5 Resep Makanan Sahur Praktis yang Bisa Kalian Masak, Cepat dan Enak!

menu sahur sop ayam
Ilustrasi gambar menu sahur sop ayam dengan sayuran (Image: Freepik)

Hitput.comResep makanan sahur praktis ini dijamin tidak akan memakan waktu kamu di dapur. Selain cepat dalam pembuatannya, rasanya pun bisa sesuai dengan selera dan sahur kamu akan terasa nikmat.

Menjelang bulan ramadhan tentu ada banyak persiapan yang perlu dilakukan baik pemantapan jiwa dan hati dalam menyambut bulan yang suci. Tentu saja, dibulan penuh berkah ini setiap muslim diwajibkan berpuasa dari terbit hingga terbenamnya matahari. Selain memaknainya sebagai ibadah, puasa identik dengan berbagai resep makanan untuk sahur dan berbuka. Inilah mengapa ramadhan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya.

Menyiapkan makanan pada bulan ramadhan tentunya menjadi momen yang tak terlupakan, terutama saat sahur. Ada banyak resep makanan untuk sahur yang dapat anda jadikan menu pilihan sebelum menjalankan puasa pada hari tersebut. Namun terkadang waktu yang sempit membuat kebanyakan orang tidak sempat untuk menyiapkannya. Alhasil, puasa seharian penuh dilakukan tanpa sahur sebelumnya.

Berikut ini 5 resep makanan praktis yang dapat anda masak saat sahur tanpa menyita banyak waktu. Simak ulasannya berikut ini.

1. Perkedel tahu

Menu sahur dengan perkedel tahu
Menu sahur dengan perkedel tahu (Image: Hipwee)

Tekstur yang lembut pada tahu memudahkan anda untuk melumatnya menjadi menu masakan yang praktis, salah satunya adalah perkedel tahu. Cara membuatnya cukup mudah yaitu haluskan tahu hingga menjadi lembut lalu tambahkan sedikit penyedap rasa. Selanjutnya kocok satu butir telur lalu simpan. Kemudian bentuk adonan tahu menjadi gepeng atau sesuai selera anda. Lalu masukkan tahu yang telah terbentuk ke dalam telur yang sudah dikocok dan goreng hingga kecoklatan.

Baca juga: Resep Tumis Buncis Telur Puyuh, Menu Sahur Praktis nan Sederhana

2. Martabak mie

menu martabak mie
Menu martabak mie (Image: Fimela.com)

Semua sepakat jika mie adalah makanan instan yang disukai oleh siapapun. Namun ketimbang memasak mie dengan resep itu-itu saja, anda dapat memasaknya dengan resep praktis lainnya. Caranya cukup mudah, masak mie lalu tiriskan lalu campur dengan bumbu-bumbu dan campur dengan satu butir telur. Aduk hingga merata lalu goreng dengan api kecil hingga kecoklatan.

Baca juga: Bakmi Jawa Mbah Mo Khas Jogja yang Melegenda, Udah Cobain Belum?

3. Sarden Kaleng

Sarden kaleng dapat dengan mudah anda dapatkan di minimarket terdekat bahkan warung-warung sederhana. Makanan ini dapat menjadi menu super praktis bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sahur. Caranya cukup panaskan sarden yang telah dibumbui dengan api kecil lalu hidangkan.

4. Nasi goreng

Nasi Goreng Go-Tjap di Best Western Premier The Hive. Image: Istimewa
Nasi Goreng Go-Tjap di Best Western Premier The Hive. Image: Istimewa

Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai, gula, garam, penyedap rasa serta nasi sisa semalam untuk membuat menu nasi goreng praktis ini. Anda dapat menambahkan sayuran lainnya sesuai dengan selera. Masak dengan api kecil lalu hidangkan bersama keluarga anda.

Baca juga: Resep Biskuit Wortel

5. Sayur sop

Sahur dengan menu makanan berkuah tentu akan lebih mudah untuk dicerna sehingga energi yang terkumpul akan optimal. Cukup siapkan kol, daun bawang, kentang dan wortel yang telah dipotong sesuai selera lalu masukkan ke rebusan air yang telah diberi bumbu halus berupa bawang putih, lada dan penyedap lainnya. Tambahkan bawang goreng sesuai selera untuk mempercantik hidangan sayur sop anda.

Demikianlah 5 resep masakan sahur praktis yang dapat anda praktikkan di rumah dengan durasi waktu yang amat singkat. Tak perlu makanan mewah sebagai menu masakan sahur melainkan makanan yang akan menambah energi anda selama seharian penuh. Selalu pastikan keluarga anda bangun tepat waktu pada saat sahur sehingga tidak akan ada hal-hal lain yang mengganggu ibadah puasa anda.

Baca juga: Percaya Diri, Bebas Bau Mulut Saat Berpuasa, Ini Tips Jitunya!

Sekarang, tak ada alasan untuk tidak sahur lagi. Pun melakukan sahur juga amalan yang bisa mendapatkan pahala di samping amalannya yang dapat memperkuat puasa kita di hari esok.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang bingung untuk menghidangkan menu praktis serta tidak memakan banyak waktu pada saat sahur. Makanan yang lezat tentu menjadi kenangan tersendiri yang akan selalu dirindukan oleh keluarga. Selamat menjalankan ibadah puasa.

Leave your vote

6 points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here