Desa Wisata Digital Nomad Terjangkau dan Indah di Indonesia

desa wisata digital nomad
Ilustrasi gambar desa wisata digital nomad. Image: wanderersandwarriors.com

Hitput.com – Bisa dibilang, Indonesia adalah salah satu tempat tujuan favorit para Digital Nomad kunjungi. Istilah Digital Nomad sendiri adalah penyebutan bagi para pekerja online yang suka berpindah-pindah, tidak terbatas oleh lokasi, waktu dan identiknya mereka bekerja sambil liburan. Berikut rekomendasi beberapa desa wisata digital nomad dengan harga terjangkau dan indah di Indonesia yang bisa di kunjungi yang akan membuat kamu nyaman dalam bekerja.

Entah itu liburan di negara sendiri maupun di negara orang lain. Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak para Digital Nomad ini kunjungi.

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa mereka suka tinggal di Indonesia:

Baca juga: 6 Tips Sukses Menjadi Digital Nomad, Kerja Sambil Keliling Dunia

Contoh saja seperti di Bali, banyak Digital Nomad tinggal di sana. Adapula kota lain di Indonesia, contohnya Jogja, Malang, dan kota-kota di Indonesia lainnya.

Mereka bisa tinggal 3 bulan di Bali, lalu pindah 3 bulan di Jogja atau tinggal 3 bulan di Malang. Para Digital Nomad dipandang sebagai wisatawan nusantara, maka dari itu pemerintah mulai memandang baik pengembara digital ini.

Keberadaan Digital Nomad cukup membantu ekonomi daerah di tengah geliat wisata yang lesu akibat pandemi Covid-19. Ini dikarenakan Digital Nomaden menyumbang pemasukan yang tidak sedikit bagi usaha mikro ditempat dimana mereka tinggal. Mereka (digital nomaden) bisa belanja makanan, minuman, dan penginapan. Selain pariwisata, ini harus dilihat sebagai cadangan pemasukan warga lokal. Dengan membuat mereka nyaman liburan dan melakukan pekerjaaan online di Indonesia, kita bisa memperoleh pemasukan yang tidak sedikit.

Baca juga: Saatnya CEO Indonesia Bersatu Gerakkan Pariwisata Indonesia

Desa atau Kota yang Menjadi Favorit Para Digital Nomad

Adapun tempat-tempat di Indonesia yang banyak ditinggal Digital Nomad. Banyak dari mereka tinggal di sana oleh beberapa alasan: pertama karena biaya hidup murah, kedua memiliki jaringan internet yang cepat dan ketiga memiliki pemandangan alam yang indah.

Berikut adalah beberapa desa Digital Nomad yang banyak ditinggali di Indonesia:

1. Canggu, Bali

Sering disebut sebagai Kampung Bule. Banyak warga asing berkeliaran, tinggal dan liburan di sana. Dan kebanyakan dari mereka adalah Digital Nomad.

Di sana banyak tersedia fasilitas yang mendukung pekerjaan mereka, tempat-tempat wisata pun banyak, ada penginapan, tempat-tempat bekerja yang nyaman atau area coworking, tersedia pula hotel, vila, resto, kafe, bar, kelab, spa, pusat perbelanjaan, studio yoga, sports center, hingga studio tato.

Bisa dibilang, Canggu adalah tempat dengan biaya hidup paling terjangkau yang ada di Bali. Oleh sebab itu banyak para pelancong tinggal di sini dan menetap untuk beberapa bulan lamanya.

Baca juga: 5 Tips Wisata ke Bali Untuk Pemula yang Baru Pertama Kali Kesana
2. Ubud, Bali

Selain Canggu, Ubud juga banyak menjadi tujuan para Digital Nomad. Di sini akomodasi terjangkau, ada banyak persawahan di sekitar kita dan tinggal di Ubud membuat kita lebih santai, melepas penat, karena tempatnya sendiri addea di atas perbukitan.

Banyak tempat coworking yang mendukung di Ubud. Didukung dengan suasana yang sejuk dan tenang membuat kita lebih fokus dalam bekerja.

Kelebihan tinggal di Ubud lainnya adalah Anda dapat menjalani gaya hidup sehat tapi dengan anggaran terbatas, tersedia makanan enak, tersedia pemandangan alam yang indah, di sini Anda pun akan menemukan tabib Bali, kelas meditasi, pemandian, penyembuhan Reiki, pijat – hampir semua hal spiritual yang dapat meningkatkan kesejahteraan Anda tersedia di Ubud.

3. Gili Air, Lombok

Tidak ada mobil, tidak ada sepeda motor, tak ada kendaraan yang mengeluarkan polusi udara, tak ada kebisingan: Gili Air adalah pulau surga kecil di mana Anda dapat benar-benar bersantai dan melepas lelah di tengah-tengah pepohonan palem dan suasana sederhana.

Cara terbaik untuk hidup di Gili Air adalah dengan menemukan sendiri wisma, bungalo pantai, atau hotel yang cocok untuk masa inap jangka panjang. Cari tahu tentang tempat terbaik dan ternyaman untuk Anda – dan pastikan Wi-Fi siap untuk digunakan.

Akan tetapi, karena Gili Air adalah salah satu pulau kecil di Nusa Tenggara Barat, kecepatan internet tidak cukup bagus. Akan tetapi keindahan tempatnya tidak diragukan, biaya hidup juga cukup terjangkau dan banyak tempat bisa dipakai menjadi ruang kerja Anda yang nyaman.

Itulah beberapa desa wisata digital nomad di Indonesia yang bisa kamu kunjungi karena berbagai keindahan dan pesona wisatanya yang akan membuat kamu nyaman bekerja.

Leave your vote

12 Points
Upvote Downvote

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here