnis rumahan yang tepat. Tidak sedikit pemilik anjing dan kucing, memilih untuk menggunakan jasa perawatan profesional. Kamu pun bisa memasarkan jasamu melalui media online sehingga pangsa pasar yang terjangkau lebih luas.

Baca juga: Tertarik dengan Usaha Digital? Tips Mendirikan Start-up Ini Dijamin Membantu

4. Bimbingan Belajar

Ilustrasi Gambar Bisnis Bimbingan Belajar
Ilustrasi Gambar Bisnis Bimbingan Belajar. Image: Freepik

Jika kamu memiliki keahlian seperti musik, bahasa asing, dan lainnya kamu bisa membuka les privat. Membuka bisnis bimbel atau bimbingan belajar ini dapat kamu lakukan di rumah saja. Selain sisi ekonomis, membuka bisnis bimbingan belajar ini secara tidak langsung  dapat menyumbang kontribusi terhadap pendidikan bangsa.

Nah, 4 jenis bisnis rumahan tersebut, hanyalah sebagai acuan karena masih banyak inspirasi bisnis rumahan. Kamu bisa mempertimbangkan usaha lain seperti membuat  tanaman artificial, usaha camilan khas daerah, bandeng pres, atau usaha lukisan. Segeralah mencari peluang yang masih terbuka lebar dan sesuaikan dengan potensi serta minatmu. Jangan lupa agar bisnismu lancar, yang terpenting adalah jangan mudah menyerah bila mengalami rintangan!

Leave your vote

10 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here