Cara Mengatasi Rasa Haus Ketika Puasa, Agar Puasa Semakin Lancar

wanita menahan haus ketika puasa
Ilustrasi gambar wanita menahan haus ketika puasa (Photo by Engin Akyurt from Pexels)

Hitput.com – Pada saat puasa, kita tidak boleh makan atau minum dalam jangka waktu yang cukup lama, kurang lebih 14 jam. Cara mengatasi rasa haus ketika puasa ini bisa kamu lakukan agar puasa kamu semakin lancar.

Tubuh pasti akan terasa lemas karena kekurangan cairan, terlebih jika dalam cuaca yang panas, apalagi jika dalam waktu puasa banyak sekali aktivitas yang harus dikerjakan. Rasa haus akan semakin menjadi-jadi. Hal ini wajar dirasakan oleh orang-orang yang berpuasa. Tapi meski begitu, tetap ada cara mengatasi rasa haus tersebut ketika puasa.

Namun di samping cara mengurangi rasa haus tersebut, ada banyak hal yang menjadi penyebab rasa haus saat berpuasa. Seperti dikarenakan oleh cuaca, aktivitas yang banyak, kelembapan udara. Selain itu ada pula faktor dari makanan yang dimakan pada saat sahur.

Untuk itu, perhatikan pola makan kalian pada saat puasa, karena sangat penting menjaga kondisi tubuh kalian dari apa yang masuk ke dalam mulut kalian.

Kalian mungkin kuat dengan rasa lapar,  namun tidak dengan rasa haus bukan? Apalagi pada saat cuaca yang begitu panas.

Agar ibadah puasa kalian lancar sampai waktu adzan tiba, ada beberapa cara agar tidak haus saat puasa.

Simak cara mengatasi rasa haus saat puasa berikut ini: 

Baca juga: Percaya Diri, Bebas Bau Mulut Saat Berpuasa, Ini Tips Jitunya!

1. Kurangi aktifitas di luar ruangan

Cuaca yang terik akan berdampak langsung pada tenggorokan. Yang akan menimbulkan rasa haus. Oleh karena itu hindari kontak langsung dengan cahaya matahari. Apabila kalian yang bekerja di tempat terbuka, alangkah lebih baik kurangi aktifitas yang langsung berada di bawah terik matahari.

Tapi bukan berarti Anda dilarang untuk tidak keluar ruangan. Hanya kurangi saja intensitasnya.

2. Minum air putih yang cukup

Dehidrasi bukan berarti harus minum air putih yang banyak dalam waktu sekaligus.  Karena jika minum dalam jumlah banyak, hal tersebut nantinya dapat menganggu elektrolit tubuh yang tugasnya menyalurkan atau mengirimkan pesan saraf buat tubuh sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik. Jadi minum air dalam jumlah yang banyak sekaligus, tidak kami sarankan.

Baca juga: Jangan Remehkan! Ini Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Gunakanlah pola 242. Dua saat berbuka,  Empat sebelum tidur dan dua saat sahur. Kalian bisa menaruh air putih di meja samping tempat tidur kalian, agar saat terbangun tengah malam bisa minum air putih.

3. Makan buah-buahan atau sayuran

Selain dengan air putih, makan buah atau sayuran juga bisa mengurangi rasa haus pada saat puasa loh. Karena di dalam buah maupun sayuran teedapat kandungan airnya juga.

4. Jangan memakan makanan yang asin

Hindari hal tersebut, sebab saat kita memakan makanan yang terlalu asin, ia akan beresiko mengakibatkan dehidrasi dengan cepat. Selain itu,  memakan makanan yang asin akan membuat perut lebih cepat keroncongan.

Di dalam garam,  terdapat kandungan yang bernama Natrium. Kandungan tersebut dapat mengikat cairan tubuh kalian, intinya, dia tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu,  kurangi konsumsi makan yang asin dan juga gurih.

5. Berendam di air yang dingin

Selain faktor yang sudah di sebutkan di atas yang bisa membuat rasa haus. Ada juga dengan cara seperti ini.  Berendam di air yang sejuk. Atau bisa juga dengan hanya membasuh wajah kalian dengan air sejuk. Hal itu akan membantu kalian mengurangi rasa haus.

Selain mengurangi rasa haus,  berendam di air dingin juga bermanfaat bagi tubuh.  Yaitu,  kulit lebih segar dan lembab.  Serta dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Semoga dengan tips diatas cara mengatasi rasa haus ketika puasa dapat membantu kita agar puasa semakin lancar dan tidak takut batal dengan godaan yang ada. Selamat beribadah puasa kawan!

Leave your vote

3 points
Upvote Downvote

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here