7 Tips Agar Puasa Lancar dan Segar Sepanjang Hari

 gambar keluarga muslim
Ilustrasi gambar keluarga muslim (Image: Freepik)

Hitput.comTips agar puasa lancar ini bisa kamu lakukan agar tetap sehat dan segar serta terhindar dari hal yang membatalkan puasa kamu.

Puasa adalah salah satu rukun islam yang dilakukan oleh umat muslim satu tahun sekali dalam 30 hari lamanya. Wajib hukumnya, toh cuma satu tahun sekali, jadi menyedihkan sekali jika kalian masih tidak mau menjalankannya.

Dalam ibadah ini, tentunya pola makan kalian akan berubah selama satu bulan penuh. Oleh karena itu kita harus memperhatikan asupan yang kita konsumsi. Itu tentu tidak mudah, akan tetapi berikut kami memberikan beberapa tips dalam menjalankan ibadah puasa ini.

1. Minum cukup air

Dehidrasi adalah hal yang cukup rawan, mudah menyerang kita saat berada dalam mode tidak makan dan tidak minum seharian penuh. Maka dari itu saat berbuka dan sahur di haruskan minum air putih yang cukup.

Kita mengenalnya dengan pola 2-4-2. Dua gelas air putih pas berbuka, empat gelas air putih sebelum tidur atau di sela-sela tidur dan dua gelas air putih saat sahur.  Dengan demikian kebutuhan 8 gelas perhari bisa tercukupi. Serta cairan yang cukup akan membantu tubuhmu tetap prima dan segar.

Baca juga: Jangan Remehkan! Ini Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

2. Konsumsi serat dan protein saat sahur

Sahur menjadi hal penting yang menentukan kekuatan seseorang saar berpuasa selama  sehari menahan lapar dan haus. Untuk itu, sangat penting mengonsumsi serat dan protein saat sahur agar rasa kenyang bertahan lebih lama. Protein bisa kita dapat dari kacang, telur, keju dan yogurt.

Baca juga: 5 Resep Makanan Sahur Praktis yang Bisa Kalian Masak, Cepat dan Enak!

3. Makan secukupnya

Pada saat berbuka puasa,  sebaiknya di anjurkan makan secukupnya saja, karena makan berlebihan bisa bikin perut tidak nyaman.
Karena bulan puasa, alias tidak makan seharian, bukan berarti dengan makan berlebihan bisa membuat puasa di hari esok Anda lancar. Malah sebaliknya, makan berlebihan bisa membuat puasa kalian terganggu.
Hal tersebut bisa terjadi, sebab yang namanya ‘berlebihan’, dari dulu selalu memiliki arti yang tidak baik. Makan yang berlebihan membuat kalian lebih mudah merasa malas, perut tidak nyaman, ngantuk, dan makan yang tidak sesuai takaran dapat mengganggu tenaga kalian nanti.

Coba lihat realitas yang ada, memang sejak kapan ada orang makan berlebihan atau makan sampai merasa begitu sangat sangat sangat sangat sangat kenyang, setelah itu langsung memiliki tenaga untuk berlari, bekerja, melaksanakan aktivitas dan sejenisnya.

Yang ada, orang yang makan berlebihan, kebanyakan setelah itu malas-malasan. Seperti tidak memiliki tenaga, sebab tenaganya telah habis untuk digunakan menggiling makanan yang ada di dalam perut.

Baca juga: Tips Sahur Sehat dan Benar Agar Tubuh Anda Tidak Cepat Lemas Saat Puasa

Jadi, melancarkan puasa di esok hari tidak tepat caranya jika mengkonsumsi makanan berlebihan. Minimal sahur dengan 3 buah kurma dan satu gelas air putih saja sudah bisa lancar puasanya.

Kuat atau tidaknya puasa, tidak terpatok pada banyak atau tidaknya jumlah makanan kalian untuk sahur.

4. Tidur di awal siang dan hindari sinar matahari

Apabila situasi memungkinkan, tidurlah sesaat di awal siang hari untuk mengumpulkan energi dan hindari sinar matahari agar tidak cepat dehidrasi

5. Kurangi penggunaan tenaga fisik

Jangan terlalu berolahraga berat pada waktu berpuasa.  Adapun kalau olahraga sebaiknya di lakukan pada waktu sore hari sebelum waktu berbuka puasa.

Baca juga: Ide Ngabuburit Seru dan Bermanfaat Sambil Menunggu Buka Puasa Tiba

6. Pola makan yang sehat

Sebaiknya terapkan pola diet saat berbuka puasa. Jangan berlebihan makan makanan yang manis. Makanlah buah seperti kurma, karena lebih cepat mengisi ulang energi dengan cepat.

7. Proposional dalam berbuka

Hindari makan saat buka puasa dengan porsi yang besar, mulailah dengan makan buah kurma, sup, kolak atau makan pembuka lain lalu tunggu sebentar sebelum memakan makanan besar, yang pasti makanan yang sehat ya.

Nah, itu adalah beberapa tips puasa agar puasamu tetap lancar dan segar sepanjang hari hingga berbuka puasa tiba. Selamat mencoba kawan!

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

Leave a Reply