Yuk Mengenang Social Media atau Social Network Yang Pernah Hits di Masanya!

IMAGE: freepik.com
IMAGE: freepik.com

Jaman sekarang mana ada sih yang tidak kenal atau tidak menggunakan social media sekarang ini ? Hampir seluruh orang menghabiskan waktu untuk menggunakan social media atau social networking. Banyak yang menggunakan Social Media atau Social Networking untuk bercengkrama bersama teman atau hanya sekedar upload moment dengan foto atau video yang kita share di socmed atau bahkan ada yang menggunakannya untuk show off atau pamer. Kini media sosial sudah menjadi bagian dari hidup kita, bagaimana bisa? Ya! sering sekali kalian pastinya untuk curhat atau untuk kepo mantan atau gebetan atau pacar sendiri. hahaha. Sekarang ini kebanyakkan anak muda menggunakan Twitter/Facebook/Instagram/Path atau yang lain. Kali ini kita akan mengajak flashback sedikit dimasa masa sebelumnya seperti dikutip via kaskus .

  1. Friendster
    Friendster ! Friendster merupakan jejaring sosial yang berfokus pada permainan serta musik dan didirikan pada 22 Maret 2002. Kebanyakan penggunanya berasal dari Asia yang mencapai hingga 90% loh ! Berbeda dengan sosmed saat ini, Friendster dapat mengubah tampilan template sesuka hati agan dan sista secara gratis! dan sayangnya sekitar tahun 2006 akhir, sosmed ini mulai redup karna telah terbentuknya jejaring sosial baru yaitu Facebook. Ane inget nih dulu waktu main friendster, profile ane ala-ala emo gitu terus ada mp3 playernya jadi ketika orang buka profile ane langsung keluar lagu sama background emo band gitu hahaha
  2. Myspace
    Myspace ! Buat kalian yang suka dengan musik atua mungkin yang dulu pernah punya band indie atau non label mungkin pada waktu itu sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini dan sampai sekarang juga masih ada. MySpace telah dibentuk sejak tahun 2004 oleh News Digital Media milik News Corporation, salah satu medsos untuk mempromosikan hasil karya musik kita ke seluruh dunia. Dulu ane pernah kok punya myspace band ane dan ane pribadi.
  3. Ebuddy
    Sebuah aplikasi pengirim pesan instan melalui jaringan internet berbasiskan website dan telepon seluler yang didirikan pada tahun 2003. Kalau menurut ane ebuddy termasuk social networking dan ebuddy juga mendukung beragam layanan pengiriman pesan instan seperti Yahoo! Messenger, Google Talk, AIM, ICQ, Windows Live Messenger, Myspace IM dan Facebook. Untuk menggunakan Ebuddy lewat komputer, kita tidak perlu lagi repot mengunduh atau menginstal aplikasi apapun di komputer. Pengguna hanya perlu terkoneksi dengan internet dan web browser. Dulu ane banyak banget gebettan nih dimari haha
  4. mIRC
    mIRC ! Yang satu ini bisa disebut sebagai buyut dari dunia per-chatting-an, karena sudah didirikan sejak tahun 1995 lho! Buat kalian yang pernah menggunakan mIRC tentu ga asing lagi dong dengan istilah ASL PLZ? Yang maksudnya minta biodata singkat kita saat awal – awal chatting. mIRC memang diciptakan untuk berbincang antar sesama pengguna dari berbagai dunia. Bahkan sosial media ini sempat memiliki pengguna terbanyak dalam kategori chatting, dengan diunduh sebanyak 9.129.578 kali dari CNET pada Oktober 2007. Dulu ane sering main ini buat nyari kenalan-kenalan baru terutama cewe-cewe haha
  5. Mig33
    Nah yang satu ini yang paling digemari yaitu Mig33. Mig33 berupa layanan aplikasi untuk mengirim pesan instan lewat telepon seluler dan merupakan komunitas telepon seluler terbesar pertama di dunia. Bahkan sudah memiliki pengguna lebih dari 50 juta dan kebanyakan setengah dari penggunanya berasal dari Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat berkomunikasi dengan teman, bertemu teman baru, mengirimkan kado virtual, bertukar emoticon, serta bermain games. Gak heran ya kalau aplikasi yang dirilis pada Desember 2005 ini termasuk sosial media yang populer pada masanya.
  6. Mxit
    Mxit yang populer di tahun 2007 ini adalah generasi instant messenger mobile dan jaringan sosial perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk chatting lewat ponsel ataupun PC secara gratis. Lewat sosial media ini kita dapat terhubung dengan pengguna Yahoo! Messenger, Google Talk, AIM, ICQ dan Windows Live Messenger yang akan memudahkan kita untuk berkomunikasi. MXit bisa dikatakan seperti kakaotalk, whatsapp atau line.
  7. Plurk
    Plurk populer di tahun 2007. Plurk adalah generasi instant messenger mobile dan jaringan sosial perangkat lunak aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk chatting lewat ponsel ataupun PC secara gratis. Lewat sosial media ini kita dapat terhubung dengan pengguna Yahoo! Messenger, Google Talk, AIM, ICQ dan Windows Live Messenger yang akan memudahkan kita untuk berkomunikasi. MXit bisa dikatakan seperti kakaotalk, whatsapp atau line.
  8. Yahoo Messenger
    Yahoo juga ngeluarin messenger untuk para agan/sista yang suka chatting. Sebelum muncul BBM, Line, Whatsapp, Facebook chat, dan instant messenger lain, dulu kita sering banget chattingan di Yahoo Messenger atau kerennya disebut YM-an. Selain sama temen main, kuliah, sekolah, kantor, atau komunitas, kita juga sering chatting sama orang yang entah siapa itu di Public Chat Roomsnya. Cool abis lah pokoknya!
  9. Mini Friday
    Selain sosial media di atas, yang ga kalah populer pada masanya adalah Mini Friday yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain di dunia maya. Lucunya, aplikasi chatting ini menggunakan avatar seperti boneka kecil nan imut yang digunakan untuk mencerminkan diri kamu dengan berlatar belakang cafe/bar. Mini Friday didirikan pada tahun 2006. Namun, sayangnya Mini Friday sudah ditutup pada tahun 2010 dan fokus ke dunia mobile game.
  10. imvu
    IMVU adalah media sosial berbayar berbasis tiga dimensi yang didirikan oleh Eric Ries pada tahun 2004, berkantor pusat di Amerika Serikat. Aplikasi ini memang menawarkan pengalaman mengasyikkan di dunia tiga dimensi, namun tidak direkomendasikan dimainkan oleh anak-anak, karena di dalamnya terdapat konten dewasa, dahulu banyak sekali yang menghabiskan waktu weekendnya untuk game simulasi chat ini sampai banyak banget loh gan yang akhirnya mereka menikah

Jadi Gimana ? Lumayan kan nostalgianya ? pasti jadi keingetan waktu dulu ngapain aja dengan aplikasi aplikasi tersebut ? kangen ga ? Kalau kalian punya kenangan atau pernah melakukan sesuatu dengan aplikasi aplikasi diatas pada waktu itu ceritain ya di kolom komentar. Sekalian kita nostalgia bareng.

Sekian….

 

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply