Cara Membuat Fried Chicken Renyah ala Rumahan, Crispy!

Cara Membuat Fried Chicken Renyah ala Rumahan
Cara Membuat Fried Chicken Renyah ala Rumahan (image: resephariini.com)

Hitput.com – Ada banyak “resep rahasia” bertebaran bagaimana cara membuat ayam fried chicken renyah khas restoran cepat saji ternama, beberapa dari mereka berasumsi dengan merendam ayam dalam susu mentega, ada juga yang membuat air garam untuk ayam goreng lalu mencelupkannya ke dalam adonan, dengan lapisan tipis tepung berbumbu atau roti gulung yang dihaluskan .

Cara terbaik untuk menemukan metode yang pas dalam membuat fried chicken rumahan adalah dengan bereksperimen dengan bumbu dan teknik yang berbeda sampai kamu berhasil mempersiapkannya dengan sempurna. Yuk intip resep rahasia cara membuatnya!

Baca juga: Kisah Sukses Colonel Sanders Memulai Bisnis KFC

Adonan:

Ini merupakan cara untuk mendapatkan breading yang tepat membuat fried chicken.

  1. Atur “pusat adukan” untuk meminimalkan adonan tumpah dan memudahkan pembersihan. Masukkan bahan dan campuran ke dalam mangkuk besar yang dangkal atau loyang.
  2. Kemudian lakukan pengadukan satu arah (kiri ke kanan saja, misalnya), mulai dari tepung yang sudah dibumbui, adonan telur kemudian remah roti / panko / campuran pelapis. Metode kering-basah-kering ini membantu bahan menempel pada potongan ayam.
  3. Memiliki satu “tangan basah” dan satu “tangan kering” ┬ádan gunakan tangan “basah” kamu untuk memindahkan ayam dari campuran basah ke mangkuk pelapis.
  4. Tempatkan ayam yang sudah dilapisi adonan di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti atau lilin, lalu biarkan sebentar, hal ini akan memberi kesempatan pada adonan untuk melekat.
  5. Kamu bisa menyimpannya di dalam lemari es selama 30 menit, jika tidah ingin langsung menggorengnya, (biarkan ayam terlebih dahulu mencapai suhu ruangan antara 20-25 derajat celcius sebelum digoreng, atau suhu minyak akan turun dan kematangan tidak merata serta lapisannya tidak akan renyah.)
Baca juga : Resep Kue Bolu Panggang Lembut Sederhana, Cemilan Santai Bareng Keluarga

Menggoreng Ayam:

Dua kunci utama untuk membuat fried chicken rumahan yang sempurna adalah suhu minyak (tetap panas) dan langkah menggoreng yang tepat.

Untuk mendapatkan ayam yang benar-benar berwarna cokelat keemasan dan renyah, gunakan wajan besi cor, untuk distribusi panas dan penggorengan yang handal.

  • Oven Belanda yang berat juga bagus.
  • Pilih minyak dengan titik didih tinggi.
  • Minyak harus sekitar satu inci dalam wajan, sekitar setengah dari makanan.
  • Suhu minyak ayam goreng harus sekitar 175 derajat Celcius.

Menggunakan penjepit, masukkan potongan ayam dengan hati-hati lebih rendah ke dalam minyak kulit sisi bawah. Mulailah dengan ujung potongan yang dekat dengan kamu, dan letakkan di dalam minyak.

Baca juga: Resep Hari ini: Cara Membuat Minuman Coklat ala Cafe

Goreng dalam batch. Jangan terlalu penuh. Kepadatan wajan akan menurunkan suhu minyak, menyebabkan lebih banyak minyak diserap dan menghasilkan ayam yang basah dan berminyak.

Saat potongan ayam mulai berwarna cokelat keemasan, pindahkan ke rak pendingin kawat (bukan handuk kertas) di atas loyang untuk menangkap tetesan air.

Itulah sekelumit cara membuat fried chicken renyah rumahan yang bisa dipraktekan #dirumah.

Bagi kamu yang ingin mencoba membuat makanan sehat seperti salad telur bisa kamu intip di artikel ini, caranya mudah dan yang pasti sehat. Stay healthy ya, selamat mencoba!

Leave your vote

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here