6 Rekomendasi Tempat Buka Puasa di Jakarta Cocok Untuk Ngabuburit

 gambar landscape kota Jakarta
Ilustrasi gambar landscape kota Jakarta (Photo by Tom Fisk from Pexels)

Hitput.com – Setiap daerah pasti memiliki tempat ngabuburit yang menarik sendiri-sendiri, seperti Jakarta kota penuh sejarah yang menjadi ibu kota negara kita. Nah untuk daerah satu ini ada banyak sekali tempat buka puasa di Jakarta yang cocok dan di rekomendasikan selama bulan Ramadhan.

Sudah menjadi tradisi di kalangan orang Indonesia pada waktu menjelang berbuka, mereka berusaha menghabiskan waktu supaya aktivitas menunggu buka puasa tidak terasa lama. Atau bahasa kerennya disebut dengan ngabuburit.

Ngabuburit ini berlaku untuk semua kalangan, dari yang muda, dewasa, hingga tua, ngabuburit sudah menjadi kebiasaan di setiap sore nya bagi orang-orang tersebut. Beragam aktivitas yang dilakukan pun beragam, dari ada yang mencari tempat buka puasa, melakukan aktivitas baik berganjar pahala atau hanya berburu ta’jil.

Baca juga: Ide Ngabuburit Seru dan Bermanfaat Sambil Menunggu Buka Puasa Tiba

Ada yang menghabiskan waktu bersama keluarganya, teman atau sahabatnya bahkan tidak jarang dengan pacarnya. Mereka berbondong-bondong menyerbu tempat-tempat yang menawarkan suasana ‘waktu terasa lebih cepat berlalu’ tersebut.

Berikut beberapa tempat seru di Jakarta yang sering di jadikan tempat menunggu berbuka puasa.

1. Monumen Nasional (Monas)

gambar monas jakarta
Monumen Nasional Jakarta atau biasa disebut Tugu Monas (Photo by Avid Norman from Pexels)

Menghabiskan waktu di taman kota adalah salah satu rekomendasi dari kami. Areanya yang luas sekali, cocok digunakan untuk bersantai atau berdiskusi ataupun hanya ngobrol sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain itu kita bisa berfoto ria di monas. Atau juga bisa naik ke atas tugu monas tersebut. Sehingga bisa melihat pemandangan sekitar dari atas.

Saat menjelang buka puasa, di sekitar monas banyak pedagang ta’jil atau makanan yang menjajakan dagangannya. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika tidak membawa makanan dari rumah.

Baca juga: 6 Fakta dan Keunikan Tentang Kota Jakarta

2. Masjid

Biasanya masjid menyediakan makanan-makanan yang dapat dikonsumsi dengan gratis bagi umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Selain diuntungkan karena bisa berbuka dengan makanan gratis mereka, kalian dapat ngabuburit di masjid dengan ikut memperdalam agama yang diadakan di sana.

3. Kota tua

Setiap akan berbuka puasa,  banyak orang yang berlalu lalang di sini. Ada yang sekedar memburu ta’jil ataupun bersantai disini dengan menunggu waktu berbuka. Di sekitar kota lama banyak juga penjual ta’jil. Di sini juga bisa jadi tempat ngabuburit bersama teman-teman Anda ataupun keluarga. Sama halnya di Monas, di sini juga banyak sekali spot foto. Selain itu, di Kota Tua kamu bisa berjalan-jalan menikmati tempat-tempat yang bersejarah. Sudah pasti seru jika di gunakan untuk menunggu waktu berbuka.

Selain itu, di tempat ini biasanya di gunakan untuk tempat berkumpulnya para komunitas motor.

4. Pantai Ancol

Menunggu waktu buka puasa sambil berjalan-jalan atau bersantai di tepi pantai sambil menanti senja di pantai Ancol akan menjadi favorit nih. Pasalnya, berbuka dengan menikmati deburan dan hembusan angin pantai membawa suasana tersendiri bagi pengunjungnya.

5. Pasar Santa

Pasar yang hits di kalangan anak milenial. Pasar ini sudah modern, bersih, dan unik. Pasar ini terletak di Kebayoran Baru jalan Cipaku I dan Cisanggiri I.

Di pasar ini banyak makanan yang unik di food court nya. Yang akan menjadi incaran para pecinta kuliner.

Baca juga: 3 Tempat Kreatif di Jakarta Ini Bisa Memberikan Dampak Positif Untuk Kawula Muda

6. Pasar Benhil

Siapa sih yang tidak tau pasar yang satu ini?

Pasti sudah pada tahu kan? Pasar surganya ta’jil. Di sepanjang jalan sembari kamu berjalan bisa memilih-milih makanan yang kamu inginkan. Semua makanan pasti tersedia di tempat ini.

Banyak juga minuman yang segar-segar. Selain banyak, juga bervariatif lho! Tidak kalah dengan makanannya. Selain dari makanannya dari segi harganya juga terjangkau.

Pasar Benhil ini buka jam 14.00 sampai setelah magrib. Pastikan kamu membawa uang receh agar lebih cepat bertransaksi.

Nah itu beberapa tempat berbuka puasa di daerah Jakarta. Semoga bisa menjadi referensi buat kalian semua untuk menghabiskan waktu berbuka puasa.

Leave your vote

7 points
Upvote Downvote

Leave a Reply